PRESIDEN PILIHAN RAKYAT JOKOWI-JUSUF KALLA

PRESIDEN PILIHAN RAKYAT JOKOWI-JUSUF KALLA
SELAMAT DATANG PRESIDEN JOKO WIDODO-JUSUF KALLA

Tuesday, 22 March 2011

Gubernur Jambi Minta Benahi Tatanan Pemprov Jambi

Jambi, BATAKPOS

Gubernur Jambi Drs. H Hasan Basri Agus, MM (HBA) meminta Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi yang baru Ir Syahrasaddin, M.Si untuk membenahi tatanan Pemerintahan Provinsi Jambi. Sekda juga diminta untuk melakukan koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota dalam pencapaian visi dan misi Provinsi Jambi Jambi Emas 2015.
Hal itu dikatakan HBA usai mengambil sumpah Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi yang baru Ir Syahrasaddin, M.Si yang menggantikan Drs. A.M. Firdaus, M.Si di rumah dinas Gubernur Jambi, Senin (21/3).

Menurut HBA, Pemprov Jambi saat ini masih menghadapi berbagai kekurangan dibidang infrastruktur, penanggulangan kemiskinan dan pengangguran. Sehingga Sekda diharapkan mampu mensingkronisasi SKPD Pemprov Jambi guna mewujudkan program pro rakyat serta meningkatkan industri kreatif.

“Pencapain Jambi Emas 2015 merupakan kerja keras semua pihak. Sekda sebagai jabatan strategis harus bersinergi khususnya dalam pembuatan program yang berbasis kerakyatan. Sekda juga harus mampu menjembatani Pemprov Jambi dengan pemerintah daerah. Kemudian menciptakan iklim yang kondunsif di Jambi,”katanya.

Disebutkan, Sekda juga diminta agar dapat meningkatkan SDM SKPD Pemprov Jambi guna percepatan Jambi Emas 2015. Peningkatan SDM merupakan hal penting guna membangun Provinsi Jambi demi kesejahteraan masyarakat.

Ir Syahrasaddin, M.Si kepada wartawan mengatakan, dirinya sebagai langkah awal akan melakukan konsolidasi kedalam guna penataan pemerintahan yang baik. Dia juga berjanji akan meningkatkan koordinasi dengan pemerintah daerah demi mewujudkan Jambi Emas 2015.

“Saya berharap bantuan semua pihak khususnya SKPD dalam membuat program yang berbasis kerakyatan. Hal ini penting guna mewujudkan visi dan misi Provinsi jambi Emas 2015. Tugas amanah yang diberikan sungguh berat, namun dengan bantuan semua pihak akan berjalan dengan baik,”katanya.

Ketua Majelis Ulama Indonesia Provinsi Jambi, Dr Hadri Hasan mengatakan, terpilihnya Sekda Provinsi Jambi yang baru diharapkan bisa meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Dimana sebagai pimpinan birokrasi di Provinsi Jambi, sekda diharapkan bisa memanajemen bawahannya agar dapat memberikan pelayanan terbaik.

“Karena filosofis pejabat itu adalah pelayanan. Bila rakyat yang dilayani merasa puas, berarti pejabatnya sudah melayani dengan baik,'' ucapnya.

Pengamat ekonomi di Provinsi Jambi, DR Pantun Bukit menyatakan tugas berat bagi Syahrasaddin, usai dilantik menjadi Sekda Provinsi Jambi. ''Saya ucapkan selamat dulu. Ini adalah tugas yang berat. Karena mengemban visi dan misi Gubernur Jambi dalam mencapai Jambi Emas di tahun 2015, mendatang,'' ujarnya.

“Karena visi Jambi Emas itu bukan hanya sekedar baleho dan retorika. Kita ingin ini diwujudnyatakan dalam konteks ekonomi masyarakat yang maju karena benar-benar maju, kemudian aman, adil dan sejahtera. Ini yang kita harapkan,'' tambahnya.

Pantun menyatakan ada beberapa hal yang bisa dilakukan Sekdaprov Jambi yang baru. Pertama yang harus dibenahi ini adalah dari sisi kompetensi dari birokrasi. Karena kelemahan dari birokrasi saat ini adalah banyaknya kepala SKPD yang tidak melakukan terobosan.

“Padahal kita butuh suatu terobosan untuk bisa mewujudkan Jambi Emas. Kalo hanya menjalankan tupoksi seperti biasa, saya yakin tidak ada apa-apa. Jadi SKPD butuh terobosan dan itu harus dibina atau dituntun oleh Sekda. Dia meng-guide di depan. Ini supaya kepala-kepala SKPD berani melakukan terobosan dan jangan hanya menunggu perintah,'' katanya.

Menurut Pantun, harus dilakukan penajaman program yang menjadi unggulan. Contoh. program satu miliar satu kecamatan (Samisake) harus dievaluasi supaya tepat sasaran.

“Samisake di 50 kecamatan di tahun 2011 ini harus dievaluasi oleh Sekda Provinsi. Mana yang kurang dilengkapi, mana yang lengkap di tambah. Harus ada analisis dan evaluasi penajaman program untuk mencapai JambiEmas2015,'' tandas Pantun. rosenman manihuruk
Foto-foto Pelantikan di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Senin 21 Maret 2011. Foto Rosenman Manihuruk (Asenk Lee Saragih-0812 7477587).
Sumpah Jabatan : Gubernur Jambi Drs. H Hasan Basri Agus, MM (HBA) membacakan sumpah jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi yang baru Ir Syahrasaddin, M.Si saat pelantikan di rumah dinas Gubernur Jambi, Senin (21/3). Foto-foto batakpos/rosenman manihuruk

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi Ir Bernhard Panjaitan MM saat memberikan ucapan selamat kepada Sekda Provinsi Jambi yang baru, Senin (21/3). Foto2 Rosenman Manihuruk.
Foto Keluarga Ir Syahrasaddin, M.Si.

Salam Pergantian Sekda Baru Ir Syahrasaddin, M.Si dengan Sekda lama AM Firdaus. Foto Rosenman Manihuruk (0812 747 7587).

No comments: