Minggu, 22 April 2012

Jambi Hentikan Penanaman Sawit di Kawasan Hutan

Pemerintah Lebih Prioritaskan Perkebunan Karet di Provinsi Jambi. Perkebunan karet di Dusun Rasau Batanghari

Jambi, BATAKPOS 

Dinas Kehutanan Provinsi Jambi akan memberantas pembalakan liar serta menghentikan penanaman kelapa sawit di kawasan hutan. Pihaknya juga akan tidak memberikan ijin kepada perusahaan untuk membuka lahan perkebunan di Jambi. 

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, Hasvia didampingi Kepala Bidang Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, Agus Priyanto, Jumat (20/4) mengatakan, pihaknya akan memberantas pembalakan liar serta menghentikan penanaman kelapa sawit di kawasan hutan. 

 Peryataan itu menyusul desakan saat ratusan petani menggelar unjukrasa di kantor Dinas Kehutanan Provinsi Jambi, Kamis (19/4). Sementara untuk penyelesaian konflik antara petani dan perusahaan pihaknya akan melakukan upaya penyelesaian itu. 

Disebutkan, konflik berkepanjangan antara petani dan perusahaan di Provinsi Jambi terus berlanjut. Meskipun sejumlah cara dilakukan, namun konflik ini belum juga tuntas. Ratusan pengunjukrasa menuntut penyelesaian konflik dengan PT Lestari Asri Jaya di Kabupaten Tebo, kemudian dengan PT Reki di Kabupaten Muaro Jambi dan Sarolangun. Selanjutnya dengan PT AAS di Kabupaten Sarolangun, Batanghari dan Merangin serta PT Kasuari Unggul di Tanjabtim. RUK

Tidak ada komentar: