Tuesday, 15 March 2011

Sertifikasi Guru PNS di Jambi Selesai Tahun 2014

Jambi, BATAKPOS

Sertifikasi guru berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kota Jambi akan selesai pada tahun 2014. Hingga kini tercatat 2.455 guru PNS belum mendapat sertivikasi. Tahun 2011 ini Kota Jambi mendapat jatah verifikasi 870 guru PNS.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Jambi, Jumisar, Jumat (11/3) mengatakan, dari 4.508 orang guru yang berstatus PNS di Kota Jambi, baru 2.053 orang guru yang sudah disertifkasi. Target sertifikasi guru PNS di Kota Jambi tahun 2014.

“Target tersebut berdasarkan hitungan jatah sertifikasi yang diterima Kota Jambi saat ini. Tahun 2011 ini, Kota Jambi mendapatkan jatah sertifikasi untuk 780 guru. Kalau setiap tahun 780 berarti ditahun 2014, semuanya sudah selesai, belum lagi kalau ada penambahan jatah dari pusat,”katanya.

Pihaknya berharap, semua guru tidak merasa khawatir tidak mendapatkan sertifikasi, karena semuanya bakal disertifikasi.Dikatakan, ada dua jalur untuk mendapatkan sertifikasi, yaitu jalur usia dan jalur S1.

Untuk jalur usia, guru harus berumur minimal 50 tahun dengan masa kerja 20 tahun dan merupakan golongan IV. Sedangkan jalur S1 otomatis sertifikasi, namun karena keterbatasan kuota, dilakukan perangkingan berdasarkan masa kerja dan usia.

Guna mendapatkan sertifikasi juga bisa melalui jalur fortopolio, namun untuk jalur ini kuotanya lebih sedikit, dimana Kota Jambi tahun 2011 hanya mendapatka jatah untuk 5 orang. Jalur fortopolio diberikan kepada guru yang berprestasi mereka harus mengikuti tes melalui internet.

“Kemudian sertifikasi jalur Diklat. Untuk jalur Diklat, guru harus mengikuti pelaksanaan Diklat sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Dan harus lulus. Kalau gagal, berarti tak lulus dan ngulang lagi. Kita meminta para guru untuk terus tekun melaksanakan tugasnya sebagai seorang pendidik, dan bukan hanya mengejar sertifikasi,”katanya. ruk

No comments: