Rabu, 03 Juni 2009

Didemo LSM, Gubernur Jambi Terbirit-birit


Jambi, Batak Pos

Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin lari terbirit-birit meninggalkan Gedung DPRD Provinsi Jambi karena didemo puluhan LSM PANJI-BARI, Selasa (2/6). Kehadiran Zulkifli Nurdin di DPRD Provinsi Jambi untuk menerima laporan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Jambi tentang penggunaan APBD Provinsi Jambi 2008.

Pengamatan Batak Pos di DPRD Provinsi Jambi, Selasa (2/6) menunjukkan, puluhan LSM itu melakukan unjuk rasa tentang dugaan korupsi Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jambi, saat sidang Paripurna DPRD Provinsi Jambi berlangsung.

Saat itu Kepala BPK RI Perwakilan Jambi, Erwin,SH.M.Hum beserta timnya menyerahkan hasil audit APBD Provinsi Jambi 2008 kepada Pimpinan DPRD Provinsi Jambi.

Saat unjukrasa berlangsung, Kepala DKP Provinsi Jambi, Herman Suherman melintas diantara pengunjukrasa. Saat itu Herman melontarkan ucapan “Tai Kucing Kalian Semua” kepada pengunjuk sembari menuju mobilnya.

Pengunjukrasa pun tambah emosi dan mendesak ingin bertemu dengan Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin untuk menyerahkan bukti-bukti dugaan korupsi proyek budidaya patin Jambi di DKP Provinsi Jambi.

Awalnya pengunjukrasa ditemui Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi H Soewarno Soerinta dan Kepala Inpektorat Jambi Fauzi Syam. Namun LSM tak merasa puas. LSM terus mendasak untuk bertemu Zulkifli Nurdin.

Kemudian Ketua DPRD Provinsi Jambi H Zoerman Manap mengajak LSM untuk kompromi di ruang rapat pimpinan dewan. Namun LSM menolak karena ajakan itu hanya alibi untuk memuluskan Zulkifli Nurdin keluar dari gedung DPRD Provinsi Jambi.

Disaat LSM konsentrasi berdebat dengan Zoerman Manap, Zulkifli Nurdin bergegas lari dari ruang VIP DPRD Provinsi Jambi bersama Kepala Kejati Jambi, Daniel Tombe. LSM kemudian turun dari gedung dewan dan menuju mobil gubernur yang sudah dibawa sopirnya ke belakang gedung dewan.

LSM terkecoh dan Zulkifli Nurdin lari menuju mobil Kepala Kejati Jambi dan meninggalkan gedung dewan. Tak puas dengan hal itu, LSM menghentikan mobil Kepala BPK RI Perwakilan Jambi, Erwin,SH.M.Hum dan meminta penjelasan soal audit di DKP Provinsi Jambi.

Erwin memberikan penjelasan kepada LSm dan wartawan. Pihaknya berjanji akan menindak lanjuti temuan LSM soal dugaan korupsi di DKP Provinsi Jambi. Usai memberikan penjelasan rombongan BPK RI Perwakilan Jambi diijinkan LSM meninggalkan gedung dewan.

Sejumlah LSM, angota dewan terse wartawan menyesalkan tindakan Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin yang terkesan menghindar dari masalah. “Seharusnya Gubernur berjiwa besar menerima LSM dan memberikan penjelasan soal temuan ini,”ujar Koordinator LSm PANJI, Kemas Muchsin. ruk

Tidak ada komentar: