.

.
.

Tuesday, 10 July 2012

Pemkot Jambi Mulai Distribusikan e-KTP


Pemkot Jambi Mulai Distribusikan e-KTP
Gubernur Jambi HBA saat rekam data E-KTP di Kecamatan Jambi Timur Februari 2012 lalu. Foto Asenk Lee Saragih

Jia Xiang - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Jambi, Senin (9/7/12) mulai mendistribusikan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). Namun belum semua warga yang sudah melakukan rekam data akan mendapat e-KTP.

Pendistrisbusian dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) yang ada di kecamatan. Kepala Dukcapil Kota Jambi, Obliyani, Senin (9/7/12), mengatakan, hanya mereka yang e-KTP nya sudah didistribusikan dari pusat yang akan mendapatkan e-KTP. 

Di Kota Jambi warga yang sudah melakukan rekam data hingga 25 Juni 2012 sebanyak 270.051 jiwa. Namun dari angka itu pihaknya hanya menerima 127.841 e-KTP  yang sudah dicetak. Kemudian dari 8 kecamatan yang ada di Kota Jambi, Kecamatan Telanaipura yang paling banyak mendapat pendistribusian e-KTP yaitu sebanyak 29 ribu.

“Masih banyak yang belum dikirim dari pusat. Untuk yang sudah ada, Senin ini akan didistribusikan. Sebelumnya dilakukan verifikasi terhadap e-KTP yang dikirimkan dari pusat karena pengirimannya dilakukan secara acak dan tidak per kecamatan, sehingga kami harus pilah dengan benar,”katanya.

Menurut Obliyani lebih lanjut, jangan sampai terjadi salah pengiriman di tingkat UPTD. “Kita memang tak mau terburu-buru dan setiap warga yang sudah ada e-KTP akan dikirimkan surat untuk pengambilan e-KTPnya. Untuk bisa mengambil e-KTP, selain mengantongi surat undangan, warga harus menunjukkan KTP lama. Karena KTP lama akan ditukarkan dengan e-KTP.

Bagi yang KTP lamanya hilang harus membuat laporan kehilangan ke kantor polisi. Hal ini dilakukan agar tidak ada warga yang memegang KTP ganda. Pihak UPTD juga mesti memberi penjelasan kepada warga yang belum menerima e-KTP bahwa e-KTP didistribusikan dari pusat. [Asenk Lee/W1](Sumber : http://jia-xiang.biz/read/pemkot-jambi-mulai-distribusikan-e-ktp)

No comments: