Senin, 10 Desember 2012

Jumlah Penduduk Provinsi Jambi Kini Mencapai 3,5 Juta Jiwa


Jambi, Simantab


Berdasarkan data BPS Provinsi Jambi Oktober 2012, jumlah penduduk Provinsi Jambi kini sebanyak 3,5 juta jiwa. Sementara jumlah kursi  DPRD Provinsi Jambi juga bakal bertambah dari 45 kursi sebelumnya menjadi 55 kursi, ada penambahan 10 kursi.

Sekda Provinsi Jambi, Syahrasadin, usai acara penyerahan Data Agregat Kependudukan (DAK) di ruang pola kantor Gubernur Jambi, Jumat (7/12) mengatakan, jumlah anggota dewan itu bertambah seiring pertambahan penduduk di Provinsi Jambi.

Menurutnya, DAK itu akan menjadi salah satu dasar dalam penentuan jumlah kursi di pemilu legislatif tahun 2014. Namun, daftar agregat sifatnya masih sementara. Karena jumlah penduduk berubah terus. Ada karena pengaruh kelahiran, kematian, migrasi, dan lain sebagainya.

Sementara itu, Anggota KPU Provinsi Jambi, Kasrianto, juga mengakui bila bakal ada penambahan kursi di DPRD Provinsi Jambi Pemilu 2014 mendatang. Hal itu karena kehendak dari undang-undang.

Dia mengatakan, nantinya berkemungkinan besar jika dilihat dari jumlah penduduk saat ini, jumlah kursi akan bertambah di beberapa daerah pemilihan. Yakni, untuk daerah pemilihan Merangin-Sarolangun, Batanghari-Muarojambi, Bungo-Tebo, dan Kota Jambi menjadi 10 kursi.

Sedangkan untuk Tanjung Jabung Timur-Tanjung Jabung Barat menjadi 9 kursi dan untuk Kerinci-Sungaipenuh menjadi 6 kursi. Dengan bertambahnya jumlah anggota dewan tersebut diharapkan keterwakilan penduduk Provinsi Jambi dalam suatu pengawasan kebijakan pemerintah lebih meningkat. (rosenman saragih)

Tidak ada komentar: