.

.
.

Sunday, 30 June 2013

Pasangan Sy Fasha–Abdullah Sani Menang di Pilwako Jambi



Hasil Akhir Real Quick Count Pemkot Jambi

Jambi, BERITAKU

Berdasarkan real quick count (Perhitungan Cepat) Pemilihan Pasangan Walikota (Pilwako) Jambi yang dilakukan KPDE Pemerintah Kota Jambi, Sabtu (29/6/13) akhirnya pasangan nomor urut 3 Sy Fasha–Abdullah Sani yang diusung koalisi PDI Perjuangan, Partai Golkar, Gerindra, PPP dan empat partai gurem memperoleh menang di Pilwako Jambi dengan perolehan 87.955 suara atau 35,24 persen.
Sementara pasangan nomor urut 2 urut Sum Indra (Wakil Wali Kota Jambi saat ini)–Maulana yang diusung koalisi Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB) memperolehan 85.277 suara atau 34,15 persen, pasangan nomor urut 4 yakni Effendi Hatta (Ketua DPRD Provinsi Jambi)–Asnawi AB yang diusung Partai Demokrat dan Hanura menang dengan perolehan 47.613 suara atau 19,07 persen.
Sedangkan pasangan nomor urut satu calon patahana (incumbent), Bambang Priyanto–Yeri Muthalib yang diusung koalisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berada diurutan paling bawah dengan perolehan 28.833 suara atau 11,55 persen.
Demikian hasil akhir real quick count (Perhitungan Cepat) Pemilihan Pasangan Walikota (Pilwako) Jambi yang dilakukan KPDE Pemerintah Kota Jambi, Sabtu (29/6/13) hingga diadakan di Ruang Pola Kantor Walikota Jambi.
Jumlah suara sah yang masuk mencapai 249.848 atau 48 persen. Sementara jumlah DPT 415.068 jiwa di Kota Jambi pada pemungutan suara Pilwako Jambi di Kota Jambi, Sabtu (29/6). Jumlah golput (tak menggunakan hak suaranya mencapai 52 persen. Pemungutan suara tersebut dilaksanakan di 1.339 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 1.529 rukun tetangga (RT) di delapan kecamatan.

Sementara pasangan Syarif Fasha - Abdullah Sani (FAS) mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada semua pihak atas perolehan suara Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Jambi 2013. Hal ini diungkapkan Fasha saat menggelar konfrensi pers dengan sejumlah wartawan, Sabtu (29/6) malam.

“Bersumber dari berbagai hasil penghitungan cepat dan KPDE Kantor Pemkot Jambi, yang sementara ini kami dinyatakan sebagai yang mendapatkan amanah dari masyarakat Kota Jambi, kalaulah memang demikian ini, kemenangan ini bukanlah kemenangan kami berdua, tapi adalah kemenangan masyarakta Kota Jambi,”kata Fasha yang langsung disambut dengan riuh tepuk tangan tim kemenangannya.

“Bagi kami, ini bukanlah sebuah kemenangan, karena dalam proses Pilwako tidak ada yang menang maupun kalah, semua adalah putra terbaik Kota Jambi. Alhamdulillah masyarakat percaya dengan kami, kami akan menjaga amanah dan kepercayaan ini sampai saat proses selanjutnya,”kata kata Fasha.

Gubernur Jambi Minta Kandidat Terima Hasil Pilwako Jambi Dengan Lapang Dada

Sementara itu Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus (HBA) meminta pelaksana petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS)  dan para saksi pasangan calon untuk berlaku jujur dalam menjalankan tugas dalam pemilihan pasangan Walikota Jambi Periode 2013-2018, Sabtu (29/6/13). HBA meminta agar KPPS menjalankan tugas sesuai dengan aturan yang berlaku.

Gubernur Jambi juga meminta para kandidat untuk menerima sementara hasil dari perhitungan cepat hasil Pilwako Jambi. Gubernur Jambi meminta agar para tim sukses masing-masing kandidat bersabar untuk menunggu hasil perhitungan resmi dari KPU Kota Jambi.

Apapun hasil dari Pilwako Jambi harus diterima dengan baik dan lapang dada. Karena itulah hasil dari pilihan masyarakat Kota Jambi. HBA juga berharap Pilwako Jambi berjalan tanpa adanya gugatan dari kandidat sehingga proses hasil Pilwako Jambi dapat segera dirasakan masyarakat Kota Jambi pada khususnya.

Hal itu dikatakan HBA saat bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Forum Komunikasi Pimpinan Daerah atau Muspida Provinsi Jambi saat meninjau Tempat Pemungutan Suara (TPS) 07 Kelurahan Paal V, Kecamatan Kotabaru, Sabtu (29/6/13). TPS 07 berada di Yayasan Panti Jompo Kotabaru dengan jumlah pemilih 347 surat suata.

Saat meninjau 8 TPS se Kota Jambi, HBA didampingi Kapolda Jambi Brigjen (Pol) Satriya Hari Prasetya, Danrem Garuda Putih 042 Jambi Kolonel Inf Eko Budi S, Wakil Kejati Jambi Jhon W Purba SH MH, Ketua KPU Kota Jambi, Panwaslu Provinsi Jambi , Sekda Kota Jambi Daru Pratomo dan Dandim 0415/Batanghari yang baru yaitu Letkol Arh Heru Darmawan. (Asenk Lee Saragih)

No comments: