Jumat, 15 Juli 2011

PT REKI Sediakan 900 Ribu Bibit Untuk Reboisasi Hutan

Jambi, BATAKPOS

PT Restorasi Ekosistem Indonesia (RIKI) membuka lahan untuk pembibitan benih kayu untuk reboisasi hutan di Jambi. Persemaian di wilayah Bato-Sungai Kapas, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari, Jambi. Pembibitan itu mulai dibangun pada awal tahun 2011, dengan luas area dua hektar dengan kapasitas produksi 900.000 bibit.

Pembibitan itu dilengkapi fasilitas penunjang seperti pondok kerja, listrik dari panel surya, area bernaung seluas 3 hektar, dan instalasi air untuk penyiraman. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu kebutuhan bibit untuk penanaman saat ini dan dimasa mendatang.

Demikian dikatakan Direktur Operasional Harapan Rain Forest, Yusup Cahadin kepada BATAKPOS di Jambi, Selasa (12/7/11). Menurut dia, Kementerian Kehutanan RI telah lama diadakan pengkajian restorsi ekosistem. Kajian itu telah dilakukan sejak tahun 2003.

Disebutkan, diharapkan pihak REKI bisa mengelola sendiri, karena tidak mungkin minta bantuan negara pendonor terus.

Sedangkan Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi Keuangan Daru Pratomo, mengatakan, saat ini Pemerintah Provinsi Jambi belum bisa untuk menerima manfaat profit berupa uang secara tunai. Tapi Jambi telah bisa merasakan manfaat benefit dari yang dilakukan oleh Harapan Rain Forest.

“Kita memahami bahwa hutan merupakan asset public yang tidak dapat dipungkiri telah menjadi sektor andalan bangsa, termasuk Provinsi Jambi. Namun karena tingginya deforestasi dan degradasi hutan, serta lemahnya penegakan hukum, telah menghambat kemampuan pemerintah untuk secara efektif mengatur pengelolaan sumberdaya hutan yang ada sesuai dengan perwujudan pembangunan kehutanan nasional,”katanya. ruk

Tidak ada komentar: