Rabu, 29 September 2010

PAUD Merupakan Prioritas Bentuk Kecerdasan Anak

HAN Tingkat Provinsi Jambi

Jambi, BATAKPOS

Kita perlu berupaya bersama-sama, bersinergi, saling menunjang satu dengan yang lain, untuk mempersiapkan anak-anak kita agar mereka memiliki bekal yang cukup untuk masa depannya. Salah satu upaya yang dapat kita lakukan adalah memberikan pendidikan yang baik bagi anak.
Moses Juneri Manihuruk dan Yobel Saragih Masa Depan Bangsa. Foto Asenk Lee Saragih.

Karena pendidikan merupakan modal utama dan tahapan yang sangat penting dalam proses pendidikan selanjutnya. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan prioritas dalam membentuk kecerdasan anak. Program PAUD harus lebih ditingkatkan.

Demikian dikatakan Gubernur Jambi Drs.H.Hasan Basri Agus (HBA), saat menghadiri puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tingkat Provinsi Jambi tahun 2010, Selasa (28/09) bertempat dilapangan Kantor Gubernur Jambi.

Disebutkan, pemerintah menyadari betapa pentingnya pendidikan bagi anak-anak. Program wajib belajar pendidikan dasar Sembilan tahun harus terus diupayakan agar seluruh anak dapat mengikuti pendidikan dasar. Gubernur Jambi mengajak kepada seluruh stakeholder pembangunan, baik keluarga, dunia pendidikan, maupun masyarakat luas untuk memberikan layanan pendidikan, kesejahteraan dan perlindungan yang lebih baik kepada anak-anak.

Selanjutnya HBA mengatakan, anak merupakan amanah dari Allah SWT, dalam dirinya melekat harkat dan martabat sebagai manusia seutuhnya, oleh karenanya anak-anak perlu mendapatkan perlindungan dari tindakan kekerasan dan diskriminasi. Sehubungan dengan hal tersebut, pemerintah berupaya memberikan perhatian secara sungguh-sungguh kepada anak-anak, melalui UU Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Pemerintah berupaya melindungi hak-hak anak yang merupakan hak asasi manusia, dengan landasan hukum yang jelas.

Gubernur Jambi menegaskan dirinya yakin bahwa dengan semangat dan tekat yang kuat kita akan dapat meningkatkan kualitas pendidikan, sehingga dapat menghasilkan putera-puteri terbaik jambi yang siap membangun jambi dimasa mendatang.

“Kita berharap dan berdoa semoga anak-anak Jambi dapat menjadi generasi masa depan yang dapat mewujudkan “JAMBI EMAS”,”katanya.

Terkait dengan adanya wacana tes keperawanan dalam penerimaan siswa baru, HBA mengatakan, pihaknya kurang sependapat dengan wacana Komisi IV DPRD Provinsi Jambi tersebut.

“Kiranya bukan dari sisi tersebut yang kita perhatikan dalam membuat kebijakan. Kita harus lebih memperkuat dari sisi agama. Kedepan kita harus lebih memperkuat pendidikan agama anak-anak kita dengan memberikan pengetahuan, penjelasan dan pemahaman mengenai apa yang diperbolehkan / dilarang oleh agama sesuai dengan yang dianutnya,”katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, H.Rahmad Derita Harahap, dalam laporannya menyampaikan peringatan HAN diselenggarakan setiap tahun sejak 1986. Hal ini berdasarkan Keputusan Presiden RI No : 44/1984 tentang Hari Anak Nasional, yang ditetapkan setiap tanggal 23 Juli.

Tujuan diselenggarakan kegiatan HAN adalah untuk meningkatkan komitmen semua pihak dan menyebarluaskan informasi tentang pentingnya hak-hak anak utamanya hak untuk memperoleh pendidikan, pengasuhan, perlindungan, perawatan kesehatan dan gizi bagi anak oleh para pengambil kebijakan, orang tua dan masyarakat umum.

Adapun tema yang diambil pada peringatan HAN tahun 2010 adalah “Anak Indonesia Belajar Untuk Masa Depan”. Dengan mengambil sub tema “Kami Anak Indonesia, Jujur, Berakhlak mulia, Sehat, Cerdas dan Berprestasi.

Peringatan HAN 2010 dihadiri oleh kontingen pendidik dan anak PAUD dari seluruh kab/kota serta perwakilan anak dari seluruh lembaga PAUD, SD, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK dari Kota Jambi dengan jumlah keseluruhan sekitar 10.000 orang.

Kegiatan peringatan HAN tingkat Provinsi Jambi ini berlangsung sejak tanggal 26 September yang lalu, yang dirangkaikan dengan berbagai aktivitas perlombaan kompetensi pendidik PAUD dan kreatifitas anak PAUD.

Turut hadir dalam puncak peringatan HAN tingkat Provinsi Jambi tahun 2010, Ketua DPRD, unsur muspida, Ketua TP PKK Provinsi Jambi Hj.Yusniana Hasan Basri, bupati / walikota se Provinsi Jambi, para kepala SKPD lingkup provinsi, dan undangan lainnya. ruk




Play Group Sekolah Bina Kasih Kristen Jambi Ikut Pawai dalam HAN Tersebut. Foto Asenk Lee saragih.

Tidak ada komentar: