Rabu, 30 September 2009

Jambi Masih Kesulitan Dana Tuntaskan Buta Aksara

Jambi, Batak Pos

Pemerintah Provinsi Jambi masih kesulitan dana guna menuntaskan penyandang buta aksara di Provinsi Jambi. Kini di Provinsi Jambi masih terdapat 8586 orang usia 15 tahun hingga 44 tahun penyandang buta aksara.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Rahmad Derita Harahap, Senin (7/9) mengatakan, pihaknya masih kesulitan menuntaskan penyandang buta aksara di Provinsi Jambi. Hal itu karena alokasi dana masih minim dari pusat, provinsi hingga kabupaten/kota.

Jumlah penyandang buta aksara itu terdiri dari laki-laki 3004 orang dan 5582 perempuan. Penyandang buta aksara itu pada umumnya berada di pedesaan. Dinas Pendidikan Provinsi Jambi melalui Pendidikan Non Formal dan In Formal.

Disebutkan, pada tahun 2008 Dinas Pendidikan Provinsi Jambi hanya mampu mendidik 4320 orang penyandang buta aksara dengan alokasi dana dari APBD Provinsi Jambi dan APBD Perubahan Provinsi Jambi.

Melalui peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) ke 44 Selasa 8 September 2009, Pemerintah Pusat diharapkan serius dalam memberantas buta aksara di Indonesia. ruk

Tidak ada komentar: