.

.
.

Minggu, 08 Juli 2012

Vocal Group Pesparawi Nasional Maluku Luar Biasa

Tim Vocal Grup Kontingen Pesparawi Maluku
 
KENDARI-Penampilan Vocal Group (VG) Pro­vinsi Maluku di ajang Pesta Paduan Suara Gerejawai (Pesparawi) Ting­kat Nasional X/2012 yang ber­langsung di Kendari-Sulawesi Teng­gara sangat luar biasa.
 
Tampil dengan busana berwarna perpaduan merah dan kuning ke­emasan, VG Maluku menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam olah vokal saat perlombaan yang ber­lang­sung di Ambesea Ballroom, Hotel Kubra, Kendari, Jumat (6/7/12) malam.

Seluruh anggota kontingen Ma­luku yang berjumlah 253 orang serta puluhan pendukung lainnya yang hadir memenuhi Ambesea Ballroom, Hotel Kubra semakin menambah semangat VG Pesparawi Provinsi Maluku.

Mereka tampil dengan memba­wakan lagu wajib ‘Dia Allahku, Ku MemujiNya’ ciptaan Wahono Hadi dan lagu pilihan terikat ‘Allah Pem­bebas dan Penyelamat UmatNya’. Lagu ini syairnya dibuat oleh Novie Stefanie Suherman sedangkan me­lodi oleh Agastya Rama Listya.

Selain itu VG Provinsi Maluku yang terdiri dari Anna Putriwati Sianturi, Aprilia Diana Joseph, Dewi­yanti Wattimena, Marlen Tanamal, Susan Surlia, Cesar Camacho Nan­lohy, Rogers Rengrengulu, Rovie Madeten, Ronald Umpenawany, Valent Walalayo dan Delton Pesu­lima juga membawakan lagu pilihan bebas ‘Thank You Lord’.

Perpaduan suara yang luar biasa memang sudah ditunjukkan saat menyanyikan lagu wajib. Begitu juga saat membawakan lagu pilihan terikat. Bahkan saat membawakan lagu pilihan bebas ‘Thank You Lord’, perpaduan suara luar biasa dipertunjukkan empat penyanyi, di antaranya yaitu Anna Putriwati Sianturi, Aprilia Diana Joseph, Dewiyanti Wattimena, Marlen Tanamal dan Susan Surlia.

Penampilan VG Provinsi Maluku juga disaksikan oleh Wakil Gubernur (Wagub) Maluku, Said Assagaff; Ketua LPPD Provinsi Maluku, Polly Kastanya; Asisten II Sekda Maluku, Burhan Bandjar; Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Semmy Risambessy dan Ketua Klasis GPM Kota Ambon, Pendeta IH Hetharie, serta Ketua Majelis Jemaat Imanuel-Karang Panjang, Pendeta H Siahaya.

VG diikuti oleh 27 provinsi, yaitu Bengkulu, Sulawesi Selatan, Kali­mantan Selatan, Sumatera Barat, Nusa Tenggara Barat, Sumatera Sela­tan, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Aceh, Jawa Tengah, Jambi, DKI Jakarta, Kepulauan Riau, Yog­ya­karta, Nusa Tenggara Timur, Ban­ten, Sulawesi Tengah, Sulawesi Uta­ra, Bangka Belitung, Sumatera Uta­ra, Papua Barat, Kalimantan Barat, Maluku, Sulawesi Tenggara, Papua, Maluku Utara dan Lampung.

VG Maluku pada Pesparawi Na­sional IX/2009 di Samarinda-Kali­mantan Timur juga meraih medali emas bersama Sulawesi Selatan, Sumatera Utara, Bengkulu, Lam­pung, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara. Namun saat itu VG Provinsi Sulawesi Selatan yang meraih emas champion.

Beberapa jam sebelumnya, Pa­duan Suara Dewasa Campuran (PSDC), PSDC Provinsi Maluku juga tampil luar biasa membawakan lagu wajib ‘Aku Mau Bernyanyi Bagi Tuhan’ (Acappella) ciptaan Herman Sinapa dan lagu pilihan terikat ‘Bu­kakan Pintu Kasihmu’ ciptaan Ro­nald Pohan saat lomba yang ber­langsung di Gelanggang Olah Raga (GOR) Kota Kendari.

PSDC Provinsi Maluku dengan dirigen Ronny Istia serta diiiringi oleh pianis Endang Kusumaningsih dengan nomor undian 9 juga mem­bawakan lagu pilihan bebas ‘John The Revelator’.
Perubahan posisi dipadu berba­gai gerakan saat bernyanyi mem­buat penampilan PSDC Provinsi Maluku sangat memukau dewan juri maupun penonton.

Penampilan PSDC Provinsi Malu­ku juga disaksikan oleh Wagub Maluku Said Assagaff, Ketua LPPD Provinsi Maluku Polly Kastanya, Asisten II Sekda Maluku Burhan Bandjar, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Semmy Risambessy dan Ketua Klasis GPM Kota Ambon Pendeta IH Hetharie.

PSDC diikuti oleh 27 provinsi, yai­tu Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Sumatera Selatan, Nusa Tenggara Timur, Jawa Timur, Riau, Maluku Utara, Papua, Maluku, Sulawesi Teng­gara, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Kaliman­tan Tengah, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Barat, Papua Barat, Beng­kulu, Kepulauan Riau, Bali, Suma­tera Barat, Banten dan Jambi.

PSDC Provinsi Maluku pada Pesparawi Nasional IX/2009 di Samarinda-Kalimantan Timur memang berhasil meraih medali emas bersama Jawa Barat, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi Utara, Maluku Utara dan Papua. Namun Jawa Barat yang meraih emas champion.

Selain PSDC dan VG, wakil Maluku di cabang lomba Solo Anak usia 10-13 tahun, Sendry Nahuway juga tampil berlomba di Baruga Sapta Pe­sona, Dinas Kebudayaan dan Pari­wisata Provinsi Sulawesi Tenggara.
Ia tampil membawakan lagu wajib ‘Jadi Lilin Penerang’, ciptaan Faida Delta dan lagu pilihan terikat ‘Doaku’ ciptaan Yason Christy Pranowo dengan diiringi pianis Jessica S Salong.

Solo Anak usia 10-13 tahun diikuti oleh peserta dari 32 provinsi. Satu-satunya provinsi yang tidak meng­ikutsertakan peserta di cabang lomba ini yaitu Sumatera Barat.

Wagub Maluku Said Assagaff kepada wartawan usai menyaksikan penampilan VG Pesparawi Provinsi Maluku, Jumat (6/7) malam, mengaku semakin yakin Maluku akan tampil sebagai juara umum Pesparawi Nasional X/2012.

“Saya sempat menyaksikan ca­bang lomba PSDC dan VG. Penam­pilan mereka luar biasa. Bahkan penonton-penonton yang ada disam­ping saya juga menyampaikan penilaian yang sama. Itu yang membuat saya semakin yakin kita akan juara umum,” ungkapnya.

Assagaff menambahkan untuk mencapai target tersebut maka dirinya hadir bersama istri dan se­jumlah pejabat pemerintah provinsi (pemprov) untuk mendampingi sekaligus memberikan dukungan secara langsung kepada kontingen Pesparawi Provinsi Maluku.

Sementara itu,di hari terakhir perlombaan Pesparawi Tingkat Nasional X/2012, Sabtu (7/7), wakil Provinsi Maluku dijadwalkan akan tampil di nomor lomba Musik Etnik dan Solo Remaja/Pemuda Putri.
Khusus untuk Musik Etnik akan ditampilkan komposisi berjudul ‘Tilu’ karya Rentje Alfons yang dialihbahasakan oleh Petrus Huwae Upane.

Sementara untuk Solo Remaja/Pemuda Putri, wakil Maluku, Maria D Talapessy akan tampil memba­wakan lagu wajib ‘Setulus Hatiku MemujiMu’, ciptaan Paulus Dwi Hananto dan lagu pilihan terikat ‘Syukur PadaMu Tuhan’, ciptaan Bagus Gangsar Wibisono. (S-12)

Tidak ada komentar: