Senin, 01 Maret 2010

Provinsi Jambi Waspada Flu Burung

Jambi, BATAKPOS

Provinsi Jambi kini masuk dalam status waspada virus virus H5N1 (Flu Burung). Lima daerah merupakan daerah terjangkit flu burung. Warga diminta untuk menjaga kebersihan lingkungan khususnya yang memelihara ternak unggas.

Kabupaten Kerinci merupakan daerah terparah terjangkit virus Flu Burung dari lima daerah di Provinsi Jambi yang dinyatakan terjangkit virus H5N1 itu. Lima daerah tersebut adalah, Kota Jambi, Kabupaten Muaro Jambi, Batanghari, Tebo dan Kabupaten Kerinci.

Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jambi, Hanif Lubis, di Jambi, Minggu (28/2) mengatakan, Kabupaten Kerinci merupakan daerah terparah, sedikitnya 400 ekor ayam milik warga mati mendadak.

Disebutkan, guna mengantisipasi penyebaran penyakit tersebut, dan tidak menular pada manusia, petugas medis telah dikerahkan ke lapangan untuk melakukan tindakan, baik memusnahkan, mengisolasi daerah yang terjangkit serta melakukan vaksinasi.

Menurut Hanif Lubis, Dinas Peternakan Provinsi Jambi juga akan memperketat arus lalu lintas hewan, karena sejumlah provinsi tetangga juga terjangkit penyakit tersebut.

“Kita mengharapkan peran aktif masyarakat untuk cepat melaporkan kepada petugas peternakan terdekat jika menemukan kasus ayam atau unggas mati mendadak dalam jumlah yang banyak. Warga juga kita minta agar tetap waspada virus flu burung,”katanya. ruk

Tidak ada komentar: