.

.
.

Jumat, 17 Oktober 2014

Pelantikan Pimpinan DPRD Kota Dipastikan 22 Oktober

H. Muhammad Nasir SE

Ketua DPRD Dijabat H. Muhammad Nasir SE

JAMBI-Pelantikan unsur Pimpinan DPRD Kota Jambi Periode 2014-2019 akan dilaksanakan Rabu 22 Oktober mendatang. Jadwal pelantikan Pimpinan DPRD Kota Jambi ini sempat molor dari jadwal sebelumnya Selasa 21 Oktober 2014. Molornya pelantikan tersebut akibat ada halangan teknis yang tak bisa dihindari.

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Jambi, Rosmansyah, Kamis (16/10) kepada wartawan mengatakan, pengunduran jadwal pelantikan dikarenakan ada kegiatan teknis yang tidak mungkin dihindari.

“Pelantikan yang sejatinya Selasa terpaksa diundur menjadi Rabu 22 Oktober. Saya dan unsur pimpinan yang mau dilantik sudah bertemu dengan Walikota Jambi H Syarif Fasya untuk membicarakan jadwal pelantikan tersebut,” katanya.

Sementara undangan yang sudah disebar tertanggal 21 Oktober, kata Rosmansyah akan ada undangan susulan. “Undangan ralat sudah kita sebarkan. Hanya ralat tanggal namun jamnya tetap sama,” ujarnya.


Menurut Rosmansyah, empat parpol telah menyampaikan surat usulan mengenai pimpinan dewan definitif. Nama calon pimpinan dari PDIP, Demokrat, PAN, dan Gerindra.

Disebutkan, Demokrat mengusulkan pimpinan dewan definitif adalah H. Muhammad Nasir SE, PAN mengusulkan Sartono, Gerindra mengusulkan Absor Hasibuan, dan PDIP mengusulkan MA Fauzi.
Pihak DPRD Kota Jambi telah mengirimkan usulan pimpinan definitif tersebut ke Gubernur Jambi untuk diproses.

Sementara Pimpinan DPRD Kota Jambi periode 2014–2019 kini dipimpin oleh ketua sementara, RS Prayogie dari Partai Demokrat, dengan Wakil Ketua Sementara MA Fauzi dari PDI Perjuangan.
Selaku ketua dan wakil ketua sementara, Prayogie dan Fauzi bertugas menyiapkan pembentukan fraksi-fraksi, tata tertib dan alat kelengkapan dewan. Mereka juga bertugas melakukan pemilihan pimpinan dewan yang definitif.

Terpisah, Ketua Forum Jambi Bangkit (FJB), Nasroel Yasir mendukung penuh keputusan Partai Demokrat memberikan kepercayaan kepada H. Muhammad Nasir SE diusung menjadi calon Ketua DPRD Kota Jambi.

Menurut Nasroel Yasir, pihaknya optimis seluruh fraksi di DPRD Kota Jambi dan Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi di bawah kepemimpinan Walikota H Syarif Fasha dan Wakil Walikota H Abdullah Sani akan mendukung Nasir.

“Dengan duduknya Nasir yang pernah menjadi anggota Dewan Pimpinan Daerah (DPD) utusan Provinsi Jambi itu, dia yakin akan terjalin harmonisasi antara lembaga eksekutif dan legislatif di Kota Jambi,” katanya.

Nasroel mengungkapkan, pencalonan Nasir yang merupakan kader terbaik Partai Demokrat Kota Jambi di bawah kepemimpinan H AS Budianto disambut positif banyak pihak. Dia yakin Nasir akan mendukung penuh program Pemkot Jambi menuju “Tiga Tahun Jambi Bangkit” dan Jambi Emas 2015.

Disebutkan, M Nasir yang merupakan putera asli Seberang Kota Jambi (Sekoja) itu punya pengalaman lima tahun duduk sebagai anggota DPD RI.

“Nasir itu kan pernah menjadi anggota DPD RI. Itu sudah level nasional. Dia pasti tahu betul bagaimana tata kerja, tugas dan wewenang anggota dewan. DPRD Kota Jambi harus memiliki ketua yang seperti itu demi kemajuan Kota Jambi,” kata Nasroel.(lee)

Tidak ada komentar: