Jumat, 30 November 2012

Hj. Dewi Syahrasaddin : Budaya Patriaki Membuat Posisi Perempuan Lemah


Jambi, Simantab

Ketua Dharma Wanita provinsi Jambi Hj.Dewi Syahrasaddin menghadiri Rakor Peran Serta dan Kesetaraan Gender yang diselenggarakan di hotel Golden Harvest, Kamis (29/11). Acara yang dilaksanakan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemberdayaan Perempuan Provinsi Jambi dengan menghadirkan fasilitator dari John Robert Power Internasional,Yosian Rheine.

Hj.Dewi Syarasaddin menyatakan bahwa dalam budaya patriaki telah terbentuk stereotype yang melegitimasi perempuan pada posisi yang lebih lemah.

“Untuk mengupayakan terciptanya kesetaraan dan keadilan gender antara laki-laki dan perempuan gender mainstreaming diposisikan sebagai salah satu strategi efektif. Hal ini dituangkan dalam Inpres no.9 tahun 2000 tentang pengarusutamaan gender dalam pembangunan nasional dan Permendagri no.15 tahun 2008 tentang Pengarusutamaan Gender di daerah,”ujar Dewi Syarahsaddin.

Menurut, Dewi Syahrasaddin, Pengarusutamaan Gender (PUG) merupakan strategi yang dilakukan secara rasional dan sistematis untuk mencapai kesetaraan dan keadilan gender dalam sejumlah aspek kehidupan manusia melalui kebijakan dan program yang memperhatikan pengalaman, aspirasi, kebutuhan dan permasalahan seluruh kebijakan dan program diberbagai bidang kehidupan pembangunan. (Asenk Lee Saragih)

Tidak ada komentar: