Rabu, 09 Desember 2009

DEMO DI JAMBI PERINGATI HARI ANTI KORUPSI SE DUNIA 2009

Kejati Didesak Usut Tuntaskan Kasus Korupsi 9 Pejabat Jambi

Jambi, Batak Pos

Massa Forum Bersama 9 LSM Jambi (Forbes) dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) mendesak Kejaksaan Tingi (Kejati) Jambi guna menuntaskan kasus dugaan korupsi yang dilakukan 9 pejabat dan mantan pejabat di Provinsi Jambi. Hingga kini kasus korupsi tersebut terkesan dipetieskan.

Koordinator Forbes, Rudiyansyah mengatakan, setidakny ada sembilan kasus dugaan korupsi yang belum tersentuh Kejati Jambi. Kasus korupsi itu diantaranya kasus korupsi Kepala Dinas (Kadis) PU Provinsi Jambi Nino Guritno dalam kasus pembangunan irigasi di Kimpraswil Provinsi Jambi, Kadis Kelautan dan Perikanan, Herman Suherman dalam kasus pembuatan 2000 keramba baja.

Kemudian Wakil Bupati Muarojambi, Muctar Muis dalam kasus PLTD Sungaibahar, Bupati Tanjungjabung Timur, Abdullah Hich dalam kasus pembangunan Berbak Pastel senilai Rp 1 miliar, Bupati Tanjungjabung Barat, Syafrial MS dalam kasus PLTG Tanjabar senilai Rp 7 miliar dan Kadis Perkebunan Provinsi Jambi, Ir Tagor Mulia Lubis dalam kasus pengadaan bibit karet klon anjuran senilai Rp 56 miliar APBD 2009.

Sedangkan mantan pejabat yang duduga korupsi yakni mantan Walikota Jambi, Arifien Manap dalam kasus Damkar, Dana Purna Bakti 1999-2004, pembangunan pasar induk senilai Rp 29 miliar dan pembangunan jalan pasar induk dan terminal.

Selanjutnya mantan Bupati Tanjabar, Usman Ermulan dalam kasus pembelian kapal Tungkal Samudra, mantan Bupati Kerinci, Fauzi Siin dalam kasus dana bantuan social (Bansos) senilai Rp 2,5 miliar.

Massa Forbes dan HMI Jambi meminta Kejati Jambi untuk memeriksa para pejabat dan mantan pejabat. Pengunjukrasa menyebutkan kasus dugaan korupsi tersebut sudah dilaporkan LSM Jambi, namun hingga kini terkesan dipetieskan.

Kepala Kejati Jambi, Daniel N Tombe SH yang menemui pengunjukrasa mengatakan, pihaknya telah melakukan penyelidikan sejumlah kasus tersebut. Namun dirinya mengaku belum memanggil kesembilan pejabat dan mantan pejabat tersebut. Pihaknya berjanji akan mengusut kasus dugaan korupsi yang dilaporkan LSM itu. ruk







Kapoltabes Jambi Kombes Pol Bobyanto Adoe saat diwanwancarai langsung oleh RRI Pro 3 Jambi.




Poster wajah-wajah pejabat dan mantan pejabat di Provinsi Jambi yang dituding Forbes terlibat dugaan kasus korupsi.



Kapoltabes Jambi meninjau langsung aksi unjukrasa dilapangan (Simpang BI Jambi).
DEMO DI JAMBI PENRINGATI HARI ANTI KORUPSI SE DUNIA, Rabu 9 Desember 2009. Foto Asenk Lee Saragih.

Tidak ada komentar: