Senin, 20 September 2010

Minggu Merupakan Puncak Arus Balik H+9 Lebaran di Jambi

Jambi, BATAKPOS

Hingga H+9 atau Minggu (19/9) merupakan puncak arus balik Idul Fitri ke Jambi melalui Terminal Alam Barajo Jambi. Penumpang balik ke Jambi mencapai 1800 orang penumpang per hari.

Kepala Terminal Alam Barajo Jambi, Icon Gumay, Minggu (19/9) menjelaskan, puncak arus balik ke Jambi Minggu. Dalam sehari sekitar 60 kendaraan masuk terminal. Sebuah kendaraan membawa rata-rata 30 penumpang, sekitar 1800 penumpang yang masuk setiap harinya.

“Sementara bus yang transit lebih banyak lagi, kalau ditotal bisa 100 kendaraan perharinya. Penumpang kebanyakan datang dari daerah Jawa seperti Yogyakarta kemudian Pekanbaru, Medan, Palembang dan daerah lainnya,”katanya.

Disebutkan, angkutan yang masuk seperti bus Family Raya, Rima abadi, Putra Remaja, Laju Prima, Ramayana, Handoyo dan banyak lagi yang lainnya. Semuannya menurunkan penumpang di loket luar terminal. Masuk terminal hanya membayar retribusi.

Menurut Gumay, untuk Angkutan Dalam Provinsi (AKDP), paling banyak masuk adalah angkutan arus balik dari Kabupaten Kerinci seperti, Mobil Kerinci Permata, Gunung Kerinci, Safa Marwa dan lainnya.

“Sekitar 18 petugas diturunkan dinas perhubungan dengan dibantu pihak kepolisian yang berjumlah 2 orang dan Tenaga Kerja Sukarela. Diperkirakan arus balik akan kembali Senin (20/9). Dalam kondisi normal kendaraan yang masuk jumlahnya sekitar 50 ke bawah,”katanya. ruk

Tidak ada komentar: