.

.
.

Selasa, 06 Mei 2014

Politeknik Jambi dan Dinsos Kota Jambi Berikan Pelatihan Bagi Karang Taruna Desain Grafis


Pelatihan Keterampilan Desain Grafis untuk Karang taruna Kelurahan di Politeknik Jambi.

Politeknik Jambi menggelar sebuah kegiatan Pelatihan Keterampilan Desain Grafis yang diperuntukkan kepada kelurahan yang memilki Karang Taruna. Kegiatan ini bekerja sama dengan Dinas Sosial Kota Jambi. Pada kegiatan ini kelurahan yang ikut serta adalah karang taruna yang berasal dari Kelurahan Bagan Pete dan Karang Taruna yang dimiliki oleh Kelurahan Jelutung Kota Jambi.

Politeknik Jambi memberikan fasilitas dan ruang untuk bisa menciptakan peluang usaha yang nantinya bisa dikembangkan oleh peserta pelatihan. Kerja sama yang terjalin oleh Politeknik Jambi dan Dinas Sosial Kota Jambi dari sejak tiga tahun lalu.

“Bentuk kerja sama ini telah kita mulai dari sejak tahun 2010,” kata Pembantu Direktur III Politeknik Jambi yaitu Darmuji Jais.


Disebutkan, kegiatan pelatihan yang dilaksankan oleh Politeknik dan Dinsos Kota Jambi, berjalan selama tiga hari. Tujuannya adalah untuk memberikan sebuah keterampilan kepada para Karang Taruna yang ada di kelurahan, guna menunjang peluang usaha yang nantinya akan diciptakan oleh para Karang Taruna.

Terlepas dari bidang usaha mandiri atau perkelompok dan juga nantinya akan mudah untuk mencari sebuah pekerjaan. Dengan dibekali ilmu dan sebuah sertifikat yang membuktikan telah mengikuti sebuah pelatihan keterampilan yang dilakukan oleh Politeknik Jambi dan Dinsos Kota Jambi. 

Desian Grafis

“Tujuan kegiatan ini adalah memberikan sebuah keterampilan kepada Karang Taruna untuk bisa mandiri dan membuka peluang ataupun lapangan usaha,” kata Darmuji.

Darmuji Jais menjelaskan, bentuk pelatihan keterampilan yang diberikan oleh Politeknik Jambi dan Dinsos Kota Jambi adalah memberikan sebuah keterampilan dalam membuat sebuah desain grafis yang nantinya ilmu yang didapatkan dari kegiatan ini.

Dapat diaplikasikan dan dilakukan oleh para peserta untuk bisa membuka sebuah lapangan kerja. Salah satu contoh, akan mampu membuka sebuah lapangan usaha atau lapangan kerja dalam bidang pembuatan spanduk, mencetak undangan, dan sebagainya.
  
Dengan berkembangnya ilmu teknologi yang semankin canggih tentunya, mampu mendorong generasi muda untuk bisa menciptakan lapangan pekerjaan yang terampil. Ini merupakan salah satu bidang usaha mandiri yang bisa dilakukan oleh peserta kegiatan pelatihan.
 
“Kegiatan ini mampu mendorong niat generasi muda untuk menciptakan lapangan pekerjaan dengan ilmu yang dimiliki oleh setiap peserta,” kata Darmuji.

Politeknik Jambi merupakan salah satu perguruan tinggi yang ada di Jambi, yang juga sangat konsisten dalam mengaplikasikan Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian.

Dengan ini bagi Politeknik hal yang terpenting yang juga harus diperhatikan dalam menjalankan Tri Darma Perguruan Tinggi adalah sebuah pengabdian. Hal ini lah yang juga melatar belakangi dengan terselenggaranya kegiatan pelatihan keterampilan Desain Grafis.

Orientasinya melekat kepada sebuah pengabdian kepada masyarakat dalam mengaktualisasikan ilmu yang dimiliki atau yang didapatkan dalam kegiatan Pelatihan Keterampilan Desain Grafis.

Kata Darmuji Jais, bentuk kerja sama yang terjalin adalan memberikan sebuah kontribusi yang memberikan manfaat bersama, dengan kegiatan ini secara tidak langsung masyarakat akan mengenal  atau mengetahui akan keberadaan Politeknik di Jambi.

Selain itu, Dinsos Kota Jambi mampu menjalankan misisinya untuk menuju sebuah kesejahteraan sosial dengan cara memberikan sebuah bekal ilmu dan sebuah keterampilan yang memiliki nilai jual.

“Ini meupakan sebuah bentuk program kerja sama yang memilki mamfaat bersama, politeknik bisa dikenal dan Dinsos Kota Jambi bisa menjalankan program untuk menciptakan kesejahteraan sosial,” ujar Darmuji.

Buka Lapangan Kerja

Dengan kegiatan ini Darmuji Jais sangat mengaharapkan nantinya,  para peserta agar  mampu menggunakan ilmu dan keterampilan yang diberikan untuk menciptakan sebuah keterampilan yang mandiri.

Program ini juga memberikan sebuah manfaat yang terarah dalam artian keterampilan ataupun pelatihan yang dilaksanakan. Bisa benar-benar terlaksana dan tepat sasaran. Kesimpulanya pelatihan ini diberikan kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

Memiliki kemauan yang kuat namun tidak memiliki modal ataupun sebuah keterampilan yang memadai. Hal ini lah yang harus menjadi bahan perhatian. “Semoga kegiatan ini bermamfaat bagi perserta dan bisa digunakan dengan baik. Selain itu kegiatan ini kita harapkan tepat sasaran yaitu diperoritaskan kepada masyarakat yang memang membutuhkan,” kata Darmuji. (

ANDRI MUSTARI, Jambi/lee)
***



Berikan Pelatihan Keterampilan

Kepala Bidang Kesejahtreraan Sosial Kota Jambi, Mustari Affandi menambahkan, bahwa kegiatan yang dilaknsakan antar kerja sama Politeknik Jambi dan Dinsos Kota Jambi, merupakan sebuah program Dinsos Kota Jambi untuk bisa memberikan sebuah keterampilan yang tujuanya untuk Karang Taruna.

“Kita akan selalu berupaya memberikan sebuah pelatihan kepada masyarakat yang membutuhkan,” kata Mustari Affandi.

Dinsos Kota Jambi Bidang Kesejahteraan Sosial sangat serius menyikapi permasalahan yang terjadi di lingkungan masyarakat. Hal ini salah satu latar belakang sehingga kegiatan pelatihan yang dilaksanakan di Politeknik Jambi dapat terlaksana dengan baik.

Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Dinsos Kota Jambi dalam memberikan sebuah pembinaan, diantaranya memberikan sebuah pelatihan ataupun keterampilan membuat soto bagi janda-janda.

Saat ini telah melakukan sebuah pembinaan dan keterampilan dalam melakukan pembinaan ataupun memberikan sebuah keterampilan Desain Grafis yang dilakukan oleh Karang Taruna. Masih banyak kegiatan yang dilakukan untuk mewujudkan kesejahteraan sosial di Kota Jambi.

“Untuk kesejahteraan masyarakat, tentunya kita akan berusaha untuk bisa menciptakan kehidupan yang sejahtera bagi masyarakat yang membutuhkan,” ujar Mustari.

Mustari Affandi berharap, dengan kegiatan yang dilaksanakan, para peserta dengan keyakinan dan kemampuan didukung dengan kemauan yang kuat, akan mampu menjalankan dan melaksanakan keterampilan yang telah diberikan, guna untuk hidup yang lebih layak dan bisa sejahtera.

“Dengan kegiatan pelatihan ini, sudah banyak yang berhasil. Bahkan ada yang telah membeli sebuah kendaraan roda empat. Berkat keterampilan dan ilmu yang diberikan dari pelatihan yang dilakukan oleh Dinsos Kota Jambi,” kata Mustari.(ams/lee)
***

Profil Singkat Politeknik Jambi

Politeknik Jambi
Politeknik Jambi berdiri dari sejak tahun 2003. Mulai beroperasi atau menjalankan aktivitas belajar mengajar pada tahun 2004. Dengan 10 tahun berdirinya Politeknik Jambi, saat ini telah terhitung 6 angkatan yang sudah menyelesaikan program Diploma III.

Saat ini Politeknik Jambi memilki beberapa jurusan, diantaranya Jurusan Teknik Mesin, Teknil Instalasi Listrik, Instrumen, Komputer Jaringan, Akutans dan Elektronika.  Terhitung jumlah mahasiswa yang ada di Politeknik Jambi saat ini berjumlah 380 orang mahasiswa.

Hal itu disampaikan Pembantu Direktur III Politeknik Jambi, Darmuji Jais. Selain itu, kata Darmuji, saat ini Politeknik Jambi membuka penerimaan mahasiswa baru  dengan menerima melalui tiga gelombang.

Gelombang Pertama pendaftaranya dimulai pada tanggal 1 Mei sampai dengan 6 Juli 2014. Sedangkan untuk gelombang kedua pendaftaran dimulai pada tanggal 7 Juli hingga 10 Agustus. Untuk gelombang ketiga pendaftaranya dimulai pada tanggal 11 Agustus sampai dengan 7 Sepember 2014.
Politeknik Jambi mempunyai Visi yaitu Menjadi Instunsi Pendidikan Tinggi yang menghasilkan, sumber daya manusia ahli trampil, dan karya inovasi teknologi yang sesuai dengan kebutuhan nasional dan diakui secara internasional.

Selain itu Politekik juga mempunyai misi menyelenggarakan pendidikan profesional melaksanakan kegiatan penelitian, transfer ilmu pengetahuan teknologi dan menjalin kerja sama antar lembaga masyarakat kususnya di bidang teknik. (ams/lee)

  

Tidak ada komentar: