.

.
.

Rabu, 07 November 2012

Belasan Pelajar Terjangkit Hepatitis

Ilustrasi serangan penyakit hepatitis [google] Ilustrasi serangan penyakit hepatitis [google]

[JAMBI] Belasan siswa sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Jambi hingga Senin (5/11) masih dirawat di beberapa rumah sakit akibat terjangkit penyakit Hepatitis atau radang hati. Siswa SD yang terjangkit penyakit Hepatitis tersebut berasal dari SD Negeri 47 dan SMP Xaverius II Kota Jambi.

R Girsang (48), orangtua siswa SMP Xaverius II Kota Jambi kepada SP di Kota Jambi, Minggu (4/11) menjelaskan, seorang anaknya dirawat selama enam hari di Rumah Sakit (RS) Theresia Jambi akibat terjangkit penyakit Hepatisis A. Keluarga R Girsang melarikan anaknya yang sekolah di SMP Xaverius II tersebut ke rumah sakit karena sempat pingsan di sekolah. Delapan siswa SMP Xaverius II juga dirawat akibat penyakit Hepatitis tersebut.

“Saya mengetahui anak saya terjangkit penyakit Hepatitis A setelah diperiksa dokter rumah sakit. Namun dokter tidak menjelaskan penyebab berjangkitnya penyakit tersebut. Setelah dirawat selama enam hari di rumah sakit, anak saya sudah kembali ke rumah. Namun kondisinya masih lemah, sehingga belum bisa sekolah. Sedangkan tujuh orang teman anak saya masih dirawat di RS Theresia,” katanya.

Sementara itu, Kepala SD Negeri 47 Kota Jambi, Sargawi kepada wartawan di Jambi, Minggu (4/11) membenarkan, 15 siswanya dan 2 guru di sekolah itu dirawat akibat penyakit Hepatitis A. Namun penularan penyakit tersebut belum diketahui persis. Pihak petugas medis masih meneliti penyebab menularnya penyakit tersebut di sekolah itu.

Dijelaskan, penyakit Hepatitis A diketahui berjangkit di SDN 47 Kota Jambi, Sabtu (3/11) ketika banyak siswa dan dua orang guru tidak masuk sekolah. Setelah pihak sekolah menghubungi para orangtua siswa, ternyata para siswa yang tidak sekolah telah dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Jambi akibat penyakit Hepatitis A. Kemudian diketahui juga dua orang guru terkena penyakit menular tersebut.

“Kebanyakan siswa dan guru yang terkena penyakit tersebut dari kelas III dan IV yang masuk sore hari. Namun, penyebab dan media penularan penyakit belum kita ketahui,” katanya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Jambi, Polisman Sitanggang mengatakan, berjangkitnya penyakit Hepatitis A di beberapa sekolah di Jambi diduga akibat kurang bersihnya makanan yang dikonsumsi siswa dan guru di lingkungan sekolah. Karena itu, pihak Dinas Kesehatan Kota Jambi, Senin (5/11) akan memeriksa kondisi kebersihan kantin dan jajanan anak-anak di lingkungan sekolah yang berjangkit penyakit menular tersebut. [141]  (Sumber Suarapembaruan.com) 

Tidak ada komentar: