Sabtu, 13 Maret 2010

Jembatan Batanghari II Jadi Obyek Wisata Baru

Pasca Diresmikan

Jambi, BATAKPOS

Setelah diresmikan Wakil Presiden pertengahan Senin (22/2/10), Jembatan Batanghari II yang terletak di wilayah Sijenjang, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi menjadi obyek wisata baru bagi warga Jambi. Setiap hari jembatan itu ramai dikunjungi masyarakat jelang malam. Bahkan para pedagang musiman mulai melirik jembatan tersebut jadi lokasi dagang.

Pengamatan BATAKPOS Senin (1/3/10) menunjukkan, ratusan warga, baik keluarga maupun kawula muda tampak memadati jembatan dengan total panjang 1.351,4 meter, lebar 9 meter itu.

Obyek Wisata : Jembatan Batanghari II Jambi. Foto batakpos/rosenman manihuruk.

Menurut warga, Jembatan Batanghari II sudah lama dinantikan. “Jembatan ini mirip jembatan Suramadu. Pemandangannya bagus ke hamparan Sungai Batanghari. Ini jadi obyek wisata baru. Sore-sore lebih bagus untuk bercengkrama dengan keluarga disini,”ujar Rahman, warga Kebun handil, Jelutung Jambi.

Lain lagi dengan Muryadi, seorang pedagang kelontong keliling yang memilih berdagang di ujung jembatan. Menurutnya, dengan menggunakan mobil box untuk dagang, lokasi Jembatan Batanghari II lebih mantap. “Lagian pedagang masih sepi. Jadi untungnya lumayanlah,”ujaranya.

Jembatan Batanghari II Jambi menghubungkan antara Kota Jambi dengan wilayah Timur Provinsi Jambi (Kabupaten Muarojambi, Tanjung Jabung Timur).

Kepala Dinas PU Provinsi Jambi Ir Nino Guritno didampingi Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi, Ir Bernhard Panjaitan MM saat meninjau jembatan itu, senin (1/3) kepada BATAKPOS mengatakan, Jembatan Batanghari II kini sudah berfungsi mkasimal.

“Jembatan ini jadi obyek wisata baru. Antusias masyarakat untuk berkunjung ke jembatan ini cukup tinggi. Kita harapkan Jembatan Batanghari II jadi ikon Provinsi Jambi masa depan,”katanya.

Disebutkan, masyarakat Provinsi Jambi sudah lama mengidam-idamkan realisasi pembangunan jembatan ini. Jembatan Batanghari II juga akan menjadi ikon Provinsi Jambi.

Disebutkan, selama ini wilayah Timur Jambi kurang maksimal mendongkrak perekonomian rakyat karena sarana infrastruktur jalan dan jembatan masih minim. Dibangunnya jembatan Batanghari II diharapkan mewujudkan impian masyarakat Provinsi Jambi, khususnya wilayah Timur untuk meningkatkan perekonomian.

Menurut Ir Bernhard Panjaitan , keberadan jembatan Batanghari II juga direncanakan menjadi jalan negara jalur Lintas Timur Sumatera. Jembatan Batanghari II akan mengurangi beban transportasi di Jembatan Aurduri yang sudah tua. Akses Jembatan Batanghari II nantinya menjadi jalur utama Lintas Timur Sumatera Provinsi Jambi. ruk

Tidak ada komentar: