Wednesday, 30 March 2011

PKK Diminta Berperan Jaga Ketahanan Pangan

Jambi, BATAKPOS

Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Jambi diminta dapat berperan menjaga dan meningkatkan ketahanan pangan, sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Upaya peningkatan ketahanan pangan ini bukan hanya berlaku di suatu daerah tertentu, namun juga di tingkat nasional, bahkan di seluruh dunia.

Pentingnya peningkatan ketahanan pangan tersebut, PKK Provinsi Jambi menjadikan ketahanan pangan sebagai salah satu topik dalam Pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) VII PKK Provinsi Jambi, Selasa (29/3), bertempat di Ruang Pola Kantor Gubernur Jambi.

Gubernur Jambi, Drs. H. Hasan Basri Agus, MM (HBA) menghimbau agar PKK juga turut berperan dalam meningkatkan ketahanan pangan. HBA menyarankan kader PKK lebih kreatif seperti memanfaatkan pekarangan rumah, ditanami dengan cabai, sayur-sayuran dan tanam-tanaman lainnya yang bisa digunakan untuk kebutuhan dapur.

HBA juga meminta seluruh kader PKK untuk memberikan perhatian khusus kepada Posyandu, sebagai wadah terdepan dalam pemberian pelayanan kesehatan dasar.

“Jika memang dimungkinkan bahwa Posyandu tidak hanya bekerja satu kali dalam satu bulan, akan tetapi Posyandu dapat memberikan pelayanan sepanjang hari,” kata HBA.

Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang dalam pelaksanannya dapat diintegrasikan dengan kegiatan-kegiatan lain, juga perlu diperhatikan peningkatan ekonomi keluarga melalui UP2K PKK, pemahaman tentang pangan yang beragam, bergizi, dan berimbang.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU)/Nota Kesepahaman Penganekaragaman Pangan/Diversifikasi Pangan antara PKK dengan Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jambi.

Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Jambi, Hj. Yusniana Hasan Basri dalam sambutannya pada intinya menyatakan pentingnya peningkatan sinergitas PKK dengan seluruh instansi terkait dalam memaksimalkan seluruh potensi yang ada guna meningkatkan kesejahteraan keluarga. ruk

No comments: