Senin, 03 Juni 2013

Wagub Jambi Promosikan Obyek Wisata Jambi di Padang

FT.IST

Jambi, Bute Ekspres

Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, H.Fachrori Umar promosikan obyek wisata Provinsi Jambi di Padang Sumatera Barat. Dirinya juga mengemukakan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi terus berupaya mengembangkan wisata Provinsi Jambi bekerjasama dengan seluruh pihak terkait. Promosi itu guna meningkatkan perekonomian dan kemajuan Provinsi Jambi kedepan.

Hal itu dikatakan  H.Fachrori Umar kepada wartawan usai Seremoni Pembukaan Tour de Singkarak 2013, bertempat di Halaman Menara Jam Gadang, Kota Bukit Tinggi, Provinsi Sumatera Barat, Sabtu (1/6) malam.

H.Fachrori Umar mengatakan, pariwisata sangat berperan dalam perekonomian, untuk itu potensi wisata Provinsi Jambi terus-menerus diupayakan pengembangannya. “Kita juga punya potensi wisata yang cukup bagus di Provinsi Jambi, seperti di Kerinci dan wisata air, arung jeram di kawasan geopark di Merangin. Tapi, kita harus benahi dulu infrastrukturnya. Dan, kita memang prioritaskan untuk pembangunan infrastruktur,”ujarnya.

Disebutkan, berharap agar dunia usaha (swasta) dan masyarakat mengambil bagian dalam upaya pengembangan wisata Jambi tersebut. “Dalam menjalankan pembangunan, tidak hanya oleh pemerintah saja, peran dunia usaha melalui investasi dan peran masyarakat juga sangat dibutuhkan,”katanya.

Wagub Jambi H.Fachrori Umar juga mengucapkan selamat kepada Gubernur Sumatera Barat dan seluruh jajarannya serta seluruh pihak terkait atas penyelenggaraan Tour de Singkarak ke-5 ini. “Selamat kepada Gubernur Sumatera Barat,”ucapnya.

Tour de Singkarak ini merupakan even balap sepeda berskala internasional. Tour de Singkarak ke-5 Tahun 2013 diselenggarakan pada tanggal 2 sampai 9 Juni 2013. Namun, seremoni pembukaan dilakukan pada 1 Juni 2013 (malam), yang dibuka oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Seremoni Pembukaan Tour de Singkarak 2013 ini ditandai dengan pemukulan Gendang Tasa. Dan, Wagub Jambi, H.Fachrori Umar, juga ikut serta dalam pemukulan Gendang Tasa tersebut, sebagai tamu kehormatan, mendampingi Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dan pejabat lainnya.


Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar, dalam sambutannya menyatakan terimakasih kepada seluruh sponsor, sembari menuturkan bahwa tahun ini sudah semakin banyak sponsor Tour de Singkarak, diantaranya Garuda Indonesia, BNI 46, Daihatsu, dan lain-lain.

Sapta Nirwandar mengatakan, peserta Tour de Singkarak Tahun 2013 ini terdiri dari 21 tim dari 27 negara, 15 tim luar negeri, 6 tim Indonesia.

Kata Sapta Nirwandar, Wakil Presiden Republik Indonesia, H.Boediono direncanakan akan menutup Tour de Singkarak Tahun 2013.

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, dalam sambutannya mengharapkan agar even ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat, mempromosikan budaya dan wisata, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Chief Executive Officer (CEO) Armouri, organizer berbagai even intrernasional, diantaranya Tour de France, Mr. Jong pada intinya menyatakan bahwa tour ini menjadi momen penting untuk mempromosikan negeri ini.

Ketua PB Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI), J.P. Simorangkir, mengajak semua pihak terkait untuk menyukseskan tour ini. J.P. Simorangkir mengharapkan agar Tour de Singkarak ini menjadi kebanggan nasional.

Walikota Bukit Tinggi, H.Ismet Amzis, menyampaikan, Tour de Singkarak ini merupakan yang kelima. Kata Ismet Amzis, rute Tour de Singkarak Tahun 2013 ini melintasi alam yang indah, yakni Ngarai Sianok, kaki Gunung Singgalang dan Gunung Merapi.

Ismet Amzis berharap, para pembalap yang mengikuti Tour de Singkarak ini bisa menorehkan prestasi. Kata Ismet Amzis, Rp1,2 miliar dialokasikan dari APBD Kota Bukit Tinggi untuk mendukung terselenggaranya Tour de Singkarak Tahun 2013.

Walikota Bukit Tinggi ini menyampaikan terimakasih kepada masyarakat Kota Bukit Tinggi yang turut mendukung Tour de Singkarak, salah satunya dengan membuat spanduk dan baliho.

Ismet Amzis mengemukakan, sasaran Tour de Singkarak adalah menjadikan Bukit Tinggi sebagai destinasi wisata Sumatera Barat dan Indonesia, yang tentunya akan membawa pengaruh positif bagi kemajuan dan perekonomian Bukit Tinggi.

Disebutkan, saat ini Pemerintah Kota Bukit Tinggi sedang mengadakan Revitalisasi Kawasan Sianok. Tour de Singkarak ini juga disertai dengan pameran UKM, sebagai manfaat dari diselenggarakannya even ini, ujar Ismet Amzis.

Tari Pasambahan, Bukit Tinggi Big Band, Perkusi Sandiko, Purwacaraka Big Band, Nola AB Three, dan pesta kembang api turut memeriahkan Seremoni Pembukaan Tour de Singkarak 2013.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Gubernur Sumatera Barat, H.Muslim Kasim; Azwar Anas (tokoh masyarakat dari Sumatera Barat); Bupati Banyuwangi; Bupati Siak; serta para undangan lainnya. (srg)

Tidak ada komentar: