Kamis, 11 Februari 2010

Drs Martua Sitanggang Ketua Umum PAPORATA Provinsi Jambi

Drs Martua Sitanggang MM .

Jambi, BATAKPOS-Drs Martua Sitanggang MM dipilih sebagai Ketua Umum Kumpulan marga Sitanggang, Sigalinging, Manihuruk dan Sidauruk yang tergabung dalam satu garis keturunan yakni Punguan Pomparan Raja Sitempang (PAPORATA) Provinsi Jambi. Ketua Umum PAPORATA se Indonesia Ir John Piter Sitanggang melantik Pengurus Paporata Provinsi Jambi sekaligus deklarasikan Paporata Provinsi Jambi di Balroom Hotel Abadi Jambi, Sabtu (6/2/2010) siang.

Pelantikan dan deklarasi tersebut dihadiri sekitar 250 perwakilan marga PAPORATA serta undangan lainnya. Menurut Ir John Piter Sitanggang, dibentuknya PAPORATA Provinsi Jambi untuk mempererat hubungan marga Sitanggang, Sigalingging, Manihuruk dan Sidauruk.

“Selama ini masih banyak yang belum mengetahui kumpulan Raja Sitempang, khususnya generasi muda. Dengan terbentuknya Paporata Provinsi Jambi agar sosialisasi Raja Sitempang lebih meluas khususnya di Provinsi Jambi,”katanya.

Disebutkan, mandat PAPORATA se Indonesia yang diberikan kepada Drs Martua Sitanggang MM harus dijalankan untuk mensosialisasikan Raja Sitempang di komunitas PAPORATA Jambi.

“Jangan lagi mengingat masa lalu. Mari kita bentuk Paporata ini sebagai kumpulan marga yang saling peduli satu dengan yang lain. Paporata merupakan bagian dari kumpulan PARNA. Jadi ini hanya untuk lebih mempererat keturunan Raja Sitempang,”katanya.

Ketua Umum PAPORATA Provinsi Jambi, Drs Martua Sitanggang MM mengatakan, dirinya mengucapkan syukur dan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan padanya. “Ini adalah amanat berharga khususnya dalam adapt Batak. Ini harus dihargai dan dipertanggungjawabkan dengan baik,” ujarnya.

Disebutkan, PAPORATA Provinsi Jambi kedepan akan membentuk kepengurusan Paporata disetiap kabupaten/kota di Provinsi Jambi. Saat ini jumlah anggota Paporata di Kota Jambi kurang lebih 760 kepala keluarga, untuk Provinsi Jambi bias mencapai Rp 20 ribu jiwa.

Ketua Deklarasi Paporata Provinsi Jambi, Drg Polisman Sitanggang M Kes kepada BATAKPOS, Sabtu (6/2) mengatakan, pembentukan Paporata Provinsi Jambi menindaklanjuti mandat Pengurus Paporata se Dunia yang bermarkas di Medan, Sumatera Utara.

Disebutkan, kumpulan Paporata Provinsi Jambi diharapkan menjadi suatu wadah dalam mempererat tali persaudaraan marga Sitanggang, Sigalingging, Manihuruk dan Sidauruk yang selama ini jarang bertemu dalam satu kegiatan.

Deklarasi, Pelantikan PAPORATA Provinsi Jambi berjalan sukses serta dimeriahkan tor-tor dan musik Batak. Suasana tampak bersahaja antara marga Sitanggang, Sigalingging, Manihuruk dan Sidauruk.

Pada kesempata itu Ny Ir John Piter /boru Naibaho juga membawakan dua bulah lagu (Situmorang, Marragam-ragam) dan terkumpul sumbangan kurang lebih Rp 3 juta dari lelang lagu tersebut. Deklarasi, Pelantikan PAPORATA Provinsi Jambi Sabtu (6/2) diawali dengan Kebaktian yang renungannya disampaikan Pdt Boru Sitanggang. ruk

PENGURUS PAPORATA PROVINSI JAMBI

Dewan Penasehat :

1. O Sitanggang SH
2. CR Sitanggang
3. St M Sitanggang
4. S Sitanggang BA
5. B Gaja Sigalingging
6. Ap Judo Manihuruk
7. TS Sidauruk
8. A Parsaulian Sitanggang
9. L Malau SH
10. AKP Purn T Sitompul

PENGURUS HARIAN

Ketua Umum : Drs M Sitanggang MM (Silo)
Ketua : Drg P Sitanggang M Kes (Tinita)
A Sitanggang (Lipan)
H Sitanggang SH (Upar)
Ir D Sitanggang (Silo)
O Sitanggang ( Gusar)
JS Sigalingging BA (Sigalingging)
R Manihuruk (Manihuruk)
P Sidauruk (Sidauruk)

Skretaris Umum : P Sigalingging
Sekretaris 1. A Manihuruk.
2. T Naibaho

BENDAHARA : S Sigiro
Wakil Bendahara : St B Gurning S Pd

BIDANG/SEKSI

1. Seni Budaya : J Sitanggang
2. Bidang Adat : St J Sitanggang
3. Bidang Ekonomi : H Sitanggang SH
4. Bidang Hukum dan Kemasyarakatan : M Sitanggang SH
5. Bidang Kerohanian : St H Manalu
6. Bidang Pendidikan dan Pemberdayaan Perempuan : Drs B Manihuruk MSi
7. Bidang Generasi Muda : T Sitanggang, Jhonatan Saragih Sigaringging
8. Bidang Kesehatan : Dr R Sidauruk SpA






Tidak ada komentar: