Minggu, 12 April 2009

Pelaksanaan Pemilu di Provinsi Jambi Tertib

Jambi, Batak Pos

Pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif di Provinsi Jambi, Kamis (9/4) berjalan damai dan tertib. Tidak ada tanda-tanda yang dapat mengganggu Pemilu 2009 di Jambi. Aparat keamanan juga melakukan patroli rutin ke sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dianggap rawan. Sementara penghitungan suara di TPS-TPS berlangsung hingga pukul 22.00 wib.

Namun demikian pelaksanaan Pemilu oleh penyelenggara masih menyisahkan banyak persoalan. Seperti warga yang tidak masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT), kemudian warga yang sudah lama pindah dari Jambi masih masuk daftar DPT dan mendapat surat undangan C4.


Menconteng : Gubernur Jambi H Zulkifli Nurdin (Ketua DPW PAN Provinsi Jambi) beserta istri Ratu Munawaroh saat melakukan pencontrengan suara di TPS 1, Kasang, Jambi Timur, domisili gubernur, Kamis (9/4). PAN menang telak di TPS 1 tersebut dengan perolehan suara 70 persen. Foto batak pos/rosenman manihuruk.

Kemudian jumlah pemilih yang mendatangi bilik suara masih tergolong kurang antusias. Hal itu tampak dari banyaknya surat-suara sisa. Selanjutnya mata pilih masih bingung untuk menentukan pilihannya karena banyak tidak mengenal caleg.

Demikian dikatakan Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin kepada wartawan usai meninjau Pemilu Legislatif di sejumlah TPS, Kamis (9/4). Menurutnya, proses pendataan mata pilih oleh petugas pada DPT masih belum akurat. Masih banyak warga yang tidak masuk DPT. Padahal Pilkada Walikota, Agustus 2008 masih ikut memilih.

“Kita akui banyak warga yang tidak masuk DPT. Pendataan DPT Pemilu 2009 lebih buruk dari pendataan Pemilu 2004 lalu. Ini menjadi pelajaran bagi penyelenggara pemilih. Seyogyinya pendaftaran DPT harus akurat. Mudah-mudahan ini tidak terulang pada Pilpres Juni 2009 mendatang. Sebaiknya dilakukan pendataan ulang,”katanya.

Menang Mutlak

Sementara itu Partai Amanat Nasional (PAN) yang merupakan partai Zulkifli Nurdin menang telak di TPS 1, Kasang, Jambi Timur. Dari 151 suara sah DPR RI, PAN memperoleh 82 suara, Partai Demokrat 18 suara, PDIP 13 suara, Golkar 8 suara, PKS 3 suara dan PKP 3 suara. Sedangkan PPP tidak mendapatkan suara.

Zulkifli Nurdin beserta istrinya Ratu Munawaroh (Caleg DPR RI-No Urut 1 dari PAN) memberikan suaranya pukul 09.05 WIB di TPS 1 Kasang. Zulkifli Nurdin mendapat nomor urut 56 dan Ratu nomor 57. Keduanya sempat mengantri 25 menit sebelum mendapat giliran mencontreng.

TPS Khusus
Sementara itu pelaksanaan Pemilu di TPS khusus di Kota Jambi seperti di Lokalisasi Payo Sigadung, Kelurahan Rawa Sari, Kecamatan Kotabaru berjalan aman. Di lokasi ituterdapat dua TPS khusus yakni TPS 7 dengan 370 MP, TPS 8 dengan 372 MP. Kemudian pinggiran lokalisasi yakni TPS 9.

Sedangkan TPS khusus lainnya yakni di Lembaga Pemasyarakatan Jambi yakni ada tiga TPS masing-masing TPS 33 dengan 245 MP, TPS 34 245 MP dan TPS 35 dengan 209 mata pilih.

Kemudian TPS khusus lainnya yakni di TPS X1 Panti Jompo, Rt 06 Kel Paal V, Kecamatan Kotabaru. Di TPS XI terdapat 338 mata pilih. Untuk perolehan suara DPR RI di TPS khusus tersebut, Partai Demokrat unggul disusul PDIP.

Menurut Ketua KPUD Provinsi Jambi Muhammad Yasir Arafat SE, Jumat (10/4) mengatakan, hasil perolehan suara Pemilu Legislatif Kamis 9 April 2009, KPUD Kota Jambi dan KPUD Provinsi Jambi belum dapat merekapitulasinya karena masih menunggu dari PPK dan KPUD kabupaten/kota. Rekapitulasi perolehan suara baru bias dilakukan dua pecan kedepan. ruk

Tidak ada komentar: