Rabu, 12 Desember 2012

Dharma Wanita Jambi Gelar Pelatihan Membatik Bagi 100 Pengrajin






Jambi, Simantab

Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jambi menggelar pelatihan membatik bagi 100 pengrajin, terdiri dari 50 orang pengrajin batik dan 50 anggota DWP unsur Pelaksana bertempat di aula Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jambi, Jl.Raden Mattaher, Senin (10/12).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua angkatan yaitu pada 10-11 dan  12-13 Desember 2012 . Pelatihan membatik yang bekerjasama dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemberdayaan Perempuan ini mengambil tema “Melalui Pelatihan Membatik dapat Meningkatkan Ketrampilan, Kreatifitas dan Pelestarian Budaya Daerah Jambi terhadap Anggota Dharma Wanita serta para Pengrajin”.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Ketua DWP Provinsi Jambi Hj.Mutia Aulia Tasman. Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemberdayaan Perempuan Dra, Eni Harriyati.

Wakil Ketua DWP Provinsi Jambi Hj.Mutia Aulia Tasman menyatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka HUT DWP ke- 13 yang merupakan salah satu program kerja Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jambi Bidang Pendidikan.

Bertujuan untuk dapat meningkatkan pola pikir dan ketrampilan ibu-ibu anggota Dharma Wanita Persatuan pada khususnya dan masyarakat umum/pengrajin yang pada akhirnya diharapkan dapat menunjang peningkatan pendapatan/ekonomi keluarga.

“Kegiatan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan motivasi dan kreatifitas pembatik Jambi agar ke depannya lebih baik lagi, kemudian kegiatan ini juga sebagai bentuk kerjasama antara anggota sehingga batik Jambi juga dapat dipromosikan, pelatihan membatik ini juga untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan pengrajin yang akan mencoba membuat produk Handycraft/souvenir, harapan saya kinerja pengrajin terus meningkatkan dan dapat meningkatkan pendapatan mereka,”kata Hj.Mutia Aulia Tasman.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemberdayaan Perempuan Dra, Eni Harriyati mengatakan, kerjasama ini dilaksanakan untuk meningkatkan peranan perempuan pengrajin dalam mempromosikan batik Jambi.

“Memang pembangunan tidak hanya dilakukan oleh dinas kami juga dibantu organisasi yang ada di masyarakat terutama organisasi perempuan, kami sebagai Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemberdayaan Perempuan juga memberikan fasilitas kegiatan ini, terlihat beberapa hari ini kami bekerjasama tidak hanya dengan DWP tetapi juga BKOW dan LSM yang peduli dengan program perempuan, dan diharapkan kegiatan ini dilaksanakan dapat mempromosikan batik Jambi yang tidak kalah dengan batik Jawa dan semakin banyak yang kenal dan bisa membatik akan semakin baik,”ujar Dra, Eni Harriyati. (rosenman saragih)

Tidak ada komentar: