TOKO PANCING DI JAMBI

TOKO PANCING DI JAMBI
TOKO BUANA FISHING & BUANA PANCING DI JAMBI. KLIK BENNER UNTUK INFO SELENGKAPNYA. KONTAK Yudi HP 085266609191

Sunday, 6 March 2016

Mengenal Sosok Erbindo Saragih SH MH, Salah Seorang Putra Terbaik Simalungun

Mengenal Sosok Erbindo Saragih SH MH, Salah Seorang Putra Terbaik Simalungun. Foto Asenk Lee Saragih
BERITASIMALUNGUN.COM, Jambi-Erbindo Saragih SH MH. Salah satu putra terbaik asal Simalungun yang berkecimpung dibidang hukum (Kejaksaan). Pria yang memiliki nama Erbindo Saragih ini, putra kelahiran Kotamadya Pematang Siantar pada tanggal 11 Oktober 1956 silam. 

Dirinya mengawali karir Kejaksaanya di Manokwari-Irian Jaya (sekarang Papua Barat). Erbindo Saragih saat itu menjabat Kepala Sub Seksi Sosial dan Politik (Kasubsi) pada Kejaksaan Negeri Manokwari pada tahun 1986. Erbindo Saragih kini menjabat Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jambi sejak 10 Sptember 2015 hingga sekarang.

Sosok jaksa berpembawaan tenang, berwibawa dan ramah ini, sebelum ke Jambi, menjabat Direktur II Pada Jaksa Agung Muda Intelejen. Kemudian sebelumnya tahun 2012 menjabat Wakil Kajati Papua di Jayapura, Tahun 2014 menjabat sebagai Kajati Bali.

Sebagai mana ritme meniti karir diberbagai bidang lain, baik kenegaraan maupun non kenegaraan, penegakan hukum maupun non penegakan hukum, sudah barang tentu selama menjalani karir kejaksaannya tentu ada pasang surut. Namun bagi Erbindo Saragih, ibaratkan mengalir seperti air saja.

Erbindo Saragih SH MH memiliki istri bernama F Poppy Melati SH MkN, lahir di Jakarta 21 Oktober 1960 dan bekerja sebagai Notaris/PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah).

Pasangan Erbindo Saragih-F Poppy Melati SH MkN dianugerahi tiga putra, masing-masing bernama Alfredo Indrawan Saragih SH (28) bekerja di Kantor Pengacara), Edward A Saragih (bekerja sebagai pegawai di bidang properti) dan Joshua Saragih (sebagai mahasiswa Fakultas Kriminologi Universitas Indonesia Depok).

Erbindo Saragih menjalankan tanggungjawab sebagai abdi hukum negara dan menjalani kariernya ibaratkan mengalir seperti air dan tetap pada jalurnya, yakni kebaikan, kebenaran, kejujuran dan keadilan berlandaskan anjara agamanya.

Saat ini, Erbindo Saragih, yang juga pernah menjabat sebagai Aspidsus (Asisten Pidana Khusus) Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara pada 2009-2010 ini, sejak September 2015 resmi menjabat Kepala Kejaksaan Tinggi Jambi.

Bicara soal tanah kelahirannya, Simalungun, Erbindo Saragih mengungkapkan, agar kepala daerah di Simalungun melakukan pembangunan infrastruktur sebagai akses utama masyarakat. Kemudian penataan pemerintahan yang bebas dari Kolusi, Korupsi dan Nepotisme (KKN). Pemerintahan yang kredibel dan bersih adalah suata upaya dalam mensejahterakan rakyat.

Erbindo Saragih juga berharap kedepannya, Sumber Daya Manusia (SDM) orang-orang Simalungun semakin tangguh agar bisa bersaing di tingkat daerah, nasional dan juga internasional.

Hari Perdana Sebagai Kajati Jambi
    
Mengenal Sosok Erbindo Saragih SH MH, Salah Seorang Putra Terbaik Simalungun. Foto Asenk Lee Saragih
Hari perdana masuk kantor sebagai Kajati Jambi, Erbindo Saragih SH MH kumpulkan jajaran internal dan melakukan silaturahmi tatap muka dengan seluruh pejabat di lingkungan Kejati Jambi, Kamis (10/9/2015). Sementara istri Kajati Jambi F Poppy Melati SH MkN juga melakukan silaturahmi tatap muka dengan para istri pejabat di lingkungan Kejati Jambi di ruangan yang berbeda.

Kajati Jambi Erbindo Saragih SH MH dan istri tiba di Jambi, Rabu (9/9/2015) malam setelah melakukan perjalanan darat dari Bandara Palembang, Rabu (9/9/2015) pukul 12.00 WIB. Bandara Sultan Taha Jambi pada hari itu lumpuh karena diselimuti kabut asap tebal.

Beberapa hari saat tiba di Jambi, Kajati Jambi Erbindo Saragih SH MH dan istri menginap di Abadi Suite Hotel karena Rumah Dinas Kajati Jambi dalam tahap finishing rehap. Kemudian Kajati Jambi Erbindo Saragih SH MH dan istri sementara waktu akan tinggal di rumah dinas kontrakan hingga Rumah Dinas Kajati Jambi yang tengah direhap siap untuk ditempati.

Rumah dinas ditempati lewat Ibadah Syukur Memasuki Rumah Dinas Baru Kajati Jambi Senin 15 Februari 2016.

Sedangkan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kajati Jambi dari pejabat lama Bambang Sugeng Rekmono kepada Erbindo Saragih SH MH dilakukan di Kejagung RI oleh Jaksa Agung HM Prasetyo di Jakarta Selasa (8/9/2015).

Mutasi ini tertuang dalam Keputusan Jaksa Agung Nomor: KEP-117/A/JA/08/2015 Tanggal 12 Agustus 2015. Bambang Sugeng Rekmono diangkat menjadi Inspektur IV Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan Kejaksaan Agung (Kejagung) Republik Indonesia (RI).
Mengenal Sosok Erbindo Saragih SH MH, Salah Seorang Putra Terbaik Simalungun

Acara penyambutan dan malam perkenalan Kajati Jambi Erbindo Saragih dan istri oleh Penjabat Gubernur Jambi DR Ir H Irman dan Jajaran dilakukan di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa 13 Oktober 2015.

Saat malam penyambutan itu, Erbindo Saragih mengatakan, Bambang Sugeng Rekmono tidak bisa hadir untuk acara pisah sambut. Namun karena cuaca kabut, jadi Bambang Sugeng Rekmono tidak bisa hadir.

Jadi acara hanya sebagai perkenalan. Saat itu Erbindo Saragih hanya memperkenalkan diri kepada Ketua DPRD Provinsi Jambi, Sekda Provinsi Jambi, Kapolda Jambi, Danrem Gapu 042 Jambi dan undangan lainnya.
Tokoh Masyarakat Simalungun di Jambi St RK Purba (batik merah) saat menjumpai Kajati Jambi Erbindo Saragih di Abadi Suit Hotel Jambi. 

Pada September Minggu 20 September 2015 lalu, Erbindo Saragih SH MH-F Poppy Melati SH MkN Februari 2016 menyempatkan diri beribadah pada Pesta Olobolob GKPS Resort Jambi. Kemudian juga bersedia menerima audensi Panitia HUT Ke 33 GKPS Jambi di ruang kerjanya Rabu 27 Januari 2016 untuk meminta kesediaan Erbindo Saragih SH sebagai Panasehat Panitia. Semoga Jabatan Amanah dan Berkat Bagi Semua Orang.

Memburu Koruptor Jambi

Memburu buronan koruptor hingga ke ujung pulau Jawa. Begitulah gambaran pencarian dua koruptor Jambi yang hingga belasan tahun bebas berkeliaran tanpa ada pencarian. Namun kini jajaran Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jambi dibawah komando Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jambi Erbindo Saragih SH MH bekerja keras untuk bisa mengungkap berbagai kasus korupsi yang telah merugikan negara sangat besar di daerah ini.(Beritanya Juga Ada Di Sini)

Upaya ini memang bukan hal mudah, mengingat para terduga korupsi sebagian sudah melarikan diri dari Provinsi Jambi. Aksi perburuan terhadap para pelaku kejahatan itu pun menjadi pekerjaan berat bagi dan membutuhkan waktu.

Setelah Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jambi dijabat Erbindo Saragih SH MH sejak 10 September  2015, awal tahun ini, kasus–kasus korupsi yang melibatkan pejabat di Jambi terus diproses. Di antaranya kasus korupsi di lingkungan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raden Mattaher Jambi, Dinas Pendidikan Provinsi Jambi dan beberapa kasus korupsi di daerah kabupaten.

Kini Kejati Jambi juga gencar memburu para buronan kasus korupsi di daerah itu. Perburuan tersebut pun akhirnya membuahkan hasil. Dalam sepekan terakhir, dua buronan kasus korupsi di Jambi berhasil ditangkap.

“Kedua buronan koruptor Jambi yang baru tertangkap tersebut, M Sajuri dan Alven Stony. Keduanya mantan Direktur Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Jambi Indoguna Internasional (JII) Jambi. Mereka sudah belasan tahun menjadi buronan Kejati Jambi. Kedua koruptor tersebut kini sudah mendekam di lembaga pemasyarakat (Lapas) Kelas II A Kota Jambi,” kata Kajati Jambi Erbindo Saragih melalui Kepala Seksi (Kasi) Penyidikan Kejati Jambi, Imran Yusuf.

Menurut Imran Yusuf, mantan Direktur PT JII Jambi, M Sajuri yang sudah hampir 14 tahun buron berhasil ditangkap di Bandung, Sabtu (20/2/2016). Sedangkan mantan Direktur PT JII, Alven Stony ditangkap di Jakarta, Selasa (23/2/2016). Kedua mantan Direktur PT JII tersebut terjerat korupsi dana pembangunan perkebunan kelapa sawit sekitar Rp 2,5 miliar tahun.

Dijelaskan, M Sajuri divonis hukuman penjara satu tahun enam bulan terkait kasus korupsi dana PT JII Jambi tahun 2002. Namun Dia kabur sebelum menjalani hukuman. Kemudian Direktur PT JII pengganti M Sajuri, Alven Stony terlibat korupsi dana pembangunan perkebunan kelapa sawit. Alven meminjam dana pembangunan perkebunan kelapa sawit senilai Rp 2,5 miliar tahun 2006 kepada mitra usaha PT JII. Namun dana tersebut dipergunakan untuk kepentingan lain.

Kasus korupsi yang melibatkan Alven Stony, lanjut Irman telah diputuskan Mahkamah Agung (MA) tahun 18 April 2007 dengan masa hukuman satu tahun enam bulan. Putusan kasasi tersebut telah disampaikan kepada PN Jambi 27 Oktober 2008.

“Semestinya Alven langsung ditahan di Lapas Jambi sejak tahun 2008. Namun karena surat perintah eksekusi kasus korupsi dari Kejaksaan Negeri Jambi terhadap Alven baru diterima Kejati Jambi, 15 Februari 2016, maka Alven baru dijemput dari kediamannya di Jalan Anggrek Cendrawasih, 5-7, Nomor A9 Palmerah, Jakarta Barat, Selasa (23/2),” katanya. 

Penyidikan Kejati Jambi, Imran Yusuf juga menjelaskan, jumlah kasus korupsi di daerah itu yang sedang ditangani Kejati Jambi hingga awal 2016 sebanyak 125 kasus. Sebanyak 75 kasus korupsi tersebut masuk dalam tahap penyidikan dan 50 kasus tahap penyelidikan.

Sedangkan kasus korupsi yang sudah diputus di pengadilan antara lain, kasus korupsi di RSUD Raden Mattaher Kota Jambi yang merugikan negara sekitar Rp 500 juta. Mantan Direktur RSUD Raden Mattaher, Ali Imron telah divonis pengadilan dengan hukuman satu tahun empat bulan. Kemudian saat ini Kejati Jambi juga mengintensifkan penanganan kasus korupsi di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Jambi.

“Jajaran kejaksaan di Jambi terus berupaya meningkatkan penanganan kasus korupsi hingga bisa diajukan ke pengadilan. Naun proses hukum kasus korupsi tidak bisa dilakukan dengan cepat sesuai tuntutan masyarakat. Untuk melakukan proses hukum kasus korupsi tersebut butuh bukti-bukti yang lengkap dan akurat. Hal itu penting agar kasus korupsi yang ditangani pihak kejaksaan bisa divonsi di pengadilan.,” katanya. (Asenk Lee Saragih)
REPRO MAJALAH SAUHUR SIMALUNGUN EDISI 39 Juli-Agustus 2015. Lee


BIO DATA

Nama                    : Erbindo Saragih SH MH
Tempat Tgl Lahir: Pematangsiantar 11 Oktober 1956
Anak Kedua dari 9 Bersaudara ( 6 Lakilaki dan 3 Perempuan)

Nama Orangtua                : (Ayah) Sintaraya Saragih (+) Tahun 2002-Cucu Partuha Kerajaan Pematang Sidamanik. Pegawai BPN Kabupaten Simalungun/Siantar.
Nama Ibu            : Masteja Br Silangit
Kampung Orangtua: Ayah-Sidamanik, Ibu Huta Sungai Buaya, Bangun Purba, Kab Deli Serdang.
Erbindo Saragih SH MH Bersama Istri F Poppy Melati SH MkN

Nama Istri           : F Poppy Melati SH MkN
Temp/Tgl Lahir  : Jakarta, 21 Oktober 1960
Pekerjaan Istri   : Notaris/PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah)

BERSAMA ANAK

Nama Anak:       1. Alfredo Indrawan Saragih SH (28) bekerja di Kantor Pengacara)
2. Edward A Saragih (bekerja sebagai pegawai di bidang properti)
3. Joshua Saragih (sebagai mahasiswa Fakultas Kriminologi Universitas Indonesia Depok).

RIWAYAT PENDIDIKAN

-Sarjana Hukum (S1) FHUI Tahun 1984
-Magister Hukum (S2) IBLAM Tahun 200`

PENDIDIKAN KEDINASAN

-SUSPA LID-Lulus Tahun 1984
-PPJ Lulus Tahun 13/05/1986
-Penyelundupan Lulus Tahun 1992
-SPAMA Lulus Tahun 1997
SPAMEN Lulus Tahun 2012

RIWAYAT JABATAN

-Kajari Kuala Kapuas-Kalimantan Tengah
-Kajari Cilacap-Jawa Tengah
-Aspidsus Kejati Sumut
-Wakil Kajati Papua
-Kajati Bali
-Direktur II Jam Intel Jaksa Agung Muda Intelejen Bidang Masalah Sosial-Budaya-Politik-Pencekalan dan Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat dan Agama (PAKEM).
-Kajati Jambi (10/9/2015)-Sekarang

RIWAYAT TEMPAT TUGAS

-Kasibsi Sosial dan Politik Kejari Manokwari-Irian Jaya Tahun 1986
-Kasubbag Persuratan Kejaksaan Tinggi Lampung Tahun 1990
-Kasubsi Tindak Pidana Ekonomi Pada Seksi Pidsus Kejari Jakarta Pusat Tahun 1993
-Kasi Pidsus Kejari Raba Bima-Nusa Tenggara Barat Tahun 1995
-Kasubbag Pembinaan Kejari Purbalingga-Jawa Tengah Tahun 1996
-Pemeriksa Kejari Bekasi Tahun 1997
-Kasi Intel Kejari Bekasi Tahun 1999
-Kasi Upaya Hukum Eksekutif dan Eksaminasi Pada As Pidum Kejati DKI Jakarta Tahun 2001
-Pengkaji Kejati DKI Jakarta Tahun 2002
- Kajari Kuala Kapuas-Kalimantan Tengah Tahun 2003
-Kajari Cilacap-Jawa Tengah Tahun 2006
-Kasubsi Tindak Pidana Ekonomi Direktur Eksekutif & Eksaminasi Pada Jam Pidsus Kejaksaan Agung Tahun 2007
-Aspidsus Kejati Sumut Tahun 2009
-Koordinator Jam datun Tahun 2011
-Wakil Kajati Papua Tahun 2012
-Kajati Bali Tahun 2013
-Direktur II Jam Intel Jaksa Agung Muda Intelejen Bidang Masalah Sosial-Budaya-Politik-Pencekalan dan Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat dan Agama (PAKEM) Tahun 2014
-Kajati Jambi (10/9/2015)-Sekarang


PRESTASI

-Anggota Tim Penyidik dan Penanggungjawab Perkara Tindak Pidato Korupsi (Tipikor) Penyelewengan Restitusi Pajak Pertambahan Nilai di Kejati DKI Jakarta Tahun 1993.
-Anggota Tim Penyidik Penyalahgunaan Dana BLBI di Pidsus Kejagung.
-Selaku Kajari Kuala Kapuas Memimpin Penyelesaian Tunggakan Perkara Tipikor Penyelewengan Proyek Lahan Gambut 1 Juta Hektar di Kabupaten Kuala Kapuas Tahun 2004.
-Selaku Kejari Kuala Kapuas Mengendalikan Penyelesaian Penuntutan Berkaitan Dengan Kasus SARA di Kuala Kapuas 2001.
-Selaku Kajari Cilacap Mengendalikan Penyelesaian Penuntutan Perkara Korupsi Ketua DPRD Cilacap Tahun 2006.
-Anggota Tim Penyusunan Memori Peninjauan Kembali Putusan MA Dalam Perkara Bank Duta atas nama Joko Candra.
-Selaku Aspidsus Mengkoordinir Penanganan Perkara Korupsi di Kejati Sumut dan Mendapat Penghargaan dari Kejagung Sebagai Juara 4 Pidsus se Indonesia Tahun 2010.
-Selaku Kajati, Memimpin Penyelesaian Penanganan Perkara Tipikor di IHDN Bali Tahun 2013.

(Sumber: www.beritasimalungun.com)


Erbindo Saragih SH MH Bersama Istri F Poppy Melati SH MkN Beribadah di GKPS Jambi (Pesta Olobolob GKPS Resort Jambi) 20 Sept 2015. Foto Asenk Lee Saragih.
   
Ephorus GKPS Jambi Pdt Mantin Rumanja Purba (kemeja putih) bersama Kajati Jambi Erbindo Saragih SH MH Bersama Istri F Poppy Melati SH MkN Beribadah di GKPS Jambi (Pesta Olobolob GKPS Resort Jambi) 20 Sept 2015. Foto Asenk Lee Saragih.
Kajati Jambi Erbindo Saragih SH MH, Penjabat Gubernur Jambi Irman, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangiley .  
Foto Bersama Forkompinda Provinsi Jambi Diacara Perkenalan Kajati Jambi Erbindo Saragih di Rumah Dinas gubernur Jambi,di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa 13 Oktober 2015. 

Kajati Jambi Erbindo Saragih, Kadis PU Prov Jambi Ir PB Panjaitan MM, Penjabat Gubernur Jambi H Irman di Rumah Dinas gubernur Jambi,Selasa 13 Oktober 2015. Fotofoto Asenk Lee Saragih.
  
Audensi Panitia HUT Ke 33 GKPS Jambi dengan Kajati Jambi Erbindo Saragih SH MH di ruang kerjanya Rabu 27 Januari 2016 untuk meminta kesediaan Erbindo Saragih SH MH sebagai Panasehat Panitia.
Audensi Panitia HUT Ke 33 GKPS Jambi dengan Kajati Jambi Erbindo Saragih SH MH di ruang kerjanya Rabu 27 Januari 2016 untuk meminta kesediaan Erbindo Saragih SH MH sebagai Panasehat Panitia.
Ibadah Syukur Memasuki Rumah Dinas Baru Kajati Jambi Erbindo Saragih SH MH - Poppy Erbindo S M Kn Senin 15 Feb 2016 Sore-Malam. Kotbah Pdt Dr Ir Frirdz Sihombing (HKBP), Doa Syafaat Pdt Kurnia CD Br Girsang (GKPS). 

Jemaat Hadir saat ibadah, laki-laki 38 orang dan perempuan 33 orang. Usai Ibadah Dilanjutkan dengan ramah tamah makan malambersama. Sekitar 100 undangan hadir dalam syukuran tersebut. Seperti Kadis PU Prov Jambi Ir PB Panjaitan MM, Denpom Jambi Sihol Tambunan, Wakajati Jambi Cs dan Tokoh Masyarakat Simalungun St RK Purba pakpak dan istri dan Majelis GKPS Jambi dan GKPS Persiapan Tanah Kanaan Jambi. Foto Asenk Lee Saragih.

(Kiri ke kanan) Pdt Kurnia CD Br Girsang STh, Pdt Dr Ir Frirdz Sihombing (HKBP), Kajati Jambi Erbindo Saragih SH MH - Poppy Erbindo S M Kn, Inang P Sitepu, St RK Purba Pakpak.
Duet Kajati Erbindo Saragih dan Kadis PU Ir PB Panjaitan MM Feat Trio Holong Lagu "sai Anju Ma Au" dan "Jangan Sampai 3 Kali". 

Foto Asenk Lee Saragih. 

No comments: