Selasa, 14 Januari 2020

Roti Bulan, Roti Khas Batak yang Eksis Hingga Tahun 2020

Roti Bulan dan Teh Manis, Selasa (14/1/2020) Pagi. Foto Asenk Lee Saragih
Jambi-Jika Anda pernah atau mendengar cerita masa lampau saat penjajahan Belanda, Roti yang satu ini merupakan roti istimewa dijamannya. Roti yang sudah ankrab dengan lidah masyarakat Batak di Sumatera Utara, hingga pelosok desa sekalipun. 

Roti yang satu ini adalah menu istimewa di warung-warung kopi pada jaman itu di Sumut. Bahkan hingga Presiden RI Jokowi jalan dua Periode, roti ini masih tetap diproduksi. 

Usaha rumahan yang turun temurun tak tenggelam ditengah "serangan" roti produksi jaman sekarang. Salah satunya yang bertahan produksi adalah merek "Sinar Sembiring" Pabrik Roti Mulia Rayat-Dinkes P-IRT No.2.06.12.11.122.0139.19 di Saribudolok, Kecamatan Silimakuta, Kabupaten Simalungun.

Roti "Bulan" ini adalah produk Halal dan Gigienis. Roti Bulan adalah roti yang merakyat di Provinsi Sumatera Utara, khususnya di Kabupaten Simalungun, Samosir, Karo, Dairi, Tobasa, Kota Pematangsiantar.

Pagi ini Selasa 14 Januari 2020, Penulis masih bisa menikmati Roti Bulan ini dengan rasa yang sama sejak masa anak-anak di kampung halaman Desa Hutaimbaru, Simalungun hingga di Kota Jambi.
Roti Bulan dan Teh Manis, Selasa (14/1/2020) Pagi. Foto Asenk Lee Saragih

Berikut Testimoni Warganet Soal Roti Bulan Ini




  • Asenk Lee Saragih Lang adong iboan Kak

  • Johana Luis Anggo au Hu Saribudolok pasti manorihi Roti Bulan pakon tes manis. .. sodaappp. .
    Martimus baba ibaen. ... hahahahhaha

  • Sehat Purba Enakdo Roti Bulan Lae.. Roti in do safari sarapan tong laho huparsikolahan

  • Sofia Agustina hahaha ..disetiap kode siantar ada menjual roti bulan ni...harga terjangkau mutu terjamin..tdk buat sakit perut..

    • (Asenk Lee Saragih)
      

    Tidak ada komentar: