Selasa, 26 Februari 2013

Komunitaas Masyarakat Peduli Candi Muarojambi Bantu Korban Banjir Desa Muarojambi

Tenda Pengungsian Warga Desa Muarojambi yang terkena banjir. Foto Rosenman Saragih Manihuruk

Semangat : Drs. Marzuki Usman, MA memberikan dorongan kepada korban banjir yang mengungsi di tenda di Desa Muarojambi, Kabupaten Muarojambi, Jumat (22/2/13). Foto rosenman manihuruk

Bantuan : Drs. Marzuki Usman, MA memberikan bantuan berupa beras 10 karung (10Kg) dan mie instan 10 dus diserahkan langsung kepada Kepala Desa Muarojambi Ramli M di tenda pengungsian korban banjir di Desa Muarojambi, Kabupaten Muarojambi, Jumat (22/2/13). Pemberian bantuan itu juga disaksikan Kasdim Batanghari May Inf Imam Safei dan Asisten II Setda Provinsi Jambi Bidang Ekbang dan Kesos Ir.H.Haviz Husaini. Foto rosenman manihuruk

Rumah Warga Desa Muarojambi yang terendam banjir. Foto Rosenman manihuruk


Jambi, Simantab

Komunitas Masyarakat Peduli Candi Muarojambi (The Society of Muarojambi Temple/The SOMT) memberikan bantuan makanan berupa beras dan mie instan kepada 2500 jiwa korban banjir di Desa Muarojambi, Kabupaten Muarojambi, Jumat (22/2/13).

Bantuan berupa beras 10 karung (10Kg) dan mie instan 10 dus diserahkan langsung oleh salah satu pendiri the SOMT Drs. Marzuki Usman, MA didampingi Kasdim Batanghari May Inf Imam Safei dan Asisten II Setda Provinsi Jambi Bidang Ekbang dan Kesos Ir.H.Haviz Husaini, kepada Kepala Desa Muarojambi Ramli M di tenda pengungsian korban banjir di Desa Muarojambi, Kabupaten Muarojambi, Jumat (22/2/13).

Menurut Kepala Desa Muarojambi, Kabupaten Muarojambi, Ramli M saat berbincang bincang dengan  Marzuki Usman (mantan menteri era Gusdur), ada sebanyak 2500 jiwa di 9 RT Desa Muarojambi yang rumahnya terendam banjir.

“Hampir 90 persen rumah warga di sini terkena banjir akibat semakin tingginya debit Sungai Batanghari. Kemudian satu sekolah terandam banjir dan sudah meliburkan sekolah selama dua pecan,”kata Ramli M.

Disebutkan, bantuan yang baru datang untuk pengungsi banjir baru segelintir. Setidaknya ada bantuan tenda 3 buah dari Korem Garuda Putih 042 Jambi satu tenda dari Badan Sar Daerah Jambi. Kemudian bantuan tenaga dan Ikatan Mahasiswa Muaro Jambi (IMMJ).

Marzuki Usman juga memberikan dorongan moral agar para korban banjir tabah dan tetap berdoa. Marzuki Usman juga memanjatkan doa bersama dengan korban banjir agar banjir segera surut dan aktivitas warga kembali normal.

“Kita harapkan semua pihak peduli terhadap korban banjir di Provinsi Jambi. Salah satu komunitas The SOMT yang dibentuk Oktober 2011 lalu, peduli terhadap warga yang berada disekitar komplek percandian Muarojambi yang terkena banjir. Pemerintah dan swasta mari sama-sama peduli korban banjir di Jambi,”katanya.

Disisi lain Marzuki Usman mengatakan, organisasi perkumpulan Masyarakat Peduli Candi Muaro Jambi yang telah ditetapkan kepengurusannya, sebagai salah satu wadah untuk memperkenalkan situs percandian Muarojambi ke dunia.

Disebutkan, pengurus The SOMT juga guna membahas berbagai hal yang dapat dilakukan guna lebih dikenalnya Candi Muarojambi oleh masyarakat dunia. Kemudian upaya menjadikan Candi Muarojambi sebagai salah satu warisan dunia, karena candi ini bernilai sejarah tinggi, untuk itu Candi Muarojambi ini telah didaftarkan ke organisasi pendidikan, kebudayaan dan ilmu pengetahuan Perserikatan Bangsa-Bangsa (Unesco). (rosenman saragih)

Tidak ada komentar: