Rabu, 01 September 2010

Gubernur Jambi Minta Jaga Kebebasan Beribadah

Ibadah Sykur PGI Wilayah Jambi

Jambi, BATAKPOS

Gubernur Jambi Hasan Basri Agus meminta umat beragama di Provinsi Jambi untuk tetap menjaga keharmonisan serta kebebasan umat beragama dalam melaksanakan ibadah. Dirinya juga meminta semua umat untuk tetap menjaga keharmoniran pada keragaman umat beragama di Jambi.

Demikian sambutan Hasan Basri Agus yang diwakilkan kepada Wakil Gubernur Jambi, Drs. H. Fachrori Umar, M.Hum saat menghadiri penutupan pentas seni, syukuran, dan Perayaan HUT Kemerdekaan ke-65 Republik Indonesia di Gelanggang Olah Seni (GOS) Kotabaru, Jambi, Sabtu (28/8).

Ibadah sykur tersebut dilaksanakan Persatuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Wilayah Jambi yang “Keutuhan, Kebersamaan, dan Kepedulian”. Gubernur menghimbau agar melalui aktivitas dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan PGI dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, masyarakat termotivasi untuk berpartisipasi dan berperan aktif dalam mengisi kemerdekaan melalui pembangunan di segala bidang.

“Mari kita tanamkan kembali nilai-nilai luhur pejuang bangsa dan nilai-nilai kegotongroyongan dan keswadayaan masyarakat, khususnya dalam pelestarian lingkungan dan pemanfaatan sumber daya alam secara baik dan benar,”katanya.

Disebutkan, Indonesia memiliki kemajemukan, baik dalam suku, agama, daerah, kebudayaan, bahasa, dan lain-lain, oleh karena itu toleransi beragama harus dijunjung tinggi, sebagai pengakuan adanya kebebasan setiap warga negara untuk memeluk suatu agama yang menjadi keyakinannya dan kebebasan untuk menjalankan ibadahnya.

Namun, kebebasan yang dimaksud harus diartikan sebagai kebebasan yang bertanggung jawab. Dan, toleransi beragama dalam negara kita yang berdasarkan Pancasila menuntut kejujuran, kebebasan jiwa, kebijaksanaan, dan tanggung jawab.

“Dengan demikian, fugsi agama dalam pembinaan bangsa adalah menjadikan bangsa Indonesia taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta memiliki kemampuan mental spiritual dan fisik untuk memanfaatkan kekayaan alam, karunia Tuhan YME bagi kesejahteraan bersama,”katanya.

Ketua Umum PGI Wilayah Jambi, Pdt David F Sibuea MTh, dalam sambutannya mengatakan bahwa 26 denominasi gereja yang ada di Jambi mengucapkan terima kasih kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi yang telah menerima PGI dengan baik dalam audiensi dengan gubernur Jambi pada 16 Agustus 2010 yang lalu.

Disebutkan, PGI Wilayah Jambi mendukung program Jambi EMAS dari duet gubernur dan wakil gubernur Jambi, seraya berharap agar program tersebut dapat terwujud dengan baik.

Pdt David F Sibuea menyampaikan ada 3 (tiga) harapan yang ingin dicapai melalui kegiatan ini, yakni, satu, meningkatkan diskusi dan dialog para pimpinan gereja, juga pimpinan gereja dengan umat untuk membahas hal-hal yang perlu bagi gereja dan untuk pembangunan bangsa dan daerah.

Kedua bahwa kegiatan gereja tidak hanya ritual, tetapi ada peran sosial untuk membangun Jambi, ketiga gereja merupakan bagian integral negara untuk memikirkan kemajuan masyarakat. Sejalan dengan ketiga harapan tersebut, Ketua PGI Wilayah Jambi ini mengemukakan bahwa persahabatan lintas agama sangat dibutuhkan.

Salah satu peran gereja di Jambi yang sejalan dengan program pemerintahan menurut Ketua PGI Wilayah Jambi adalah pembinaan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) oleh gereja, peran dalam bidang pendidikan.

Selanjutnya, Ketua PGI Wilayah Jambi menyampaikan permohonan kepada Departemen Agama, gubernur/wakil gubernur Jambi yaitu pendidikan guru-guru agama Kristen untuk tingkat SD, SLTP, dan SLTA di Jambi. ruk

Disambut Tortor : Wakil Gubernur Jambi (tengah) didampingi Ketua Umum PGIW Jambi (kiri) dan Ketua Panitia Pdt Siagian STh (kanan)secara khusus disambut dengan Tarian “Tortor Sombah” Simalungun yang dibawakan penari Remaja Putri Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Jambi, Sabtu lalu. Foto batakpos/rosenman manihuruk.

Tidak ada komentar: