.

.
.

Jumat, 14 Juli 2017

Temui Walikota Jambi, Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing MTh Bahas Soal Gereja HKBP Aurduri

Pucuk Pimpinan (Ephorus Ompui) Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Pdt Dr Darwin Lumbantobing MTh (kiri) menemui Walikota Jambi H Syarif Fasha (kanan) di Rumah Dinas Walikota Jambi, Jumat (14/7/2017) sore. Foto Asenk Lee Saragih
Jambipos Online, Jambi-Pucuk Pimpinan (Ephorus Ompui) Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Pdt Dr Darwin Lumbantobing MTh bersama istri M br Siahaan dan rombongan menemui Walikota Jambi H Syarif Fasha di Rumah Dinas Walikota Jambi, Jumat (14/7/2017) sore. Dalam pertemuan itu dibahas soal kelangsungan izin pembangunan Gereja HKBP Syaalom Aurduri Kota Jambi. 

Dalam pertemuan itu Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing MTh didampingi Praeses HKBP Distrik XXV Jambi Pdt Tampak Hutagaol MTh, Pendeta Resort HKBP dan Kepala Kesbang Linmaspol Kota Jambi Lipan Pasaribu SH. 

Kepala Kesbang Linmaspol Kota Jambi Lipan Pasaribu SH menyampaikan pengantar maksud dan tujuan Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing MTh dan Istri dan rombongan menemui Walikota Jambi. 

Pertemuan itu dalam rangka silaturahmi kunjungan kerja Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing MTh ke Jambi ke Jambi. Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing MTh dalam pertemuan itu mengatakan, bahwa keberadaan Jemaat HKBP di seluruh dunia menyebar termasuk juga di Kota Jambi. 

Menyinggung soal Gereja HKBP Syaalom Aurduri Kota Jambi, Ephorus HKBP sudah banyak mendapatkan informasi dari Praeses HKBP Distrik XXV Jambi. 

Menurut Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing MTh, persoalan ijin bangunan dan ibadah Jemaat HKBP Aurduri Jambi sudah cukup lama, namun hingga kini masih belum tuntas. Ephorus HKBP juga meminta agar Walikota Jambi H Syarif Fasha dapat membantu mencarikan solusi. 

Solusinya Direlokasi 

Pada kesempatan itu, Walikota Jambi H Syarif Fasha mengatakan, Pemerintah Kota Jambi diperhadapkan pada kebijakan yang sulit, karena disatu sisi Pemerintah Kota Jambi harus tunduk kepada Peraturan Menteri, disisi lain harus menghindari konflik horizontal. 

“Ketika jemaat mencari lokasi rumah ibadah, maka kerap tidak sesuai dengan administrasi kependudukan. Sehingga keberadaan gereja sulit mendapat dukungan dari masyarakat sekitar. Kami paham betul dengan persoalan HKBP Aurduri. Pernah Jemaat kita tampung di Kantor Walikota Jambi untuk melakukan ibadah. Sekarang kita fasilitasi di Kantor Dishup Kota Jambi di Simpang Rimbo. Pendeta HKBP Aurduri (Pdt LS) juga kurang kooperatif dengan Pemerintah Kota Jambi,” ujar H Syarif Fasha. 

Menurut H Syarif Fasha, Pemerintah Kota Jambi akan membantu perizinan di lokasi baru di Pinang Merah, Bagan Pete, Kecamatan Alam Barejo, Kota Jambi. H Syarif Fasha juga mendukung relokasi gereja HKBP Aurduri dipindahkan ke lokasi baru di Pinang Merah. 

“Hubungan jemaat dengan masyarakat sekitar harus tetap terjalin. Sehingga tidak terjadi penolakan tempat ibadah dari warga sekitar. Saya juga mengajak para Pendeta HKBP untuk melakukan silaturahmi dengan masyarakat sekitar lokasi gereja. Saya juga berharap HKBP bisa meniru cara warga Tionghoa saat membangun Klenteng dan Vihara yang mendapat dukungan penuh dari warga sekitar dengan pendekatan sosial berkelanjutan,” ujar Fasha. 

Sebelumnya Kepala Kesbang Linmaspol Kota Jambi Lipan Pasaribu SH menjelaskan, kalau pembelian lahan seluas 2,5 Hektar di Pinang Merah sudah selesai dengan pemilik lahan. Pembangunan Gereja relokasi HKBP Aurduri di Pinang Merah, Walikota Jambi meminta agar warga setempat dilibatkan. 

Pada kesempatan itu, Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing MTh mengundang secara khusus Walikota Jambi H Syarif Fasha menghadiri “Malam Hiburan, Semalan di Tano Batak” di GOR Kotabaru Jambi, Sabtu (15/7/2017) malam. (JP-Asenk Lee)
Pucuk Pimpinan (Ephorus Ompui) Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Pdt Dr Darwin Lumbantobing MTh bersama istri M br Siahaan dan rombongan menemui Walikota Jambi H Syarif Fasha di Rumah Dinas Walikota Jambi, Jumat (14/7/2017) sore. Dalam pertemuan itu dibahas soal kelangsungan izin pembangunan Gereja HKBP Syaalom Aurduri Kota Jambi. Foto Asenk Lee Saragih.
Pucuk Pimpinan (Ephorus Ompui) Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Pdt Dr Darwin Lumbantobing MTh bersama istri M br Siahaan dan rombongan menemui Walikota Jambi H Syarif Fasha di Rumah Dinas Walikota Jambi, Jumat (14/7/2017) sore. Dalam pertemuan itu dibahas soal kelangsungan izin pembangunan Gereja HKBP Syaalom Aurduri Kota Jambi. Foto Asenk Lee Saragih.

Lipan Pasaribu SH Memberikan Kata pengantar. Pucuk Pimpinan (Ephorus Ompui) Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Pdt Dr Darwin Lumbantobing MTh bersama istri M br Siahaan dan rombongan menemui Walikota Jambi H Syarif Fasha di Rumah Dinas Walikota Jambi, Jumat (14/7/2017) sore. Dalam pertemuan itu dibahas soal kelangsungan izin pembangunan Gereja HKBP Syaalom Aurduri Kota Jambi. Foto Asenk Lee Saragih.





Sumber dan Video Pertemuam KLIK: http://www.jambipos-online.com 
Video Satu (Ephorus HKBP) Video Dua (Walikota Jambi) Video Tiga

Tidak ada komentar: