Sabtu, 04 Februari 2012

Presiden SBY Dua Hari Nginap di Jambi

HPN Ke 27 ( 9 Februari 2012 di Jambi)

Spanduk Batakpos Untuk HPN di Depan Kantor Gubernur Jambi.



Jambi, BATAKPOS


Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dijadwalkan mengikuti lima kegiatan dalam rangka puncak Hari Pers Nasional (HPN) di Jambi 9 Februari 2012 mendatang. Presiden SBY akan menginap selama dua hari satu malam di Jambi.

Ketua Umum HPN Panitia Daerah, Ir Ir. Syahrasaddin, M. Si (Sekretaris Daerah Provinsi Jambi), Kamis (2/2) mengatakan, selain membuka puncak HPN, SBY akan mengikuti empat kegiatan lainnya.

Kegiatan itu yakni menghadiri acara puncak HPN di Gedung DPRD Provinsi Jambi setelah tiba di Jambi pukul 08.30 pada 9 Februari nanti. Setelah itu melakukan teleconference dengan Bupati Kerinci.

Kemudian membuka Jambi Emas Expo 2012 di Kasang Pudak, Kota Jambi. Malam harinya, Presiden SBY rencananya akan menonton acara wayang kulit. Barulah keesokan harinya meninjau Kampung Pangan Terpadu di Kasang Pudak, Muarojambi.

“Jadwal itu sudah ditetapkan. Untuk penginapan, presiden akan menempati rumah dinas gubernur seperti beberapa waktu lalu. Kali ini, pedagang kaki lima (PKL) di sekitar rumah dinas gubernur tidak akan diusik. Ini berbeda saat kedatangan Presiden SBY sebelumnya,”katanya.

Syahrasadin mengatakan, akan ada ratusan tamu yang hadir. Beberapa tamu penting yang terdata, yaitu lima orang duta besar, 200 wartawan senior se-Indonesia, dan 34 orang delegasi se-Indonesia. Untuk menyambut tamu ini, persiapan panitia sudah 90 persen.

“Sedangkan persiapan untuk fisik, seperti tugu pers, perpustakaan pers, dan tempat menginap sudah siap. Tak ada pemanfaatan rumah dinas untuk penginapan ini, selain untuk presiden. Kawasan kantor gubernur sendiri nantinya akan disterilkan,”katanya.

Syahrasaddin, mengimbau seluruh warga Jambi agar mensukseskan perayaan HPN. Sebagai tuan rumah yang didatangi berbagai tamu dari luar daerah dan mancanegara, Jambi harus menunjukkan keramahannya.

Sementara itu, untuk menyambut perayaan HPN ini sendiri, pada 6 Februari nanti akan digelar kegiatan sepeda tandem yang akan memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri). Lalu pada malam harinya, masyarakat Jambi akan dihibur dengan penampilan tiga grup band papan, yaitu Wali Band, Zifillia, dan Hello, di lapangan GOR Kota Baru.

Telkom Siapkan Fasilitas Super

Sementara itu PT. Telkom Jambi menyiapkan fasilitas broadband acces selama pelaksanaan HPN di Provinsi Jambi. Telkom telah menaikkan kecepatan menjadi 10 Mbps, cadangan 25 Mbps, setiap pemakai hotspot mencapai 80 persen, maka akan dinaikkan 5 Mbps.

Kapala Telkom Jambi, Zarwilis Yunus, mengatakan, Telkom Jambi menaikkan kecepatan akses internet menjadi 10 Mbps di sekitar Press Centre HPN di daerah TAC, Kota Jambi. Selain itu, Telkom juga telah menyiapkan cadangan kapasitas mencapai 25 Mbps dengan jangkauan 250 meter, yang bisa diakses selama 24 jam nonstop.

“Press Centre HPN menyediakan dua tempat, indoor di broadband learnig centre (BLC) dan outdoor di Jambi Cyber Park. Telkom juga menyiapkan 12 unit komputer dan 12 unit laptop dan fasilitas lainnya, seperti ruangan ber-AC, infocus dan LCD, mushalla, music corner, T-Shop, areal parkir dan power supplay (45 KvA),”katanya.

Disebutkan, guna memberi kemudahan bagi pengguna, Telkom menyiapkan tim pendamping dari BLC 3 orang dan 15 orang dari Jambi Linux Community (JLC).

Sekretaris Press Centre HPN 2012, Doddi Irawan, mengungkapkan, press centre disediakan untuk mempermudah wartawan yang mengambil data-data seputar HPN 2012, baik dalam format video maupun audio dan photo (view).

Wartawan atau media-media yang membutuhkan data HPN dapat memanfaatkan fasilitas yang terletak di Jalan Sumantri Brojonegoro, Pasar TAC, Telanaipura, Kota Jambi tersebut. Semua data dapat diambil di menu galeri pada website resmi HPN 2012 di www.hpn2012jambi.com.

Selain itu, Press Centre juga disediakan untuk para wartawan televisi yang ingin mengirim berita ke redaksinya masing-masing di seluruh Indonesia dengan kecepatan pengiriman yang maksimal.

“Wartawan televisi juga tidak perlu khawatir dengan sistem pemindahan dan pengeditan video, karena press centre sudah menyediakan peralatan untuk capture video dari kamera ke computer,”katanya. RUK

Tidak ada komentar: