Minggu, 12 April 2009

Surat Model C4 Pemilu Legislatif Banyak Tidak Akurat

Jambi, Batak Pos

Surat pemberitahuan waktu dan tempat pemungutan suara atau Model C4 dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jambi banyak tidak akurat. Surat model C4 yang dikirim melalui Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) diterima mata pilih Selasa (7/4). Surat model C4 tersebut terdapat nama yang orangnya sudah lama pindah.

Seperti surat model C4 yang diterima Lisbet br Sinaga, warga Rt 15, Kelurahan Kebun handil, Kecamatan Jelutung Kota Jambi. Dari enam surat model C4 yang diterima, tiga nama yang tercatat (Risma Damanik, Lidya A Sinaga dan Ronda Florensi Sinaga) tidak lagi berdomisili di alamat tersebut.

Menurut Lisbet, Risma Damanik sudah sejak tahun 2005 pindah ikut suami di Provinsi Bangka Belitung. Risma Damanik sebelumnya tinggal di Rt 15 Bedeng VI satu alamat dengan Lisbet Sinaga.

Kemudian Lidya A Sinaga dan Florensi Sinaga masih satu Kartu Keluarga (KK) dengan Lisbet Sinaga. Namun Lidya sudah pindah dari Jambi setahun lalu dan Florensi pindah Februari 2009 lalu. Namun dalam daftar KK Lisbet Sinaga, tinggal empat mata pilih.

“Pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Jambi Agustus 2008 lalu, Risma Damanik dan Lidya Sinaga masih mendapatkan surat panggilan dan kartu pemilihan. Padahal keduanya sudah lama pindah dari Jambi. Pada Pemilu 2009 ini ada lagi. Berarti petugas pencatat asal catat saja ini,”katanya.

Sementara itu, seorang warga, tetangga Lisbet Sinaga, tidak mendapatkan surat model C4. Padahal saat Pilkada Kota Jambi mendapatkan kartu pemilih. Namun Pemilu Legislatif 2009 tidak mendapatkan surat model C4 tersebut.

Kampanye SMS

Jelang pencontrengan surat suara Pemilu Legislatif, Kamis 9 April 2009, kampanye lewat pesan singkat (SMS) marak. Pesan SMS tersebut dilakukan oleh tim sukses caleg tertentu.

Seperti yang dilakukan Johannes Tambunan, salah satu tim sukses Sofyan Pangaribuan (Caleg DPR RI-PDIP). Johannes menebar SMS permintaan untuk memilih Sofyan Pangaribuan saat pemungutan suara.

Sejumlah caleg lain juga melakukan yang sama. Kemudian ada juga PNS disalah satu sekolah SMA di Kota Jambi yang terlibat menjadi tim sukses caleg salah satu partai Zulkifli Somad di wilayah Jambi Selatan. ruk

Tidak ada komentar: