Minggu, 30 Januari 2011

Anak Harimau Taman Rimbo Jambi Mulai Aktif

Uni lagi menyusui ketiga anaknya.
Sang Dokter dan Pawang Uni.Foto2 Rosenman Manihuruk Alias Asenk Lee Saragih

Jambi, BATAKPOS

Tiga anak harimau yang baru dilahirkan pasangan (Peter dan Uni) di Kebun Binatang Taman Rimbo, Kota Jambi, kini sudah mulai aktif berinteraksi dengan induknya. Tiga anak harimau itu juga kini dalam keadaan sehat.

Kasi Perawatan Satwa Taman Rimbo, Arif Makhfud, Kamis (27/1) mengatakan, satu anak harimau sempat lemas dan sempat dikeluarkan dari kandang dan dibawa ke kantor untuk dirawat pihak kebun binatang.

Namun karena berbagai pertimbangan, bayi harimau tersebut dikembalikan ke kandang.

Anak harimau perlu mendapatkan kolustrum yang terdapat dalam susu dari induknya. Kolustrum ini sebagai imun bagi bayi harimau.

Kepala UPTD Taman Rimbo, Adrianis, menambahkan, hal tersebut dilakukan untuk perkembangan bayi harimau itu sendiri. Namun demikian, pemantauan tetap dilakukan. Bila minum susunya kurang, akan diberikan susu tambahan berupa susu yang biasanya digunakan untuk bayi kucing.

Disebutkan, Uni, sang induk harimau, sudah mulai normal pola makannya. Selain makanan, Uni juga diberi vitamin A.Sedangkan bayi harimau yang mati, dibawa ke laboratorium di Dinas Peternakan Provinsi Jambi untuk diawetkan.

Drh Nurbani yang bertugas di Kebun Binatang (KB) Taman Rimba, mengatakan, setelah lahir pada Senin (24/1), ketiga anak harimau yang masih bertahan hidup itu kondisinya cukup sehat serta terlihat masih terus disusui sang induk Uni yang berusia tujuh tahun.

Uni melahirkan empat ekor anak, namun satu di antaranya mati karena mengalami cacat. Hasil pengamatan tim medis kebun binatang, induk ketiga harimau tersebut terlihat cukup sehat dan dalam kondisi baik serta bisa merawat anak-anaknya dengan terus menyusui.

“Pengamatan kita, sang induk memang terlihat sayang dan merawat ketiga anaknya dengan menjaga dari gangguan sang jantan bernama Peter (8) yang berada di samping kandang induk harimau tersebut," katanya. ruk

Tidak ada komentar: