Senin, 06 September 2010

Pertamina Jamin Stok BBM Aman di Jalur Mudik

Jambi, BATAKPOS

Pertamina Jambi menjamin dan memastikan ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) menjelang lebaran, dan sesudah lebaran di Jambi dan jalur mudik Provinsi Jambi tetap aman. Pengguna kenderaan juga diminta agar tidak melakukan spekulasi atau kwatir tentang ketersediaan BBM di jalur mudik di Provinsi Jambi.

Head Office Pertamina Depot Jambi, Amroni Amir kepada wartawan, Jumat (3/9) mengatakan, stok untuk menghadapi hari raya Idul Fitri 1431 H saat ini telah dipersiapkan. Menurut dia, tujuh tongkang yang masing-masing dapat memuat 3.000 Kilo Liter sudah dioperasikan untuk mengantisipasi konsumsi BBM yang naik.

Dikatakan, tujuh tongkang tersebut setiap saat mensuplai ke Jambi setelah mengambil BBM dari Plaju Palembang. Ditambah lagi saat ini kondisi air Sungai Batanghari yang tinggi memudahkan tongkang-tongkang yang memuat BBM ini mudah keluar masuk ke Jambi.

“Kapasitas pertamina depot Jambi ini untuk premium adalah 6.000 kilo liter. Sedangkan untuk solar adalah 11.500 kilo liter. Stok ketersediaan premium di Jambi, katanya, dapat bertahan hingga 9 hari, sedangkan untuk solar ketersediaannya dapat bertahan hingga 10 hari,”katanya.

Disebutkan, langkah yang ditempuh Pertamina Jambi adalah dengan menambah pasokan BBM ke SPBU-SPBU hingga 10-15 persen dari suplai normal. Sales Representatif Pertamina Depot Jambi, Rasjid, mengatakan, suplai penambahan suplai BBM tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing SPBU.

“22 SPBU yang ada di Jambi dipastikan akan buka selama 24 jam. SPBU yang buka 24 jam tersebut tersebar di seluruh Kabupaten dan Kota di Jambi, terutama di sepanjang Jalan Lintas Timur, Barat dan lintas tengah Provinsi Jambi,”katanya.

Pertamina Pemasaran Sumbagsel memperkirakan kenaikan konsumsi signifikan di wilayah pemasaran Sumbagsel diprediksi akan terjadi di H-5 sampai H+5 dengan kenaikan berkisar antara 8-26 % dari konsumsi perharinya. Kenaikan drastis diprediksi terjadi di H-1 mencapai 46% dari konsumsi perhari total Sumbagsel.

“Dta release Pertamina Pemasaran Sumbagsel, tingkat konsumsi pada Agustus sebanyak 29.503 kilo liter untuk premium, akan meningkat hingga menjadi 34.262 kilo liter. Jadi kenaikan ada di angka 20 persen,”katanya.ruk

Tidak ada komentar: