Kamis, 19 Mei 2011

Gubernur Jambi Minta Sampah di Jambi Dibersihkan

Samisake : Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus memecahkan kendi sebagai tanda pemberian bantuan 8 unit dumptruk dan 16 unit motor dumptruk pengangkut sampah Program Samisake Provinsi Jambi kepada Pemerintah Kota Jambi di DPRD Kota Jambi, Rabu (18/5). Foto batakpos/rosenman manihuruk

Jambi, BATAKPOS

Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus meminta Pemerintah Kota Jambi bersama-sama dengan masyarakat untuk menanggulangi sampah yang kini masih menjadi persoalan di Kota Jambi. Dirinya juga mengajak masyarakat untuk sadar lingkungan bersih dan bias mengegola sampah rumah tangga jadi bahan berguna.

Hal itu dikatakan Hasan Basri Agus usai menyerahkan secara simbolis bantuan 8 unit dumptruk dan 16 motor dumptruk pengangkut sampah kepada Walikota Jambi dr H Bambang Priyanto usai Sidang Paripurna DPRD Kota Jambi dalam rangka HUT Kota Jambi Ke 68 (17 Mei 2011) di DPRD Kota Jambi, Rabu (18/5).

Bantuan armada pengangkut sampah tersebut sebagai wujud dari Program Pemerintah Provinsi Jambi yang bernama Satu Miliar Satu Kecamatan (Samisake). Bantuan tersebut diperuntukkan kepada 8 kecamatan di Kota Jambi ( 1 unit truk dan 2 motor dumptruk).

Menurut Gubernur Jambi, Kota Jambi sebawai “wajah” Provinsi Jambi harus menunjukkan diri sebagai pintu gerbang Provinsi Jambi yang bersih dan asri. Dirinya juga meminta keseriusan semua pihak termasuk warga untuk menjaga kebersihan lingkungan dari persoalan sampah.

“Bantuan Samisake merupakan wujud dari program Pemprov Jambi yang ikut berbuat dalam penanangan sampah di Kota Jambi yang hingga kini masih menjadi persoalan serius. Hidup bersih merupakan sebagian dari Iman, jadi mari sama-sama menjaga kebersihan lingkungan,”katanya.

Walikota Jambi dr H Bambang Priyanto mengatakan, pihaknya akan melibatkan camat, lurah bahkan hingga ketua RT untuk bersama-sama dalam menanggulangi sampah dilingkungan masyarakat.

“Kita masih kekurangan dana dalam penanggulangan sampah. Sebanyak 60 persen APBD peruntukannya untuk gaji karyawan, jadi anggaran untuk kebersihan masih minim. Bantuan Samisake dari Provinsi Jambi diharapkan membantu penanggulangan sampah di Jambi,”katanya.

Menurutnya, ratusan kubik sampah diproduksi masyarakat Kota Jambi setiap harinya. Sementara petugas dan armada kebersihan masih sangat terbatas.

“Negara Jerman memberikan bantuan dana hibah kepada Pemerintah Kota Jambi dalam menanggulangi sampah di Jambi. Bantuan tersebut kini masih melakukan studi kelayakan. Diharapkan dana hibah tersebut realisasi dalam tahun ini,”katanya. ruk



Tidak ada komentar: