Selasa, 22 Juli 2014

Pastikan Pelumas Kenderaan di Oli Mart AK Automobil


Azwardi Kamal

 JELANG MUDIK IDUL FITRI 1345 H


JAMBI-Mudik Idul Fitri 1345 H/2014 tinggal menghitung hari. Tentunya tidak sedikit pemudik di Provinsi Jambi menggunakan kenderaan pribadi untuk mudik kampung halaman. Sebelum mudik, alangkah baiknya periksa oli kenderaan sebelum berangkat. Di Kota Jambi ada satu toko spesialis pelumas kenderaan yang namanya  Oli Mart AK Automobil beralamat di Jalan Nusa Indah I Kelurahan Rawasari Kotabaru Jambi, Telepon 0741 667262.

R MANIHURUK, Jambi

Oli Mart AK Automobil menyediakan jasa tune up, ganti oli pakai oli bermutu tinggi, scan Ecu pakai komputer, clean injektor pakai untrasonik, spooring 3D pakai komputer dan over houl mesin. Sebelum mudik, pastikan kenderaan Anda mendapatkan perawatan tersebut. Oli Mart AK Automobil juga menyediakan penjelasan tentang oli pada kenderaan.

Apakah sebenarnya  yang dimaksud pelumas?


Pelumas adalah bagian penting dalam berkendaraan. Pilihan yang tepat merupakan langkah dalam merawat mesin, sekaligus sebagai penentu tingkat kenyamanan dalam berkendara. Pemilihan pelumas/oli yang baik dan tepat berarti juga dapat menghindarkan pemborosan dalam operasional kendaraan sehari- hari. Banyak orang beranggapan bahwa fungsi pelumas hanyalah sebagai pelumas mesin/memperlancar putaran mesin saja, padahal pelumas memiliki fungsi lain diantaranya adalah sebagai pembersih, pendingin, pelindung dari karat danmenjadi lapisan/ film yang menutup celah pada dinding cylinder dan juga dinding mesin bagian dalam.

Apa maksud  kode pelumas dan pelumas yang lebih baik

Kadang kita bingung dengan yang tertempel di  buku petunjuk kendaraan atau tertempel di cap mesin kendaraan seperti : mesin ini menggunakan oli merek ABCD SAE 20W50 atau yang lebih baik.
Awamnya kita tentang teknologi pelumas mengakibatkan banyak anggapan yang keliru di masyarakat. Misalnya jika  pelumas yang menghitam setelah dipakai dalam jangka waktu tertentu merupakan pelumas yang berkualitas rendah. 

Padahal sesungguhnya perubahan warna pada pelumas merupakan indikasi bahwa pelumas telah bekerja dengan baik sebagai pembersih dinding mesin dan pelarut kotoran dan kotoran akan terbawa keluar saat penggantian oli karenanya dinding mesin bagian dalam akan terbebas dari kerak dan residu atau endapan yang terjadi akibat dari oli yang kita pakai bermutu rendah. Apabila perubahan warna pelumas terjadi dalam waktu relatif singkat terkadang pelumas tersebut masih bisa kita pakai selagi viscositas atau kekentalannya belum menurun kemampuan kerja dari oli tersebut.Jadi apabila kendaraan Anda menggunakan pelumas yang lebih baik dan sesuai dengan teknologi kendaraan Anda tidak ada alasan untuk membuat Anda khawatir dalam menggunakan kendaraan Anda sehari-hari.

Bagaimana dengan Viscositas dan unjuk kerja pelumas

Viskositas adalah tingkat kekentalan pelumas, merupakan ukuran kekentalan dan kemampuan pelumas untuk mengalir pada temperature tertentu, misalnya pada kemasan oli kita selalu menjumpai  kata SAE (Aociety of AutomotifEngginers). SAE20W50 berarti pelumas tersebut memiliki SAE 20 untuk kondisi suhu dingin dan SAE 50 untuk kondisi panas. Jadi dengan demikian pelumas akan memberikan perlindungan optimal saat mesin start pada kondisi ekstrim sekalipun.

Untuk memilih pelumas mesin berkualitas kita dapat mengacu kepada :
-API service (American Petrolium Institue)
-JASO (Japan Automotif StAndard Association)
-ACEA (Asosiciation Des Constructeurs Europeaens d Automobilers)
Bagaimana cara memahami unjuk kerja mesin

Mungkin ada diantara kita yang pernah menjumpai tulisan  SAE 10W40 API service SL/CF pada kemasan pelumas kesanyangan, nah berikut ini penjelasannya : Unjuk kerja (performance) pelumas otomotifmenurut API diawali denganhuruf “S”(servis) dan diikuti secara alphabet untuk memenuhi kebutuhan mesin bensin yang berbeda-beda:

SF  =untuk kenderaan dengan teknologi mesin tahun 1980 dan sebelumnya.
SG =  untuk kenderaan dengan teknologi mesin 1989 ke atas
SJ  =Untuk kenderaan dengan teknologi mesin 1997 ke atas
SM =  Diperkenalkan pada November 2004. Untuk memenuhi kebutuhan mesin dengan teknologi tahun    2004 ke atas.Seperti VVTI
SN=   Diperkenalkan pada Okotebr 2010 untuk memenuhi kebutuhan mesin dengan teknologi paling mutakhir/ terbaru.

Sedangkan untukmesin diesel diawali denganhuruf “C”  yang biasa dibaca commercial category atau compression ignition engine kemudian diikuti hurufa lphabetis di belakangnya seperti :
CD =  untuk pelumasan mesin diesel tugas berat dengan turbo maupun supercharge tahun 1955 ke atas.

CE=  untuk pelumasan mesin diesel tugas berat kecepatan rendah maupun tinggi, beban berat dengan super maupun turbo charge tahun 1983 ke atas.
CF = untuk kendaraan dengan teknologi indirek injected diesel engine maupun direk injected diesel engine tahun 1994 ke atas dan dapat mengantikan pelumas berkode CD.

CF4= untuk pelumasan mesin diesel putaran cepat beroperasi on higway tugas berat untuk kenderaan 1990 ke atas CG4=untuk pelumasan mesin diesel putaran cepat dengan kadar belerang  BBM0.5% (of highway atau 0,05% (on highway) untuk kenderaan tahun 1994 ke atas.

CH4= untuk pelumasan mesin diesel putaran cepat yang memenuhi persyaratan gas buang tahun 1998 dengan kadar belerang BBM 0,5 % untuk kendaraan tahun 1998 ke atas.
CI4=Diperkenalkan tahun 2002 untuk mesin diesel putaran cepat dengan EGR (exhaust Gas Recirculating) memenuhi emisi gas buang tahun 2002 dengan kadar belerang BBM 0.05% untuk kendaraan  2002 ke atas misalnya dengan teknologi common rail.

Nah,dengan demikian dapat kita ketahui bahwa setiap pelumas/ oli mesin bensin maupun diesel masing-masing memiliki unjukkerja yang berbeda dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dan efesiensi mesin kendaraan yang berbeda pula.Selamat mencoba dan arif serta bijaksana dalam memilih pelumas/oli.

( Penulis adalah Analis Kimia dan teknisi kendaraan masa kini, pertanyaan seputar otomotif dan pelumas dapat dikirim ke email : Olimartakautomobil@gmail.com setiap pertanyaan yang dimuat akan mendapat  merchandise dari Fastron. (Rubrik ini disediakan bagi Anda yang punya saran, harapan, keluh kesah, masalah oli dan otomotif. Anda dapat bertanya masalah apa saja yang menyangkut dengan otomotif. Silahkan kirim melalui e-mail : olimartakautomobil@gmail.com atau redaksi Harian Jambi Jalan  Ir H Juanda No 44 Simpang III Sipin Mayang Kecamatan Kotabaru via pos. Rubrik ini diasuh oleh Azwardi Kamal). (*/lee)

Tidak ada komentar: