Jumat, 22 Oktober 2010

Pameran Industri Kreatif Jambi Diminati di Jakarta

Jambi, BATAKPOS

Pameran industri kreatif Provinsi Jambi di Pameran Trade Expo Indonesia ke- 25 Tahun 2010 bertempat di International Expo Kemayoran Jakarta diminati pengunjung. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi bekerjasama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK)Provinsi Jambi serta UKM-UKM dari Provinsi Jambi memenangkan beberapa lomba.

Ketua TP PKK Provinsi Jambi, Hj. Yusniana Hasan Basri, di Jambi, Kamis (21/10) kepada wartawan mengatakan, pameran itu guna mewujudkan Jambi EMAS (Ekonomi Maju, Aman, Adil, dan Sejahtera) yang membutuhkan upaya yang dilakukan terus-menerus, berkelanjutan atau berkesinambungan/sustainable, terarah, dan terpadu dari semua pihak terkait.

Disebutkan, ad empat kegiatan yang diikuti tim Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi, TP PKK Provinsi Jambi, dan UKM-UKM Provinsi Jambi, yakni, 1.Partisipasi pada Trade Expo Indonesia (TEI) ke-25, 2.Pameran Pangan Nusa ke-5 dengan Tema “Rasa Bahari Nusantara”, 3.UKM Award, dan 4.Lomba Masak Makanan Khas Daerah Tahun 2010.

Tujuan tim dari Provinsi Jambi mengikuti kegiatan ini adalah untuk mempromosikan produk makanan dan minumam (produk jadi dalam kemasan) yang dihasilkan UKM dari Provinsi Jambi.

Peserta pameran berasal dari pihak pemerintah dan BUMN serta swasta. Untuk Provinsi Jambi diikuti oleh Perajin Abon Ikan Patin, TP PKK Provinsi Jambi yang diwakili Kabupaten Merangin dengan menampilkan Kuliner Khas Jambi (Gulai Kitiyung, Lemang Ikan Semah, Ibat Ikan Baung dan Kopi Kahwo) serta produk UKM yang kiranya mampu untuk diekspor (Kopi Ayam Ras, Roti Kacang Jambi Jaya, Dodol Nenas, Dodol Pisang, Tas Kulit, dan Batik Jambi).

Menurut Hj. Yusniana Hasan Basri, pada kegiatan pameran tersebut, Provinsi Jambi mendapatkan penghargaan UKM Pangan Award yang diterima oleh perajin dari Kelompok Wanita Tani (KWT) Tunas Baru oleh Triwarni dari Kabupaten Muaro Jambi, dengan produk Abon Ikan Patin. UKM ini mendapatkan piagam dan uang tunai melalui tabungan sebesar Rp5.000.000,-. ruk

Tidak ada komentar: