.

.
.

Monday, 6 July 2015

Duet Zumi Zola-Fachrori Umar merupakan "Lawan Tanding" Sengit HBA-Edi Purwanto di Pilgub Jambi 9 Desember 2015


Sah, Fachrori Dampingi Zola
Zumi Zola- Fachrori Umar
HBA-EDI PURWANTO
JAMBI-Pertarungan Pemilihan Gubernur Jambi Periode 2016-2021 yang akan dilaksanakan 9 Desember 2015 bakal seru. Kini hanya ada dua pasangan calon yang bertarung pada Pilgub Jambi tersebut. Pasangan pertama yakni H Hasan Basri Agus (HBA)-Edi Purwanto yang diusung Partai Demokrat, PDIP, PKS dan Golkar Versi Agung Laksono, Gerindra. 

Kemudian pasangan kedua Zumi Zola-Fachrori Umar yang diusung PAN, Hanura, Golkar Versi ARB, PPP, PKB. HBA yang merupakan Patahana memilih pecah kongsi dengan Fachrori Umar yang selama lima tahun (2010-2015) setia mendampinginya sebagai Wakil Gubernur Jambi. 

HBA lebih memilih kandidat baru yakni Ketua DPD PDIP Provinsi Jambi Edi Purwanto yang kini juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi. Sementara Zumi Zola yang kini menjabat Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Timur ini lebih memilih Fachrori Umar sebagai calon wakilnya karena dinilai sebagai salah satu juru kunci suksesi di Pilgub Jambi 9 Desember 2015 mendatang.

Pasalnya HBA saat Pilgub Jambi 2010 lalu memilih Fachrori Umar karena ketokohannya yang mumpuni dan memiliki basis massa di wilayah Barat Provinsi Jambi seperti di Kabupaten Bungo, Tebo, Merangin, Kerinci, Sarolangun. 

Duet Zumi Zola-Fachrori Umar merupakan "lawan tanding" sengit HBA-Edi Purwanto di Pilgub Jambi 9 Desember 2015 mendatang. Partai pengusung kedua pasangan ini pun cukup memiliki basis massa yang militan. Kalau Edi Purwanto memiliki basis massa di Muarojambi dan Batanghari, Zumi Zola memiliki massa militan di Kota Jambi, Tanjabtim, Tanjabar, Kerinci. 

Zumi Zola yang merupakan Putra kandung mantan Gubernur Jambi dua periode Zulkifli Nurdin dinilai memiliki kans pemilih yang kuat, mulai dari pemilih pemula (remaja) dan juga kaum ibu-ibu. (Asenk Lee)  
***********    
 
ZZ Kukuhkan Tim Pemenangan Tingkat Provinsi
Suasana Acara Pengkuhan Tim Zola di Ratu Convention Center, Minggu 5 Juli 2015. IST

Jelang Pilgub Jambi 9 Desember 2015, ZZ Kukuhkan Tim Pemenangan Tingkat Provinsi

Bakal Calon Gubernur Jambi, Zumi Zola Zulkifli, resmi mengukuhkan tim pemenangan dan relawan nya di tingkat Provinji Jambi, Minggu 5 Juli 2015 sore di Gedung Ratu Convention Center Jambi. Dalam sambutannya, Zumi berharap jika tim pemenangan dan relawan bisa tetap  solid hingga hari pemilihan tiba. Selain itu, dirinya mengajak kepada seluruh tim dan relawan agar tetap bertindak positif jelang pilkada 9 Desember 2015 mendatang dan jangan sampai terpropokasi oleh pihak lain.

Menurutnya, kemungkinan ternjadinya gesekan antara tim dan relawan sangat besar. Karena hanya ada dua kandidat yang akan bertarung nantinya. "Saya mengingatkan agar tim dan relawan bertindak positif untuk mendapatkan pemimpin yang berkualitas" ungkap Zola,

Pantauan menunjukkan, masing-masing perwakilan daerah menyebutkan ikrar di hadapan Zumi Zola dan tim lainnya. Sedangkan relawan yang hadir diantaranya adalah Gmpzo, BPP dan elemen masyarakat lainnya.

Dalam pengukuhan tim pemenangan, turut dihadiri juga oleh mantan Gubernur Jambi, Zulkifli Nurdin yang didampingi Ratu Munawaroh, ketua tim pemenangan Madel dan para perwakilan dari parpol koalisi lainnya. 


Ikut Pilgub, Zola Siap Mundur dari Kursi Bupati


Adanya aturan dari KPU yang mengharuskan setiap pejabat yang ingin ikut serta dalam pemilihan kepala daerah atau pilkada serentak pada 9 Desember mendatang, harus mundur dari jabatannya, membuat salah seorang kandidat calon gubernur atau cagub, Zumi Zola, ingin mundur dari jabatannya sebagai bupati di kabupaten Tanjungjabung Timur. Bahkan, saat dikonfirmasi dirinya menyatakan akan mengurus surat pengunduran dirinya pekan depan.

"Saya akan mundur dalam waktu dekat. Hal ini telah dibicarakan dengan DPRD Kabupaten Tanjungjabung Timur" ungkapnya, Minggu (5/7/15) usai memberikan berkas ke kantor DPD Hanura Provinsi Jambi.

Sebelumnya, ia mengakui sempat bingung atas mekanisme pengunduran diri dari kursi nomor satu di kabupaten Tanjab Timur. Namun ia mengakui hal itu tak menjadi hambatan. Zola menjelaskan, dalam minggu depan DPRD kabupaten Tanjungjabung Timur  akan melaksanakan sidang paripurna terkait pengunduran diri nya.

"Minggu depan, kami akan melaksanakan sidang paripurna terkait pengunduran diri saya. Hasil sidang sendiri akan diteruskan ke Kkemendagri melalui Pemerintah Provinsi" jelas Zola.

Sementara itu, menurut aturan dari KPU Provinsi Jambi, pejabat diharuskan mundur dari jabatannya  paling lambat satu hari dari masa pendaftaraan. Masa pendaftaraan sendiri yakni dimulai tanggal 24 hingga 28 Juli 2015 mendatang.

Zumi Zola Calon Tunggal Partai Hanura


Zumi Zola Calon Tunggal Partai Hanura
ZUMI ZOLA SAAT MENDAFTAR DI HANURA
Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Hanura Provinsi Jambi mengklaim hanya mengusung Zumi Zola sebagai calon gubernur (Cagub), pada penjaringan kepala daerah 9 Desember 2015. “Hanya ZZ yang mendaftar ke DPD, namun kita akan minta wakilnya mendaftar juga ke DPD" ungkap Ketua DPD Hanura Jambi, H. Cekman.


Ia menjelaskan hubungan komunikasi antara Zumi Zola dengan kader Hanura tingkat kabupaten/kota se Jambi juga sangat baik. Kendati demikian, kita akan tetap sosialisasikan ZZ ke basis partai, untuk proses konsolidasi pemenangan pada Pilkada 9 Desember 2015.

Bukan hanya itu, hubungan ZZ ke tingkat DPP pun sangat baik. Bahkan diakui cekman jika ZZ telah melakukan komunikasi dan nasihat kepada ketua DPP Hanura. Untuk itu, tidak ada alasan untuk tidak mendukung ZZ dalam Pilkada serentak 9 Desember 2015.

Meskipun demikian, dirinya tetap meminta kepada ZZ untuk mendaftarkan calon wakilnya agar bisa dibuat surat keputusan (SK). “Itu murni mekanisme partai,” pungkasnya. Sementara itu, calon gubernur (Cagub) Zumi zola (ZZ) mengatakan, ia telah membicarakan wakilnya untuk pilkada serentak sesuai dengan hasil survei yang dilakukan timnya.

************


Duet Maut HBA-Edi Purwanto Siap Goyang Panggung Pilgub Jambi

EP Rangkul Kandidat Lain
Edi Purwanto
Setelah melalui proses panjang, akhirnya Duet Hasan Basri Agus-Edi Purwanto (HBA-EP) akhirnya terwujud setelah DPP PDIP mengeluarkan rekomendasi PDIP dalam menghadapi Pilgub Jambi 9 Desember 2015. Beragam tanggapan mewarnai pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang bakal di usung koalisi Demokrat, PKS dan PDIP ini.


Bahkan tak lama setelah keluarnya pemberitaan ditetapkannya EP sebagai pendamping HBA, beragam komentar menghiasi dunia maya seperti Twiter dan Facebook.


Ketua GPH Propinsi Jambi, Karyadi, menyambut baik terwujudnya duet HBA-EP ini. Menurutnya, dipilihnya EP sebagai pendamping HBA merupakan pilihan cerdas, mengingat sosok EP merupakan figur baru yang memiliki hoki dalam kancah politik lokal Jambi. Pasangan ini diibiaratkan sebagai  duet maut  yang diprediksikan bakal memberikan goyangan mautnya pada panggung Pilgub Jambi Desember mendatang, mengingat kapasitas keduanya yang mumpuni di bidangnya masing-masing.

Bayangkan saja, nama EP mulai mencuat ketika menduduki posisi sekretaris PDIP provinsi Jambi. Pileg 2014 juga membawa mantan presiden BEM IAIN STS Jambi ini menduduki jabatan Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, dalam Musda PDIP beberapa waktu lalu, EP juga dipercaya menakhodai partai berlambang banteng moncong putih ini menggantikan Irsal Yunus, dan keberuntunganpun kembali menyelimuti anak transmigrasi ini, DPP PDIP mengutus EP untuk berpasangan dengan HBA yang saat ini masih menjabat sebagai gubernur Jambi dalam Pilgub 2015 ini.

"Ini sebuah pilihan cerdas, sosok EP akan menambah warna baru dalam peta politik Jambi saat ini, HBA telah memilih anak muda yang cerdas ,tegas, bersahaja, pekerja keras dan yang pasti anak muda dari kalangan masyarakat biasa, inilah sebenarnya demokrasi itu, HBA telah membuktikan, bahwa kekuasaan itu didapat dengan cara kerja keras dan kesungguhan, dan bisa diraih oleh siapapun" ungkap Karyadi.

Ditambahkan Karyadi lagi, sosok EP telah menjadi inspirasi bagi generasi muda Jambi, dan benar benar menjadi hitungan politik yang amat besar bagi lawan politik HBA.

"Bayangkan saja, anak muda yang baru seusia EP mampu menghiasi peta politik Jambi, jadi siapa saja pasti akan geleng kepala, dan ini harus dijaga dan diperjuangkan" tegas Karyadi.

EDI PURWANTO Rangkul Kandidat Lain

Ketua DPD PDI Perjuangan Jambi, Edi Purwanto (EP) siap merangkul semua kandidat, yang mengikuti penjaringan di partainya beberapa bulan lalu. "Kita tetap akan merangkul mereka lah, dan berkomunikasi untuk memenangkan pilkada serentak ini" ungkapnya Minggu, (5/07/2015).

Menurutnya, kandidat yang ikut dalam penjaringan lalu, seperti Nino guritno dan Abdullah Sani adalah kader terbaik yang memiliki banyak masa. Lebih lanjut, EP berharap semua kader ini bisa bersatu, untuk memenangkan PDI dalam Pilkada 9 Desember mendatang.


“Saya akan bentuk tim yang kuat dan loyal,” paparnya. Untuk itu, dirinya membutuhkan banyak dukungan dari semua kalangan masyarakat Jambi. Karena tim EP nanti akan berasal dari bawah hingga ke atas. Selanjutnya, akan ada relawan-relawan tangguh yang bekerja cepat dan terintegritas untuk kemenangan PDI. (Sumber: www.jambisatu.com)


No comments: