Minggu, 16 November 2008

BMG Buka Cabang di Wilayah Timur Jambi

Jambi, Batak Pos

Badan Metereologi dan Geo Fisika (BMG) Jambi berencana membangun cabang BMG di wilayah Timur Provinsi Jambi tepatnya di Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Rencana tersebut direspon positif oleh Pemkab Tanjabtim. Bahkan fasilitas perkantoran yang bakal digunakan dan tenaga, siap disediakan Pemkab Tanjabtim guna mendukung pendirian kantor cabang BMG tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Informasi dan Telekomunikasi Tanjab Timur, Adil P Aritonang dalam siaran persnya, Kamis (13/11) mengatakan, berdasarkan sosialisasi dan audiensi perwakilan BMG Jambi dengan Pemkab Tanjabtim beberapa waktu lalu, pendirian BMG sangat penting dan membantu kepentingan masyarakat.

“Kondisi geografis daerah ini yang terdiri daerah perairan dan lautan sangat membutuhkan kontrol dan pantauan dari BMG terhadap kondisi cuaca. Kita mencontohkan saja jika kita ingin ke Pulau Berhala. Kalau kita mengetahui kondisi cuaca dan ombak, kita bisa merencanakan keberangkatan,”ujarnya.

Disebutkan, keberadaan BMG tidak hanya bisa membantu pemantauan arus transportasi, juga dapat membantu pemantauan cuaca bagi berbagai sektor baik pertanian, perkebunan hingga pekerjaan sejumlah proyek fisik.

“Ada tiga belas intansi yang sangat membutuhkan keberadaan BMG ini ditambah dengan seluruh kecamatan. Sektor pertanian saja, dengan pantauan dari BMG dapat diketahui jadwal tanam dengan menyesuaikan frekuensi curah hujan apalagi daerah pesisir sungai,”ujarnya.

Menurut Aritonang, pembentukan cabang BMG ini merupakan kewenangan BMG sendiri. Namun pihaknya bila diminta siap menyediakan kantor dan tenaga untuk membantu kegiatan atau operasional selama kegiatan BMG di wilayah Tanjab Timur.

Disebutkan, guna merealisasikan rencana ini dalam waktu dekat BMG Jambi dan Pemkab Tanjabtim akan kembali bertemu guna membahas dan merumuskan pendirian cabang BMG ini.

Sementara itu, Kepala BMG Jambi, RL Tobing mengatakan, rencana pendirian BMG di wilayah Timur Provinsi Jambi itu positif. Menurutnya wilayah tersebut sangat cocok karena dekat dengan laut. Dalam waktu dekat pihaknya dengan Pemkab Tanjabtim lebih mengintensifkan pembicaraan rencana tersebut. ruk

Tidak ada komentar: