.

.
.

Kamis, 16 Agustus 2012

Jelang Idul Fitri, Gubernur Santuni Pensiunan dan Pemulung

http://www.metrojambi.com/v1/images/lofthumbs/620x280/images/stories/foto/berita/2012/juli/21-07-12/sampah.jpg
Petugas Kebersihan Kota Jambi

Jambi, BATAKPOS

Gubernur Jambi Drs. H. Hasaan Basri Agus (HBA)  secara simbolis memberikan santunan pensiun bagi 229 orang di lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi, bertempat Ruang Pola  Gubernur Jambi, Rabu (15/8). Pada hari yang sama, Gubernur Jambi juga memberikan bingkisan Idul Fitri 1433 H/2012 M kepada puluhan pemulung di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Talang Gulo, Kelurahan Kenali Asam Bawah, Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi.

Dana yang diberikan sebanyak 400 juta  dengan rincian penerimaan Golongan IV masing-masing sebanyak Rp 1,5 juta, golongan III sebanyak Rp 1,8 Juta, golongan II sebanyak Rp 2,05 Juta,  golongan I sebanyak Rp 2,3 juta.

“Memasuki masa pensiun bagi sebagian orang merupakan kenikmatan dan kegembiraan yang tak ternilai harganya. Setelah sekian puluh tahun mengabdi kepada Negara, tidak ada lagi tekanan pekerjaan maupun target kerja. Menikmati liburan bersama keluarga dengan gaji pensiun yang terus berjalan. Mendapat pensiun itu nikmat luar biasa. Alhamdulillah, kita harus bersyukur,” ujar HBA.

Disebutkan, namun masa pensiun bukan menjadi jaminan aman dan nyaman untuk menikmati bersama keluarga, banyak kejadian yang kurang enak didengar maupun dilihat. “Banyak teman-teman kita  baik didaerah kita maupun diluar Provinsi Jambi sudah puluhan tahun lebih mengabdi, tersandung masalah hukum (korupsi),”katanya.

Kata HBA, begitulah fenomena bagi PNS sekarang ini, tanggung jawab selama menjabat menjadi bagian yang tidak bisa terpisahkan, banyak PNS yang dipenjara bukan karena kesalahannya tapi akibat kesalahan kebijakan pada masa lalu.

“Ada kalanya kesalahan bukan pada diri kita, kesalahan dalam mengambil kebijakan karena kita pimpinan harus mengambi alih tanggung jawab. Hukum dan aturan perundang-undangan yang berlaku mengatur pertanggung jawaban atas kebijakan maupun pertanggung jawaban kerja. Pensiun merupakan kenikmatan dan anugerah yang perlu disyukuri,”ujarnya.

Disebutkan, dana yang diberikan sebanyak 400 juta  dengan rincian penerimaan Golongan IV masing-masing sebanyak Rp 1,5 juta, golongan III sebanyak Rp 1,8 Juta, golongan II sebanyak Rp 2,05 Juta,  golongan I sebanyak Rp 2,3 juta.

Sekretaris BKD Drs. H. Khatam Tafsir mengatakan,  pemberian santunan  merupakan agenda rutin dan biasanya diberikan pada bulan Ramadhan dengan tujuan penyampaian ucapan terima kasih kepada pensiunan atas jasa dan pengabdian tenaga maupun pikiran sekaligus menjaga hubungan silaturrahmi terutama dengan pegawai negeri sipil yang telah mencapai batas usia pensiun.

Sebanyak 229 orang menerima santunan pensiun pada tahun anggaran 2012 , golongan IV sebanyak 63 orang, golongan III sebanyak  127 orang, golongan II sebanyak 23 orang, sedangkan Janda/Duda  Golongan  IV sebanyak satu orang, golongan III sebanyak sebelas orang, golongan II sebanyak tiga orang, golongan I sebanyak satu orang.

Pemulung Dapat Bingkisan

Sementara ekspresi wajah gembira terpancar dari puluhan pemulung di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Talang Gulo, Kelurahan Kenali Asam Bawah, Kecamatan Kota Baru, Kota Jambi.

Wajah ceria itu tampak ketika mereka sedang sibuk mengais rezeki di tengah tumpukan sampah  di bawah terik matahari, sontak, Gubernur Jambi, H. Hasan Basri Agus (HBA) menyambangi kelompok pemulung tersebut dan memberikan bingkisan kepada mereka, Rabu (15/8).

Gubernur memberikan bingkisan berisi minyak goreng, kacang dan kue-kuean kepada 40 orang pemulung di tempat tersebut. Meskipun hanya terdapat 20 dari 40 orang pemulung yang bertemu langsung dengan gubernur, namun semuanya dapat bingkisan.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman Pemerintah Kota Jambi, Syafrudin,SKM mengatakan, bahwa di tempat tersebut terdapat kurang lebih 40 orang pemulung (sebagian datang sore).

Gubernur juga menyempatkan berbincang singkat dengan para pemulung tersebut. Ketika gubernur menanyakan salah seorang pemulung tentang penghasilan harian dari memulung, pemulung itu menjawab gubernur dengan mengatakan biasanya dia mendapat Rp30 ribu.

Gubernur Jmabi memotivasi para pemulung agar tetap semangat dan menjalani Bulan Ramadhan sebaik mungkin. Tersirat dari pemberian santunan tersebut, gubernur berbagi dengan golongan masyarakat paling bawah, gubernur ingin agar kalangan masyarakat paling bawah sekali pun turut merasakan sukacita Ramadhan dan Idul Fitri. RUK

Tidak ada komentar: