.

.
.

Monday, 20 October 2014

Transisi SBY ke Jokowi Terbaik yang Pernah Ada


Jakarta - Tampuk pemerintahan sudah berpindah dari SBY ke Jokowi. Prosesi pelantikan dan transisi pemerintahan dari SBY ke Jokowi dinilai sebagai yang terbaik.

"Ini momen yang terbaik dari yang pernah ada. Transisi dari Soekarno ke Soeharto tidak berjalan baik. Soeharto ke Habibie, Megawati ke SBY, Gus Dur ke Megawati, juga demikian," kata pengamat politik UIN Syarif Hidayatullah Gun Gun Heryanto saat berbincang dengan detikcom, Senin (20/10/2014).

Kehadiran Prabowo dan Hatta memberi nilai tambah yang tinggi untuk prosesi pelantikan. Prabowo dan Hatta telah menunjukkan kedewasaan berpolitik yang patut menjadi contoh.

"Kehadiran keduanya tak hanya menarik untuk ditonton. Tapi juga membuat rakyat lebih melek politik, bahwa politik itu isinya tak hanya rivalitas, kompetisi. Ini meningkatkan daya paham demokrasi masyarakat," ulas Gun Gun.

Dampak jangka pendek pelantikan ini, kata Gun Gun, Jokowi bisa memulai pemerintahannya dalam suasana kondusif. Dengan kondisi kondusif ini, Jokowi bisa memulai komunikasi dengan lembaga legislatif dengan lebih nyaman.

"Jokowi harus bisa mengefektifkan birokrasi agar produktif untuk mewujudkan janji kampanye yang bertebaran," ujarnya.(dtk) 

PELUKAN TRANSISI SBY-JOKOWI.DETIK.COM

No comments: