Sabtu, 06 Oktober 2012

Pemprov Jambi Mantapkan 75 Persen Persiapan Perkempinas

Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Jambi, Ir Syahrasaddin .Ft Rosenman Manihuruk


Jambi, BATAKPOS

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi terus berupaya melakukan persiapan pelaksanaan Perkemahan Pramuka Putri Nasional (Perkempinas) II tahun 2012, yang dilaksanakan 17 sampai 23 November 2012  di Bumi Perkemahan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi. Kini persiapan sudah dalam kondisi 75 persen.

Hal itu disampaikan Gubernur Jambi H.Hasan Basri Agus, MM, (HBA), usai menerima Ketua Kwartir Nasional (Kakwarnas),  Prof. Asrul Azwar, di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Rabu (3/10).

Dijelaskan, sebagai Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) Gerakan Pramuka (GP) Kwartir Daerah (Kwarda) Jambi, kedatangan Kakwarda dalam rangka mengecek persiapan Perkimpinas.

“Selaku tuan rumah kita telah berupaya mempersiapkan semua pasilitas yang diperlukan, seperti inprastruktur jalan menuju ke lokasi, sarana dan prasarana termasuk lokasi Bumi Perkemahan Sungai Gelam. Lokasi diselenggarakannya Perkempinas di Jambi tersebut, saat ini kondisinya sudah 75 persen, termasuk lokasi rencana tempat jamuan makan siang Ibu Negara juga sudah siap” kata HBA.

Menurut HBA, nantinya akan datang  Pramuka Putri utusan dari seluruh Indonesia, termasuk dari beberapa negara tetangga, yang jumlahnya lebih dari 5.000 orang, untuk itu kesiapannya memang harus benar-benar matang.

Pada Perkempinas II di Jambi ini nantinya akan dirangkaikan dengan kegiatan perikanan yang lokasinya berdekatan, pada kesempatan tersebut akan ada penyerahan bibit ikan patin. Dilaksanakannya Perkempinas di Jambi ini dalam upaya lebih memperkenalkan Jambi, baik kepada para perserta yang datang dari seluruh, dari negara-negara tetangga dan negara asing lainnya, baik yang berkaiatan dengan Bumi Perkemahan yang dimiliki Jambi.

“Bumi Perkemahan Sungai Gelam ini merupakan Bumi Perkemahan terluas di Indonesia, karenanya Kakwarnas sangat perhatian, dan  disamping itu Kwarda Jambi satu-satunya Kwarda yang memiliki lahan perkebunan kelapa sawit yang cukup luas, dan hasilnya juga cukup lumayan untuk kepentingan kemajuan anak-anak Pramuka se-Provinsi Jambi,”ujar  Gubernur Jambi.

Sementara Kakwarnas menawarkan berbagai kegiatan bertarap nasional lainnya, seperti Raimuna, Jambore dan sebagainya, bahkan Kakwarnas menawarkan acara yang berkelas dunia.

“Sehubungan dengan tawaran tersebut kita belum bisa menyetujui, karena pesertanya bisa mencapai 15.000 orang, dan ini masih perlu persiapan yang lebih baik lagi, akan berbagai fasilitasnya,” jelasnya.

Pada Perkempinas di Jambi ini juga diharapkan akan diikuti lebih banyak Pramuka Putri dari Kabupaten/kota dalam Provinsi Jambi. “Ini kesempatan untuk memperkenalkan kepada putra-putri kita dengan saudara-saudaranya dari berbagai Provinsi di Indonesia, dari negara-negara Asean, bahkan dari beberapa negara lainnya, sekagus guna menambah wawasan bagi anak-anak  kita,”katanya. RUK

Tidak ada komentar: