Kamis, 16 Februari 2012

Pembangunan Terminal Bandara Jambi Baru 15 Persen


Jambi, BATAKPOS

Pembangunan terminal keberangkatan dan kedatangan Bandar Udara (Bandara) Sultan Thaha Jambi sudah dalam kondisi 15 persen. Sedangkan pembangunan tahap selanjutnya juga sudah akan dilaksanakan pada akhir bulan Februari ini. Bantuan APBN juga sangat diharapkan guna percepatan pembangunan perluasan bandara tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi, Ir Benhard Panjaitan MM, Rabu (14/2) mengatakan, untuk pembangunan run way juga akan dilakukan tahun ini. Saat ini, pengerjaan run way baru dilakukan pendatangan kontrak. Pengerjaannya diperkirakan akan dimulai awal Maret.

“Agar tidak mengganggu penerbangan, pengerjaan akan dilakukan pada malam hari. Teknis pelaksanaan pengerjaan akan diatur agar tidak mengganggu penerbangan. Selain malam hari, juga bisa dilakukan pada pagi hari. Pengerjaan pembangunan bandara yang lain juga akan dilakukan pada awal Maret, yaitu pembangunan VIP room yang menggunakan dana APBD Provinsi Jambi,”katanya.

Untuk pengerjaan pembangunan bandara yang saat ini, kata Benhard, belum seluruhnya selesai. Untuk menyelesaikan pembangunan bandara secara keseluruhan menjadi bandara internasional saat ini masih kekurangan dana.

“Kekurangan dana itu kembali akan mendapatkan bantuan dari APBN. Kekurangan dana seluruhnya untuk pembangunan bandara seluruhnya bisa mencapai Rp 150 miliar. Selain dari APBN, kekurangan dana itu akan ditambah dari PT Angkasa Pura sebagai pengelola bandara. Sedangkan sisanya juga masih diharapkan ditambah dari APBD Provinsi Jambi. Kalau itu sudah cukup, maka pelaksanaan selanjutnya kembali akan berjalan. Tetapi kedatangan Presiden SBY kedua kalinya ke Jambi kemungkinan dana dari APBN akan ditambah,”katanya.

Disebutkan, pembangunan Bandara Sultan Thaha Jambi sangat penting. Mengingat padatnya kedatangan maupun keberangkatan penumpang. Diperkirakan dengan kondisi Bandara Sultan Thaha yang ada saat ini sudah tidak memadai lagi.

“Masalah itu sama dengan bandara-bandara lain. Namun bila pembangunan itu selesai, maka Bandara Sultan Thaha akan bisa menampung lebih banyak penumpang. Bahkan akan menjadi bandara internasional,”kata Benhard Panjaitan MM, pencipta lagu “Holong” ini. ruk

Tidak ada komentar: