.

.
.

Sabtu, 14 Juni 2014

Fakultas Kedokteran se-Indonesia Hasilkan Pencapain MDGs

Sekretaris Jenderal Ismki Rais Reski Awan Berikan Cendramata Kepada Gubernur Jambi Hba Pada Acara Makan Mala Mahasiswa Fk Se Indonesia, Di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Kamis Malam. Foto R Manihuruk
HARIANJAMBI.COM, JAMBI - Pertemuan mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) se-Indonesia di Jambi diharapkan mampu menghasilkan Deklarasi Jambi tentang upaya strategis pencapaian Millennium Development Goals (MDGs) tujuan-tujuan pembangunan milenium dan upaya strategis post MDGs.
Hal itu diutarakan Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus (HBA) di sela-sela jamuan makan malam Gubernur Jambi dengan Mahasiswa Fakultas Kedokteran se-Indonesia,  di auditorium rumah dinas Gubernur Jambi, Kamis (12/6/14) malam.
Pertemuan mahasiswa mahasiswi FK se-Indonesia ini mengusung tema National Multi Development Project (proyek pembangunan multi sektor tingkat nasional).
HBA mengatakan, agenda post MDGs bidang kesehatan adalah memastikan kehidupan yang sehat, menjamin ketahanan pangan dan asupan gizi yang baik, dan akses universal air bersih dan sanitasi dasar.
Disebutkan, daya saing daerah dapat dibangun dengan baik, bila ditopang perguruan tinggi yang bagus dan kuat, yang mampu melahirkan orang terdidik, mahir, dan berkeahlian.
“Kita berharap supaya mahasiswa mahasiswi kedokteran memiliki semangat berkontribusi yang tinggi, peka terhadap lingkungan sekitar, sehingga aktif dalam melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” ujar HBA.
Gubernur Jambi mengungkapkan, permasalahan utama dalam pencapaian MDGs adalah angka angka kematian ibu melahirkan dan angka kematian bayi lahir.
Sementara Wakil Dekan III Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Jambi‎ dr Armaidi Darmawan MEpid mengatakan, agar tahun depan kegiatan ini bisa dikembangkan menjadi tingkat internasional.
Disebutkan, Universitas Jambi berharap dikembangkan riset yang langsung menyelesaikan akar masalah, terutama yang berkaitan dengan MDGs.
Sekretaris Jenderal ISMKI (Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia) Rais Reski Awan, menyatakan kedokteran harus tetap aktif berpartisipasi dalam mengatasi berbagai persoalan dalam kehidupan masyarakat.
Rais juga mengapresiasi Gubernur Jambi yang pro kemahasiswaan dan kepemudaan‎. Ketua Panitia, Muhammad Alfarizi Sutrisno, menyampaikan‎, 25 Fakultas Kedokteran dari provinsi-provinsi Indonesia yang mengikuti kegiatan ini, terjauh dari Universitas Taladuko, Palu, terdekat dari Universitas Jambi.
Kata Muhammad Alfarizi Sutrisno, tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk membantu pencapaian  MDGs, dengan sumber dana dari sponsorship dan iuran.
Disebutkan, kegiatan terdiri dari seminar, penyuluhan, pemeriksaan, dan bantu sosial, serta advokasi kepada stakeholder terkait. ‎Turut hadir dalam acara tersebu, pejabat terkait dari Pemerintah Provinsi Jambi, serta para undangan lainnya.(*/lee)

Tidak ada komentar: