Kamis, 20 November 2008

Awal 2009 Pelindo II Bangun Pelabuhan Eksport di Jambi

Jambi, Batak Pos

PT Pelindo II berencana membangun pelabuhan eksport di Kabupaten Tanjung Jabung Timur awal tahun 2009. Penandatanganan kerjasama telah dilakukan antara PT Pelido Jakarta dengan Pemerintah Provinsi Jambi. Pemerintah Provinsi Jambi menyediakan sarana jalan, listrik dan air minum guna menunjang program pembangunan pelabuhan eksport tersebut.

Sementara PT Pelindo akan membangun fasilitas pendukung pelabuhan seperti pelabuhan dermaga, gudang barang, lapangan penimbunan, kantor serta shurcher atau alat bongkar muat barang. Direncanakan proyek tersebut akan selesai akhir tahun 2010 sekaligus dengan peresmian jembatan Muarosabak.

Demikian dikatakan Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi H Soewarno Soerinta kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (19/11). Dirinya ikut langsung dalam penandatanganan kerjasama terebut. Provinsi Jambi atas nama Gubernur Jambi Zulkifli Nurdin dan PT Pelindo atas nama Direktur Pelindo Soepadi SW.

Disebutkan, pemerintah juga perlu melakukan penegerukan di Buoy II dan III ambahng luar Muarosabak, Tanjabtim. Sehingga kapal kapal dengan kedalaman diatas 5 meter dengan bobot mati kapal 5000 DWT dengan angkutan 6000 ton hingga 10 ribu ton bisa masuk dermaga.

Menurut Soewarno, pelabuhan tersebut bukan pelabuhan samudera seperti yang dibangun sebelumnya. Karena pelabuhan itu berada di Sungai Batanghari. Sementara pelabuhan samudra harus di laut.

“Pembangunan pelabuhan eksport ini akan mendukung pembangunan atau hasil komuditi yang ada di Provinsi Jambi. Seperti eksport tanaman pangan, sayuran, minyak mentah kelapa sawit, batubara dan hasil bumi lainnya,”katanya. ruk

Tidak ada komentar: