Senin, 20 September 2010

Provinsi Jambi Siap Konversi Mitan ke Gas 3Kg

Jambi, BATAKPOS

Pemerintah Provinsi Jambi menyatakan siap untuk melaksnakan konversi minyak tanah (mitan) ke gas ukuran 3 kilogram. Namun Pemprov Jambi meminta konsultan pelaksana dan PT Pertamina diminta untuk dapat saling bekerjasama dan berkoordinasi dengan baik dengan instansi terkait dengan kegiatan konversi minyak tanah ke LPG yang akan dilaksanakan di Provinsi Jambi.

Demikian dikatakan Wakil Gubernur Drs.Fachrori Umar, saat memimpin rapat persiapan pelaksanaan konversi minyak tanah ke LPG 3 Kg bertempat di Ruang Utama Kantor Gubernur, Kamis (16/9).

Disebutkan, program konversi minyak tanah ke LPG 3 Kg merupakan program nasional yang telah dimulai sejak tahun 2007. Untuk tahun 2010, konversi minyak tanah ke LPG 3 kg akan dilaksanakan di 23 Provinsi yang terdiri dari : 7 (tujuh) provinsi yang baru melaksanakan program konversi pada tahun 2010 ini dan 16 (enam belas) provinsi lanjutan yang juga telah melaksanakan program konversi minyak tanah ke LPG 3 kg pada tahun sebelumnya.

Ketujuh provinsi yang baru melaksanakan program konversi minyak tanah ke LPG 3 kg pada tahun 2010 antara lain Provinsi Jambi, Bengkulu, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, dan Nusa Tenggara Barat.

Selanjutnya Wagub Jambi juga menekankan kepada pihak-pihak terkait untuk memperhatikan hal-hal yang perlu diantisipasi dalam pelaksanaan konversi minyak tanah ke LPG 3 Kg antara lain: melakukan pendataan penerima paket bantuan harus tepat sasaran.

“Sosialisasi Penggunaan tabung LPG beserta perlengkapan lainnya secara baik dan benar kepada pengguna, standarisasi tabung LPG (kualitas tabung, selang, regulator dan karet), mengawasi pendistribusian paket bantuan, menjamin ketersediaan dan pasokan LPG pasca konversi, menjamin ketersediaan dan pasokan minyak tanah subsidi dan non subsidi pasca konversi, mengecek kesiapan Agen/Penyalur LPG,”katanya.

Ditjen Migas Kementerian ESDM telah menunjuk perusahaan/konsultan pelaksana konversi minyak tanah ke LPG 3 kg untuk wilayah Provinsi Jambi yang terdiri dari, PT. Sehat Pratama Sejati untuk pekerjaan Pendataan dan Calon Penerima dan Pendampingan Pendistribusian Paket Perdana LPG 3 Kg.

Kemudian PT. Kencana Mandiri Ulinusa untuk pekerjaan Penyuluhan dan Sosialisasi Penggunaan Kompor dan Tabung Gas LPG 3 Kg dan PT. Pertamina Gas Domestik Region I Rayon V yang berkedudukan di Palembang Provinsi Sumatera Selatan bertugas dalam hal pendistribusian paket bantuan LPG 3 Kg berupa tabung LPG 3 kg beserta isi perdana, kompor gas 1 tungku beserta asesorisnya (selang, klem dan regulator). ruk

Tidak ada komentar: