Minggu, 12 April 2009

Wartawan Diminta Turut Pantau Proses Pemilu di Jambi

Polda Turunkan 20.460 Personil

Jambi, Batak Pos

Wartawan di Jambi diminta untuk turut serta memantau dan mengawasi proses Pemilu Legislatif Kamsi 9 April 2009 di Provinsi Jambi. Wartawan merupakan salah satu lembaga yang independent dalam mengawasi proses demokrasi di Indonesia.

Demikian dikatakan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi, M. Yasir Arafat, SE di ruang kerjanya kepada wartawan, Senin (6/4). Menurutnya, sukses tidaknya penyelenggaraan pemilu legislatif 9 April mendatang tidak terlepas dari peran wartawan, yang selama ini gencar mempublikasikan setiap tahapan–tahapan Pemilu yang telah ditetapkan KPU.

Disebutkan, mulai dari penjaringan calon legislatif (caleg), penetapan caleg tetap, verifikasi daftar pemilih hingga pemutakhiran data pemilih tetap, sosialisasi cara pencontrengan, pendistribusian logistik, kampanye dan hari pemilihan hingga hasil tersebut di tetapkan, para wartawan sangat berperan aktif.

Semua proses Pemilu 2009 tidak terlepas dari peran wartawan yang selama ini secara aktif terlibat langsung. KPUD Provinsi Jambi berharap wartawan terus memantau tiap tahapan pemilu secara arif agar penyelenggaraan pemilu kali ini terlepas dari kecurangan.

“Selain penyelenggara, partai dan masyarakat, keberadaan wartawan selama ini cukup membantu. KPUD berharap teman –teman wartawan terus memantau dan mengawasi jalanya pemilu di Jambi,”katanya.

7.200 TPS Rawan

Sementara itu, Kepolisian Daerah (Polda) Jambi mendeteksi ada 7.200 kerawanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam pelaksanaan Pemilu Kamis 9 April 2009 mendatang. Kerawanan kategori 1 ada di 327 TPS.

Kapolda Jambi, Brigjen Pol, Budi Gunawan, kepada wartawan di Polda Jambi, Senin (6/4) menyebutkan, TPS yang terindikasi rawan itu terdapat di semua TPS. Namun kerawanannya dapat dibagikan dalam beberapa bagian, rawan I dan rawan II.

“Untuk rawan I, jumlahnya mencapai 327 TPS, sedangkan untuk rawan II dan III, diperkirakan mencapai 7.200 TPS. Untuk antisipasi kerawanan itu, kita telah mempersiapkan pola pengamanan yang sesuai dengan petunjuk dari Mabes Polri, dengan memberikan bekal latihan, buku petunjuk dan perlengakapan logistic,”katanya.

Disebutkan, jumlah kekuatan yang akan diturunkan pada pemilu kali ini berjumlah 20.460 personil. Sedangkan untuk masing-masing TPS, polri akan menurunkan dua personil dan dibantu dua anggota lintas masyarakat (Linmas).

“Sementara untuk pengamanan zona, dimasing-masing sektor diletakan satu unit kekuatan yang diketuai satu orang perwira. Selain itu, kita juga akan melakukan pemantauan melalui patroli udara dengan menggunakan dua helicopter. Jajaran Polda Jambi sudah siap dengan pengamanan Pemilu Legislatif Kamis 9 April 2009 mendatang,”katanya. ruk

Tidak ada komentar: