.

.
.

Rabu, 02 April 2014

Malaysia Dapat Petunjuk Terkait MH370

Keluarga penumpang MAS MH370.Foto AFP
KUALA LUMPUR - Penyelidikan kepolisian Malaysia terhadap latar belakang seluruh penumpang dan kru pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH370 masih terus berlangsung. Sejauh ini sekitar 170 statemen telah diambil dari para anggota keluarga penumpang dan kru kabin. 

Inspektur Jenderal Kepolisian Malaysia Tan Sri Khalid Abu Bakar mengatakan seperti dilansir kantor berita Reuters, Rabu (2/4/2014), dari hasil penyelidikan sejauh ini, para penyidik telah mendapatkan sejumlah petunjuk mengenai apa yang telah terjadi.


Namun ditegaskan Khalid, petunjuk tersebut tak akan diungkap sekarang ke publik karena penyelidikan masih berlangsung.

"Saya minta maaf, ada hal-hal yang tak bisa saya sampaikan pada Anda. Bukan karena saya tak ingin menyampaikan pada Anda namun kami tak bisa melakukannya. Karena ini penyelidikan kriminal yang masih berlangsung, kami belum menyimpulkan secara keseluruhan dan kami masih menanti laporan dari para pakar di luar negeri dan dalam negeri," tuturnya kepada para wartawan di Kuala Lumpur.

"Anda harus paham bahwa ada hal-hal yang tak bisa kami sampaikan karena ini penyelidikan kriminal namun kami sedang menyelidiki berdasarkan empat bidang fokus (masalah pribadi dan psikologi, sabotase dan pembajakan)," tandas Khalid.

Ditambahkan Khalid, kepolisian masih harus mencatat keterangan dari pihak-pihak lainnya seiring berlangsungnya penyelidikan.

Pesawat MH370 yang mengangkut 239 orang tersebut menghilang dari radar pada 8 Maret lalu. Pesawat Boeing 777-200ER tersebut mengangkut 12 kru dan 227 penumpang, yang sebagian besar merupakan warga negara China.

Para keluarga penumpang asal China telah berulang kali mengkritik penanganan pemerintah Malaysia atas tragedi MH370. Mereka menuding pemerintah dan pihak MAS tidak kompeten, pembohong dan pembunuh.(*)(Sumber : detik.com)

Tidak ada komentar: