.

.
.

Tuesday, 6 August 2013

H-4 Diperkirakan Puncak Arus Mudik dari Jambi

Ir Benhard Panjaitan MM, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi.Foto Asenk Lee Saragih.
Jambi , Bute Ekspres

Puncak arus mudik dari Jambi tahun ini diperkirakan terjadi pada H-4 Idul Fitri 1434 H, (6 Agustus 2013). Jumat (2/8) tampak belum terjadi lonjakan penumpang yang berarti, baik untuk angkutan darat, udara, maupun laut atau sungai.

“Puncak arus mudik diperkirakan pada H-4 lebaran. Sekarang ini belum begitu tinggi lonjakan kenaikan penumpang. Diperkirakan arus mudik mulai tinggi sejak hari Sabtu, Minggu, hingga Senin,” kata Ir Benhard Panjaitan MM, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi usai pencanangan Angkutan Lebaran di Terminal Alam Barajo, Kamis (1/8).

Menurut Benhard Panjaitan, persiapan angkutan lebaran segala sesuatunya sudah disiapkan. Posko Angkutan Lebaran Terpadu mulai Kamis juga dioperasikan selama 24 jam, hingga H+7 lebaran.

Disebutkan, sementara tim gabungan dari Direktorat Reserse Narkoba Polda Jambi, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jambi, Dinas Perhubungan, Jasa Raharja, dan Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Kamis (1/8) telah melakukan tes urine terhadap sopir angkutan lebaran di Terminal Alam Barajo, Simpang Rimbo Kota Jambi.

Menurut Benhard Panjaitan, tes urine berlangsung sejak pukul 10.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. Ada 23 orang sopir angkutan lebaran yang dites urinnya. Hasil tes urine tersebut, satu orang sopir yang diketahui bernana Aidil (24), warga Sukarame, Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, urinnya positif mengandung methamphetamine dan amphetamine.

Sementara itu dari hasil pemeriksaan, Aidil mengaku mengkonsumsi sabu-sabu lima hari yang lalu di Palembang. Pengakuan Aidil, barang bukti sabu yang dikonsumsinya diperoleh dari seseorang yang tidak dikenalnya.

Tindak lanjutnya, sopir tersebut (Aidil, red) diganti dengan sopir cadangan, karena penumpang sudah di dalam mobil.

Sementara “Bengkel Siaga Lebaran 2013” yang tersebar di seluruh wilayah Provinsi Jambi, sejak  Kamis (1/8), mulai mulai dioperasikan hingga H+7 lebaran. Keberadaan Bengkel Siaga Lebaran tersebut bisa dimanfaatkan pemudik yang kendaraannya mengalami kerusakan.

“Sejak Kamis seluruh bengkel siaga sudah mulai beroperasi. Bengkel Siaga Lebaran diantaranya berlokasi di bengkel Damri Simpang Rimbo, Kota Jambi, bengkel Sutan Kasim, Muara Bungo, bengkel Toyota, Isuzu, Mitshubuhi,  dan dealer lainnya di Kota Jambi. Untuk bengkel Damri dan Sutan Kasim, itu di tempat masing-masing. Pihak dealer lainnya juga siap juka mendapat laporan jika ada kerusakan,”kata Benhard Panjaitan.

Disebutkan, Bengkel Siaga Lebaran tersebut beroperasi selama 24 jam. Bahkan pihak bengkel siap mendatangi pemudik yang kendaraannya rusak di jalan. Sementara pengamatan Bute Ekspres di Terminal Alam Barajo, Jumat (2/8/13) di sejumlah loket bus, belum dipadati pemudik.

Sedangkan jumlah pemudik melalui Bandara Sultan Thaha Jambi sejak Kamis (1/8) mulai mengalami kenaikan. Tercatat jumlah pemudik yang melalui Bandara Sultan Thaha Jambi ada sebanyak 1.900 orang.

Kepala Bandara Sultan Thaha Jambi, Dorma Manalu, mengatakan, dua hari ini (kamis-Jumat) sudah terjadi peningkatan, hingga 1.900 orang. Dibanding tahun lalu, Dorma mengatakan jumlah pemudik yang melalui Bandara Sultan Thaha Jambi pada tahun ini diperkirakan jauh lebih banyak. srg

No comments: