Selasa, 28 Juli 2009

Ribuan Murid SD di Tanjabtim Dapat Beasiswa

Jambi, Batak Pos
Sebanyak 1.307 murid Sekolah Dasar (SD) dari keluarga kurang mampu di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi mendapat beasiswa dari Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). Beasiswa sebesar Rp 360.000 per siswa selama setahun itu disalurkan melalui kantor pos terdekat. Para orang tua siswa juga programitu berlanjut secara rutin setiap tahunnya.

Beasiswa itu merupakan program Pemerintah Pusat guna membantu masyarakat miskin. Penerima beasiswa sesuai data murid miskin yang dilaporkan Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kabupaten Tanjabtim ke Depdiknas RI. Diknas Tanjab Timur memprioritaskan siswa yatim-piatu, dan yang jarak rumah jauh dari sekolah.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Tanjab Timur, Suparno, Senin (27/7). Menurut dia, pendataan murid SD penerima beasiswa itu juga berdasar laporan kepala sekolah dan komite sekolah yang lebih memahami kondisi siswa. "Laporan itu ditinjau kembali serta dilakukan rekapitulasi dan kemudian baru disampaikan ke Depdiknas RI,"katanya.

Disebutkan, dalam penentuan siswa miskin yatim-piatu, tidak semua diberi beasiswa. Hal itu karena ada juga murid yatim-piatu yang tinggal dengan keluarga berkecukupan. Jadi murid yang dapat beasiswa benar-benar sangat membutuh.Program bantuan beasiswa dari Pusat itu diharapkan juga terus berkesinambungan. ruk

Tidak ada komentar: