.

.
.

Monday, 19 May 2014

Melihat Sang Juara di O2SN dan FLS2N Tingkat Provinsi Jambi




Kadiknas Provinsi Jambi Drs Rahmad Derita Harahap saat memberikan hadiah kepada pemenang

Penutupan sekaligus pengumuman Olimpiade Olah Raga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dilaksanakan Jum'at (16/5) sekitar pukul 9.30 bertempat di lapangan Dinas Pendidikan (Diknas) Provinisi Jambi. Penutupan O2SN dam FLS2N sekaligus pengumuman pemenang lomba yang diakan oleh Diknas Provinsi Jambi. Penutupan O2SN dan FLS2N diikuti semua peserta lomba dari seluru cabang dan semua guru olahraga dan instansi terkait.

Ketua Panitia Pelaksana Perlombaan O2SN dan FLS2N, Sumardi mengatakan, berbagai cabang olahraga telah diperlombakan di O2SN dan FLS2N tingkat sekolah menengah pertama (SMP) dan tingkat sekolah dasar (SD) se-provinsi dilakukan, sehingga sesuai dengan jadwal pada hari Jum'at diadakan penutupan secara resmi.

Disebutkan, penutupan yang diadakan sekaligus pengumuman pemenang perlombaan dari semua cabang yang diperlombakan dalam O2SN dan FLS2N. Dan pemberian hadiah bagi peserta O2SN dan FLS2N yang mendapatkan juara dari masing-masing cabang yang diperlombakan.

“Selain penutupan O2SN dan FLS2N hari ini juga langsung pengumuman dan pembagian hadiah bagi pemenang masing-masing lomba," katanya.

Dilanjutkan, pihak juga berterimakasih
kepada semua instansi yang tergabung dalam pelaksanaan O2SN dan FLS2N atas terselenggaranya perlombaan tersebut. Kemudian atas kerja sama dengan pihak sekolah yang telah berpartisipasi dalam penyelenggaraan O2SN dan FLS2N hingga selesai.

Pemenang dilomba O2SN dan FLS2N ini akan mewakili Provinsi Jambi untuk mengukuti perlombaan tingkat nasional yang akan diakan beberapa bulan kedepan. “Kami juga berterima kasih kepada semua instansi yang telah membatu dalam pelaksanaan ini,” katanya.

Pihaknya juga mengucapkan selamat kepada para pemenang yang berhasil mendapat juara satu dan akan mewakili Provinsi Jambi dalam perlombaan O2SN dan FLS2N di tingkat nasional.

Pihaknya berharap peserta tebaik yang mewakili Provinsi Jambi akan membawa harum nama Provinsi Jambi dicakupan nasional. Dan dia berharap perwakilan dari Perovinsi Jambi dapat membawa kemengan dan dapat membanggakan. 

“Kita berharap kepada para pemenang dan yang akan mewakili Provinsi Jambi akan pulang membewa kemenangan," katanya.

Kontingen Kota Jambi Juara Umum

Dalam perlombaan O2SN dan FLS2N rata-rata dimenangkan oleh Kota Jambi. Kerena Kota Jambi hampir memenangkan semua cabang yang diperlombakan. Kontingen Kota Jambi Juara Umum pada O2SN dan FLS2N.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Drs Rahmad Derita Harahap mengatakan, bagi para pemenang yang akan mewakili Provinsi Jambi ketingkat nasional agar lebih giat lagi dalam mempersiapkan diri secara matang di bawah bimbingan sekolah masing-masing. Sehingga pada tanggal 1 Juni mereka benar-benar siap secara fisik dan mental untuk mendorong mereka agar terus berlatih menjelang hari pertandingan.

“Kita meminta bagi pemenang agar mempersiapkan diri dari segi fisik dan mental untuk perlombaan O2SN dan FLS2N di tingkat nasional," katanya.

Ditambah, bagi pemenang yang mendapatka medali emas pihaknya akan memberikan dana pembinaan bagi siswa dengan harapan dapat mendorong dan memotivasi siswa dan guru yang berhasil memperoleh medali emas. 

Bagi siswa yang berpeprestasi akan diberikan bimbingan dan pembinaan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jambi berupa sarana dan prasarana yang memadai. “Tapi ingat harus dapat medali emas, baru kita akan memberikan sarana dan prasarana,” ujarnya.

Dilanjutkan, pemenang yang akan dikirim mewekili Provinsi Jambi dalam perlombaan O2SN dan FLS2N berasal dari semua cabang yang diperlombakan seperti cabang dan seni. Dia berharap agar prestasi yang didapatkan akan lebih baik lagi dan pada saat ini merupakan persipan yang lebih matang lagi menjelang 2015 nanti. 

Pihaknya memprioritaskan semua cabang untuk menang di tingkat nasional nanti dan semua yang dilombakan harus menjadi proritas. “Jadi bagaimana para guru pendamping untuk terus membimbing siswanya karena kuncinya berada pada guru,” katanya.

Guru pembimbing berkewajiban mempersiapkan siswanya secara fisik dan mental. Dari pihak Dinas Pendidikan Provinsi Jambi dan dinas-dinas pendidikan kabupaten kota harus menyiapkan semua yang diperlukan oleh peserta didik. 

Karena di dalam pendidikan ada empat yang harus diolah yaitu, olah hati, olah fikir, olah rasa dan olah raga. Jika semua pemangku mata pelajaran dalam hal ini guru melaksanakan ke-empat hal itu maka kualitas sumberdaya manusia Jambi akan luar biasa.

“Sarana dan prasarana emang penting tetapi yang paling penting adalah bagaimana guru memepersiapkan situasi pembelajaran yamg memungkinkan peserta didik bisa belajar dengan baik," katanya.

Atlet SMPN 7 Kota Jambi Mendominasi

Sementara itu Kepala Sekolah SMP N 7 Kota Jambi, Budianto mengatakan, dari 24 cabang yang diikutinya semua mendapatkan juara kecuali satu cabang yaitu cabang menyanyi Solo.

Hal tersebut didapakannya dari partisifasi semua pihak. Dari orang tua siswa masyarakat, guru-guru dan pemerintah dinas pendidikan. Pihaknya telah menata berbagai macam program di semua cabang sejak jauh-jauh hari.

“Jadi kemenangan yang kita peroleh merupakan partisipasi dari semua orang tua guru pembina dan pemerintah," katanya.

Untuk kegiatan O2SN dan FLS2N pihaknya berhasil melewati tahapan tahapan tersebut. Dimana seleksi di tingkat kota yang sangat ketat kerena sekolah-sekolah di Kota Jambi sangat luarbiasa bagus.

Namun pihaknya dapat lolos sehingga pihaknya dapat mengirim sebanyak 24 siswa untuk memperkuat Kota Jambi dalam perlombaan O2SN dan FLS2N di tingkat provinsi. “Dari 24 cabang yang di yang dikuti anak-anak kita hanya satu cabang yang kalah yaitu cabang lagu solo. Kerana kita hanya mendapat juara kedua untuk cabang itu. Sementara yang 23 itu semuanya mendapatkan juara satu,” katanya.

Dari tim SMP N 7 Kota Jambi dari 24 peserta yang diutus hanya satu orang yang belum beruntung. Kerena hanya memperoleh juara dua,  dan sebanyak 23 orang berhasil mendapatkan peringkat satu dan akan mewakili Provinsi Jambi dalam perlombaan O2SN dan FLS2N tingkat nasional.

“Boleh dikatakan semua perlombaan yang diikuti oleh SMP N 7 Kota Jambi semuanya menjadi pemenang," katanya.

Peningakat dari tahun ketahun yang diperoleh oles SMP N 7 Kota Jambi pada tahun ini sangat luarbisa peningkatannya. Karena disemua cabang siswa-siswanya dapat memenangkannya. 

Adapun cabang unggulan untuk SMP N 7 Kota Jambi yang belum pernah lepas dari SMP N 7 Kota Jambi adalah cabang tari, vokal group di FLS2N. Sementara untuk O2SN pihaknya selalu menang di cabang olah raga seperti bulu tangkis, dan renang.

“Yang belum pernah lepas dari kita di FLS2N di cabang seni dan tari adalah cabang tari dan cabang olah vokal. Sementara di O2SN di bidang olah raga seperti, renang dan bulu tangkis, itu merupakan cabang-cabang unggulan kita," katanya.(KAHARUDDIN, Jambi/lee)


Kadiknas Provinsi Jambi Drs Rahmad Derita Harahap saat memberikan hadiah kepada pemenang

Drs Rahmad Derita Harahap




No comments: